Gabungkan Edukasi dan Wellness, ini Serunya Liburan di Rumah Atsiri

rumah atsiri

Pandemi mengubah perilaku berwisata, salah satunya adalah dengan semakin diminatinya wisata wellness atau wisata yang berbasis kesehatan dan kebugaran. Tak cuma bersenang-senang saat liburan, wisata wellness juga dianggap lebih aman dan sehat karena menaruh perhatian khusus pada kesehatan dan aktivitas luar ruang.

Rumah Atsiri di Desa Plumbon, Tawangmangu, Jawa Tengah, misalnya adalah salah satu destinasi wisata yang mengusung konsep wellness yang kini semakin diminati banyak wisatawan. Selain lokasinya yang berada di tempat yang berhawa sejuk, berlibur di Rumah Atsiri juga bisa belajar banyak hal, mulai dari soal tanaman bagi yang suka berkebun, hingga mengunjungi museum bagi yang senang sejarah.

Sponsored Links

Berawal dari Ir. Soekarno

Pendirian Rumah Atsiri punya cerita yang berkaitan dengan sejarah Indonesia. Lokasinya sendiri menempati bekas pabrik minyak atsiri yang merupakan hasil kerjasama Indonesia dengan Bulgaria pada 1963. 

“Ide awal pendirian Rumah Atsiri adalah untuk meneruskan apa yang menjadi semangat Ir. Soekarno saat itu, yaitu ingin bisa menjadi pemain unggul dalam industri minyak atsiri sekaligus memperkenalkan minyak atsiri kepada publik,” jelas Novita Tyandini Husin dari PT. Rumah Atsiri Indonesia saat berbincang dengan Goodlife.

Founder Rumah Atsiri Indonesia adalah keluarga Paulus Mintaraga. Saat ini yang mengelola adalah Natasha Clairine, puterinya,” tambah Novita.

Mulanya karena tertarik dengan fasad bangunan pabrik yang unik, Paulus Mintaraga, founder dari  Rumah Atsiri berniat menggali lebih dalam soal sejarah industri minyak atsiri sebelum akhirnya pada 2015 resmi mengambil alih bekas pabrik ini untuk kemudian didirikan menjadi kompleks rekreasi Rumah Atsiri seperti sekarang. 

Saat ini pabrik atsirinya sendiri sudah berusia lebih dari setengah abad namun proses renovasinya tidak sembarangan, karena menggunakan metode juxtaposition, yaitu metode membangun yang mempertahankan bentuk bangunan asli dan memberikan tambahan sentuhan modern tanpa harus merusak bangunan aslinya.

Ada beberapa fasilitas yang tersedia di Rumah Atsiri selain untuk berwisata, yaitu seperti fasilitas MICE, penelitian dan pengembangan, rumah produksi dan pasar minyak atsiri.

Sehat dengan Minyak Atsiri

Minyak atsiri banyak digunakan sebagai bahan dasar wewangian atau minyak gosok. Dikenal juga dengan sebutan essential oil, minyak atsiri tak hanya punya aroma yang menyenangkan, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan. Minyak atsiri juga merupakan komponen penting dalam kegiatan kebugaran, seperti yoga atau relaksasi menggunakan aroma terapi.

Tanaman penghasil minyak atsiri punya karakteristik unik yang kemudian membentuk fungsinya masing-masing. Keragaman karakter ini dibentuk oleh banyak faktor, seperti iklim, kondisi tanah dan ketinggian. 

Di Rumah Atsiri, bahan baku yang digunakan untuk mengolah minyaknya menggunakan bahan lokal. “Pengolahannya juga tanpa menggunakan bahan kimia tambahan,” terang Novita.

Beberapa produk yang menjadi favorit pelanggan dan paling laku adalah minyak atsiri dengan kegunaan antiviral yang dijual dalam bentuk bundle, dengan isi seperti lemon, eucalyptus globulus, dan lemon eucalyptus.  

rumah atsiri
minyak atsiri (Foto: IG @rumahatsiri)

Liburan Menyenangkan di Rumah Atsiri

Rumah Atsiri punya banyak atraksi wisata dan edukasi yang menarik, seperti:

Taman Koleksi

Taman ini punya lebih dari 80 jenis tanaman penghasil minyak atsiri yang berasal dari Indonesia dan luar negeri yang masing-masing punya ciri khas aroma tersendiri. 

Greenhouse

Lokasinya ada di area Taman Koleksi dan merupakan bangunan multifungsi yang selain digunakan sebagai kebun dalam ruang juga bisa dijadikan restoran untuk acara khusus di malam hari.

Marigold Plaza

Tempat ini merupakan meeting point dari kompleks Rumah Atsiri dan dipenuhi oleh tanaman marigold yang bermekaran sekali dalam sebulan. Marigold sendiri adalah tanaman hias dengan bunga cantik berwarna oranye yang juga sering dianggap sebagai bunga pembawa keberuntungan.

Museum Rumah Atsiri

Pengunjung juga bisa belajar mengenai sejarah produksi minyak atsiri di Indonesia melalui museum. Di sini tersedia berbagai informasi tentang sejarah industri minyak atsiri di Indonesia, peralatan yang digunakan di masa awal produksi hingga beberapa dokumen penting terkait produksi minyak atsiri.

rummah atsiri
Museum Rumah Atsiri (Foto: IG @rumahatsiri)

Rumah Atsiri Lab

Laboratorium ini adalah tempat menyenangkan bagi yang berkunjung bersama anak-anak. Karena di sini pengunjung bisa belajar bagaimana mengolah dan membuat sendiri essential oil sesuai dengan keinginan dengan panduan para ahli. Laboratorium ini juga punya program khusus untuk anak sekolah dan untuk kunjungan wisatawan.

Rumah Atsiri Restaurant

Ditemani dengan pemandangan menakjubkan bunga-bunga marigold, restoran ini menyediakan menu-menu khas Indonesia dan makanan internasional yang dimasak dan diolah dari bahan-bahan segar yang dipetik langsung dari kebun Rumah Atsiri.

Di masa pandemi seperti sekarang, Rumah Atsiri juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Desinfeksi dilakukan secara rutin di semua area terutama yang sering dilalui pengunjung. Bahkan tersedia juga alat tes GeNose bagi pengunjung (opsional) sebelum masuk ke dalam area Rumah Atsiri.

Hal lain yang diterapkan dalam protokol kesehatan adalah pengecekan suhu tubuh, cuci tangan sebelum masuk kawasan, penerapan minimal jarak antar orang, dan pendataan pengunjung dengan nama, 6 digit pertama pada NIK, nomor telepon, dan jumlah rombongan.

Bagi Sahabat Goodlife yang ingin ikut walk-in class, biayanya sudah termasuk dengan face shield yang wajib digunakan selama berada di dalam kelas. Rumah Atsiri juga mengadakan kelas-kelas online dan tur virtual untuk anak sekolah dan mahasiswa selama masa pandemi.

Layaknya industri pariwisata lainnya, selama pandemi Rumah Atsiri juga sempat tidak beroperasi selama 2 bulan. Tapi menariknya, di sisi lain justru penjualan produk higienitas seperti hand sanitizer, antiseptic toilet seat spray, dan minyak atsiri dengan kegunaan antiviral yang bisa membersihkan udara, mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Untuk informasi lebih lengkap, bila ingin mengunjungi Rumah Atsiri atau belajar lebih banyak soal minyak atsiri, Sahabat Goodlife bisa mengakses website https://rumahatsiri.com atau follow Instagram @rumahatsiri.

Visited 3 times, 1 visit(s) today