Ingin Rayakan HUT RI di Gunung? Ini Tipsnya

wisata

Banyak cara dilakukan untuk merayakan hari kemerdekaan indonesia, salah satunya dengan mendaki gunung hingga ke puncaknya dan mengibarkan bendera merah putih di sana.

Merayakan hari kemerdekaan RI di puncak gunung sudah sejak lama dilakukan, terutama oleh kalangan pendaki gunung dan anak-anak muda.

Pengalaman ikut upacara pengibaran bendera di gunung pasti memberikan pengalaman berbeda. Selain memupuk jiwa nasionalisme, merayakan hari kemerdekaan di puncak gunung juga diyakini menumbuhkan rasa bersyukur karena hidup di negara dengan alam yang indah.

Untuk bisa merasakan pengalaman berkesan mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung, kamu tentu lebih dulu harus melewati perjalanan yang tak mudah. mulai dari fisik yang kuat menghadapi medan terjal, hingga melawan suhu udara yang bisa jadi sangat dingin.

Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang matang sebelum ikut merayakan hari kemerdekaan di gunung.

wisata
Merayakan kemerdekaan di puncak gunung banyak diminati anak muda (Foto: Pexels)
Sponsored Links

Tips Naik Gunung Bagi Pemula

Meski ini sudah menjadi semacam tradisi di kalangan pendaki gunung, kamu pun sebagai pemula bisa tetap mengikuti perayaan hari kemerdekaan di gunung.

Berikut tips untuk merayakan kemerdekaan di gunung, terutama bagi pemula:

1.       Kesiapan fisik

Diperlukan fisik yang kuat untuk mendaki gunung, terutama otot kaki. Oleh karena itu, sebelum mendaki, kamu bisa melatih otot kaki dengan melakukan lari pagi atau sore secara rutin. Kesiapan fisik ini, minimal sudah dilakukan 1 hingga 2 minggu sebelum mendaki.

2.       Kuatkan mental

Meski sudah membaca berbagai testimoni maupun review pendakian, kamu tetap harus menguatkan mental, terutama ketika sudah berada di jalur pendakian. Kuatkan mental untuk melihat jalur yang curam, terjal, bahkan ekstrem dengan jurang di kanan kirinya.

Ketika mental sudah kuat, saat mendaki, diharapkan tidak mudah mengeluh sehingga bisa menjatuhkan mental sendiri dan juga rekan satu tim. Namun, jangan sungkan juga jika sudah merasa lelah dan minta istirahat sejenak di jalan.

3.       Pahami jalur pendakian dan tidak memisahkan diri

Misalnya soal medan pendakian, berapa waktu tempuh, dan rute perjalanan yang akan dilalui. Dengan memahami jalur pendakian, kamu bisa meminimalisasi risiko tersesat atau kecelakaan.

Dan yang penting diingat adalah, jangan sekali-kali memisahkan diri dengan rombongan. Pastikan untuk memberitahu salah satu anggota kelompok dan memintanya menunggu ketika kamu harus berhenti untuk minum, istirahat, atau buang air kecil.

Mengikuti jalur pendakian (Foto: Pixabay)

4.       Pastikan perlengkapan yang harus dibawa

Mulai dari perlengkapan pribadi yang mendasar seperti pakaian ganti, jaket, alas kaki, kantong tidur (sleeping bag), perlengkapan medis, senter, kantong plastik sampah, hingga perbekalan makanan.

Sementara itu, untuk perlengkapan tim seperti kompor dan tenda, kamu bisa berkoordinasi dengan anggota lainnya untuk berbagi tugas siapa yang menyediakan.

5.       Jangan tinggalkan sampah

Setiap berhenti dan membuka tenda, pastikan untuk tidak meninggalkan sampah. Kamu bisa menyimpan sampah pada plastik sampah untuk dibuang saat turun gunung Kembali.

6.       Ikuti instruksi dan larangan petugas

Sebelum mendaki, biasanya kamu diharuskan melapor ke pos penjagaan petugas atau posko taman nasional. Setelah menyerahkan data diri dan informasi kelompok, biasanya petugas akan memberi instruksi dan larangan selama di jalur pendakian.

Beberapa larangan misalnya tidak meninggalkan sampah, mengganggu satwa liar, merusak tanaman endemik, termasuk instruksi soal lokasi mana yang diizinkan untuk mendirikan tenda.

Pastikan barang yang dibawa sudah lengkap (Foto: Pixabay)

Daftar Gunung yang Bisa Didaki Untuk Merayakan Kemerdekaan RI

1.       Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Bisa dibilang, gunung Rinjani masuk ke dalam top list untuk merayakan Kemerdekaan RI di gunung. Mengibarkan bendera dengan latar awan dan pemandangan indah dari ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl), pasti menjadi impian semua pendaki.

2.       Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru memiliki puncak yang disebut Mahameru. Puncak Mahameru merupakan puncak tertinggi di Pulau Jawa. Setiap tanggal 17 Agustus, banyak pendaki mengikuti upacara pengibaran bendera di sini. Di ketinggian 3.676 mdpl, kamu bisa melihat pemandangan menakjubkan di sekitarnya.

3.       Gunung Kerinci, Perbatasan Jambi dan Sumatera Barat

Gunung Kerinci (3.805 mdpl) merupakan gunung berapi yang masih aktif dan tertinggi di Pulau Sumatera. Saat 17 Agustus, bukan hanya pendaki, tapi masyarakat umum juga banyak yang ingin merayakan kemerdekaan RI di puncak Kerinci.

Banyak gunung di Indonesia yang sering dijadikan tempat untuk merayakan kemerdekaan RI (Foto: Pixabay)

4.       Gunung Prau, Jawa Tengah

Gunung Prau adalah salah satu gunung di Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 2.590 mdpl. Setiap tanggal 17 Agustus, banyak yang mengincar untuk merayakan kemerdekaan RI di puncak Prau sambil menantikan momen matahari terbit.

5.       Gunung Slamet, Jawa Tengah

Gunung Slamet adalah gunung dengan puncak tertinggi kedua, setelah Gunung Semeru di Pulau Jawa. Dengan ketinggian 3.432 mdpl, Gunung Slamet memiliki tingkat tantangan tersendiri seperti kabut tebal yang sering turun. Namun, ketika bisa merayakan kemerdekaan RI di puncak Slamet, semua rasa lelah tentunya akan berubah menjadi rasa bangga apalagi dengan menikmati pemandangan indah di sekelilingnya.

Merayakan kemerdekaan di puncak gunung bersama sahabat pasti menyenangkan. Bisa dibilang ini adalah pengalaman setidaknya sekali dalam seumur hidup yang harus kamu coba. Maka, ada baiknya kamu juga harus perhatikan apa saja yang harus disiapkan.

Visited 10 times, 1 visit(s) today