Tips Pilih Sepatu Buat Naik Gunung, Agar Kaki Tetap Nyaman

wisata naik gunung

Naik gunung bisa jadi aktivitas menyenangkan dan tak selalu harus dilakukan oleh pendaki profesional. Agar perjalanan tetap nyaman, perlengkapan untuk naik gunung juga harus lengkap dan sesuai kebutuhan, salah satunya adalah sepatu.

Kondisi naik gunung atau hiking berbeda dengan kalau kamu melakukan trekking biasa. Saat naik gunung kadang kamu harus bertemu dengan medan yang tidak diduga, seperti batu yang licin, lumpur, alang-alang, tanah yang kering dan sebagainya.

Itu sebabnya sepatu untuk naik gunung juga dirancang khusus agar kaki tetap nyaman dan kondisinya tetap kuat selama digunakan dalam perjalanan. Selain itu, banyaknya jenis dan model sepatu yang tersedia juga berarti kamu harus bisa memilih sepatu yang memang sesuai dengan kebutuhan kaki kamu.

Sponsored Links

Tips Pilih Sepatu untuk Naik Gunung

Supaya tidak salah pilih, berikut ini beberapa tips memilih sepatu untuk naik gunung:

Ukuran agak besar

Pilihlah sepatu yang berukuran agak besar dan tidak terlalu pas di kaki. Kamu bisa memastikannya dengan menekan bagian ujung depan sepatu untuk mengetahui masih ada ruang yang cukup, jadi ujung jari kaki tidak langsung menyentuh ujung sepatu.

Ini karena kamu akan banyak berjalan kaki saat naik gunung dan harus menghadapi kontur tanah yang bermacam-macam sehingga alas kaki butuh ruang untuk bergerak agar tidak mengakibatkan lecet nantinya.

wisata naik gunung
Pilih sepatu dengan ukuran agak besar (Foto: Pexels)

Leher sepatu jangan kaku

Pilihlah model sepatu yang memiliki leher sepatu lebih tebal atau dengan lapisan busa yang cukup. Bagian atas tumit kaki adalah bagian yang akan paling sering mengalami gesekan saat kamu berjalan naik gunung. Jadi, sebaiknya pastikan bagian ini terlapis dengan cukup baik agar kamu bisa berjalan jauh dengan nyaman.

Sesuaikan ketinggian leher sepatu

Sepatu gunung tersedia dengan beberapa pilihan model, seperti bagian leher yang tinggi (boot) atau pendek. Bukan untuk gaya, namun kedua bentuk ini memang dirancang sesuai dengan kebutuhan perjalanan.

Sepatu dengan leher pendek digunakan untuk perjalanan ringan atau lebih ke trekking. Sedangkan sepatu dengan leher tinggi dibuat untuk pendakian dengan medan berat. Leher sepatu yang tinggi dimaksudkan untuk memberikan perlindungan maksimal pada bagian mata kaki ke atas saat harus melewati medan terjal.

Ketinggian leher sepatu disesuaikan dengan medan perjalanan (Foto: Pexels)

Perhatikan sol sepatu

Baik gunung identik dengan medan yang licin atau berbatu. Untuk itu kamu harus pastikan bagian sol sepatu cukup tebal dan terbuat dari karet atau sintetis yang tidak licin. Pastikan juga sol sepatu memiliki ceruk yang cukup dalam dan tajam agar bisa menahan beban tubuh saat kamu harus melewati jalanan terjal atau turunan curam.

Naik Gunung dan Manfaatnya Buat Kesehatan

Bukan sekadar buat bergaya, naik gunung ternyata juga punya banyak manfaat buat kesehatan, baik fisik maupun mental. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

Naik gunung membutuhkan kekuatan fisik yang baik karena kamu harus melakukan jalan kaki dengan jarak sangat jauh dan kontur yang umumnya menanjak. Ini akan memacu jantung untuk bekerja lebih keras dan bisa melatih kekuatan jantung.

Selain itu udara pegunungan yang lebih segar juga akan membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Aktivitas naik gunung akan membuat kamu bernapas lebih dalam dan ini akan mengalirkan oksigen lebih banyak ke seluruh tubuh.

Naik gunung juga bisa redakan stress (Foto: Pexels)

Menguatkan otot kaki

Naik gunung akan membuat kamu harus membawa beban berat berupa ransel dan kondisi jalanan yang naik turun dengan kontur yang beragam. Dengan segala aktivitas yang bertumpu pada kaki, tentu saja ini akan melatih kamu untuk membuat otot kaki jadi lebih kuat. 

Mengurangi stress

Dengan aktivitas sehari-hari yang sudah padat dan membuat kamu tertekan, naik gunung akan membantu kamu lebih rileks karena kamu bisa menghirup udara lebih segar dan menikmati pemandangan yang indah. Saat naik gunung kamu juga akan lebih akrab bergaul dengan teman perjalanan dan ini akan bisa membuat kamu melupakan sejenak kepenatan dari rutinitas kamu.

Naik gunung menjadi salah satu pilihan untuk aktivitas berlibur, terutama di masa setelah pandemi seperti saat ini. Untuk itu kamu harus persiapkan diri dengan matang, salah satunya dengan memilih sepatu yang paling sesuai dengan kebutuhan pendakian.

Visited 15 times, 1 visit(s) today