Hindari Lecet dan Cedera, Ini Tips Pilih Sneakers yang Nyaman di Kaki

tips sneakers

Memilih sneakers bukan hanya soal mengikuti tren tetapi juga harus memperhatikan hal-hal penting lainnya. Alih-alih ingin tampil gaya, salah pilih sneakers justru bisa menyebabkan kaki lecet hingga cedera.

Sudah gak diragukan lagi kalau sneakers adalah sepatu yang dianggap paling nyaman dipakai. Bahannya yang ringan dan sol sepatunya yang lentur membuat sneakers jadi pilihan banyak orang untuk dipakai sehari-hari. Namun rasa nyaman mengenakan sneakers bisa terganggu jika salah memilih sepatu atau modelnya yang kurang tepat.

Nah, sebelum membeli sneakers, ada baiknya untuk menyimak tips berikut ini.

Beda model, beda fungsi

Jauh sebelum booming, sneakers adalah sepatu yang khusus dipakai untuk berolahraga. Namun makna dan fungsinya kini sudah berbeda. Kini, sneakers adalah sepatu everyday wear dengan model dan fungsinya yang semakin beragam. mulai dari running shoes, slip on, sepatu basket, tenis, bola, statement sneakers hingga high cut.

Jadi, tentukan sneakers yang akan kamu beli untuk aktivitas seperti apa. Jika untuk dipakai sehari-hari, pilihan yang aman adalah slip on atau running shoes karena bisa memberikan kenyamanan lebih untuk durasi pemakaian yang cukup lama.

Foto: Pexels

Toko online atau toko offline

Membeli sepatu, idealnya memang mendatangi langsung toko fisiknya karena kamu bisa langsung mencoba ukuran dan model yang tepat di sana. Namun selama pandemi ini, transaksi online lebih disarankan. Untuk kamu yang ingin membeli sepatu lewat secara online, perhatikan hal berikut ini:

  • Pilih toko online terpercaya dengan cara melihat testimoni dari para pembelinya.  
  • Pastikan toko online tersebut menyediakan garansi untuk menukar barang jika sneakers yang datang tidak sesuai ukuran, model, atau berbeda dengan gambar yang dipajang.
  • Chat dengan penjual untuk menanyakan metode pengukuran kaki. Biasanya penjual memberikan cara mengukur kaki secara mandiri yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Lalu, jika kamu memilih membeli langsung ke toko offline, berikut ini yang harus diperhatikan:

  • Waktu terbaik mencoba ukuran sneakers adalah di sore hari karena kaki sudah diajak seharian berkegiatan sehingga akan lebih membesar dibanding saat bangun tidur di pagi hari.
  • Biasanya orang menggunakan kaos kaki saat memakai sneakers. Oleh karena itu, gunakan kaos kaki juga saat mencoba sneakers untuk mendapat ukuran sepatu yang pas dan nyaman dipakai.
  • Sebaiknya coba lebih dari satu pasang sepatu untuk model dan ukuran yang berbeda agar bisa memutuskan mana yang paling nyaman dipakai.
tips sneakers
Foto: Pexels

Pastikan ukurannya tepat

Nomor sepatu yang pas sangat menentukan kenyamanan sneakers saat digunakan. Apalagi untuk aktivitas sehari-hari. Tapi, perhatikan juga hal lain yang bisa mempengaruhi ukuran sepatu, seperti ukuran kaki orang dewasa yang bisa berubah. Faktor seperti penambahan atau pengurangan berat badan, kehamilan, atau cedera bisa membuat ukuran kaki seseorang berubah.

Selain itu, ukuran sepatu setiap merk juga mungkin berbeda-beda. Jadi yang paling tepat adalah langsung mencobanya dan mencari ukuran yang paling pas dan nyaman di kaki.

Sesuaikan budget

Saat ini sneakers sangat banyak model dan jenisnya. Kamu bisa pilih dari brand besar yang sudah terkenal atau brand lokal yang modelnya tak kalah bagus. Semuanya tentu saja harus disesuaikan dengan budget.

Jadi, gak usah memaksa untuk membeli sneakers dengan harga yang fantastis hanya demi gengsi. Karena yang penting dalam menggunakan sneakers adalah rasa nyaman saat kamu memakainya.

Visited 14 times, 2 visit(s) today