Yakin Cuma Cewek Aja yang Boros? Ini Cara Jitu Buat Pasangan untuk Atur Keuangan

pasangan boros

Banyak pria yang beranggapan bahwa perempuan cenderung punya sifat boros soal keuangan. Perempuan sering dianggap sangat konsumtif, terutama untuk beli outfit, skincare, perawatan ke salon hingga beli barang–barang branded

Faktanya pria pun juga banyak yang boros dengan membeli game, modifikasi mobil atau motor, koleksi sneakers, gonta-ganti jam tangan atau laptop, hingga action figure atau mainan lainnya.

Pada umumnya, sifat konsumtif masyarakat Indonesia memang sangat tinggi. Apalagi sekarang ini belanja jadi lebih mudah dengan fitur belanja online. Belanja jadi lebih menggoda hingga rela melakukan apa saja demi mendapatkan barang keluaran terbaru yang diinginkan walaupun membayarnya sampai harus dengan cicilan atau kredit.

Nah, apakah kamu dan pasangan juga termasuk orang yang boros dan punya sifat konsumtif yang tinggi? 

Menurut financial planner Aulia Akbar dari Smart Money, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar keuangan kalian tetap sehat.

1.  Menyusun Pengeluaran Setiap Bulan

Banyak yang menganggap sepele soal menyusun anggaran pengeluaran setiap bulannya. Padahal, dengan punya anggaran pengeluaran, kamu dan pasangan bisa mengetahui lebih mudah kemana saja uang yang kamu habiskan dan seberapa banyak sisanya.

Aulia menyarankan sebuah metode yang bernama zero budgeting. Dengan metode ini, setelah mencatat semua pengeluaran – mulai dari kebutuhan pokok hingga gaya hidup – sisanya langsung dimasukkan ke dalam pos dana darurat atau investasi. 

Tentu saja untuk menyusun anggaran ini harus rutin dilakukan setiap bulan dengan menuliskan secara rinci semua pengeluaran. Tidak adanya penyusunan anggaran bisa berakibat keuangan yang gak sehat, seperti pengeluaran yang gak terkendali hingga akhirnya sulit untuk menabung, gak punya dana darurat dan gak ada persiapan investasi untuk masa depan.

pasangan boros
Foto: xframe.io

2.  Joint Income

Trik ini cocok banget untuk pasangan yang sudah menikah. Sederhananya, pendapatan suami dan istri disatukan lalu dipergunakan sesuai dengan budgeting yang sudah ditulis di awal bulan.

Jika pasangan sama-sama suka belanja, anggarkan juga berapa nominal yang bisa digunakan oleh masing-masing selama satu bulan ini. Misalnya untuk beli kosmetik, biaya ngopi di kafe, beli aksesoris mobil dan lain-lain. 

3.  Biasakan Bayar Tunai

Hindari hutang atau kredit, apalagi jika hanya untuk belanja barang yang kurang penting. Hutan atau kredit boleh saja untuk keperluan yang lebih mendasar seperti untuk beli rumah. Untuk kredit mobil pun, sebaiknya pertimbangkan dulu baik-baik dan kalau masih bisa pakai angkutan publik, sebaiknya gunakan angkutan publik. Perlu Sahabat Goodlife ketahui bahwa hutang akan mengakibatkan beban bunga yang sangat besar.

Aulia juga mengingatkan jika harus kredit rumah, pastikan cicilannya tidak lebih dari 30% dari pendapatan atau gaji.

4.  Menabung di Asuransi Jiwa 

Yang namanya orang konsumtif, pasti sangat susah untuk menabung. Aulia menyarankan untuk ikut asuransi jiwa yang punya manfaat pertanggungan sampai Rp 1 miliar, agar kita punya kewajiban menyisihkan pendapatan untuk bayar premi. Asuransi juga bermanfaat untuk meringankan biaya perawatan kalau sewaktu-waktu kita sakit.

Nah, itulah 4 cara supaya kamu dan pasangan bisa mengatur keuangan yang lebih sehat dan gak boros lagi. 

Visited 32 times, 1 visit(s) today