Jadi ‘Ratu Sayuran,’ Ini Dia Manfaat Kale! Salah Satunya Untuk Imun Tubuh!

Nama sayuran kale saat ini sedang naik daun dan semakin banyak diminati untuk dikonsumsi, terutama oleh pelaku gaya hidup sehat. Kandungan nutrisi kale yang tinggi membuatnya termasuk superfood dan dijuluki ‘Ratu Sayuran.”

Kale atau borecole (Brassica oleracea acephala) termasuk sayuran berdaun hijau dari kelompok kubis, yang termasuk di dalamnya brokoli, kembang kol, dan sawi. Kale mengandung vitamin A, C, D, E, K, mangan, magnesium, zat besi, dan fosfor. Kandungan vitamin C pada kale bahkan 4,5 kali lebih banyak dibanding bayam. Semangkuk kale mentah juga mengandung vitamin C lebih banyak dibanding sebuah jeruk.

Lebih rinci, berikut adalah kandungan gizi kale mentah dalam takaran per 100 gram:

  • 4.4 gram karbohidrat
  • 4.1 gram serat
  • 2.9 gram protein
  • 35 kalori energi
  • 1.5 gram lemak total
  • 93.4 milligram vitamin C
  • 55 milligram fosfor
  • 348 milligram kalium
  • 254 milligram kalsium
Daun kale yang kini jadi favorit pelaku pola makan sehat. (Foto: Pixabay)

Berikut adalah manfaat kale bagi kesehatan tubuh.

1. Memperkuat imun tubuh

Kale mengandung vitamin C 4,5 kali lipat lebih banyak dibanding bayam. Kandungan selenium, vitamin E dan beta karoten yang tinggi dalam kale juga bisa memperkuat imun tubuh.

2. Anti kanker

Salah satu zat alami yang dikandung kale adalah sulforaphane, zat anti kanker yang ternyata muncul ketika sayuran kale mentah dipotong. Untuk mendapatkan manfaat anti kanker, kale disarankan untuk dikukus, tumis, atau dimasukkan dalam microwave. Sementara jika direbus, kandungan sulforaphane pada kale akan banyak hilang.

3. Antioksidan

Kale sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan detoksifikasi tubuh. Kandungan nutrisi isothiocyanates dan glucosinolates yang tinggi pada kale bisa membantu menghilangkan racun-racun dalam tubuh. Kandungan flavonoid pada kale juga bersifat antioksidan yang dapat memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kale mengandung anti-inflammatory dan antioksidan serta vitamin K dan E yang tinggi. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi organ vital tubuh lainnya.

5. Menurunkan kolesterol

Selain menjaga kesehatan jantung, kale juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena hanya memiliki 35 kalori dan tidak memiliki kandungan lemak. Dengan mengkonsumsi kale secara rutin, kamu bisa merasakan manfaat ini.

6. Memperkuat tulang

Selain kaya vitamin K, kale juga sumber kalsium nabati yang baik, yang dibutuhkan untuk tulang dan gigi yang kuat. Mengkonsumsi kale sangat dianjurkan untuk penderita osteoporosis.

7. Melawan penuaan dini

Kale kaya akan senyawa alami karotenoid dan lutein yang bisa mencegah timbulnya tanda penuaan dini seperti garis dan kerutan halus di wajah. Selain itu, senyawa alami tadi juga bisa menguatkan struktur kulit dan mempercepat produksi kolagen yang berfungsi mengencangkan kulit.

Kale sangat baik dikonsumsi sebagai campuran salad, smoothie, dikukus atau jadikan keripik dengan cara diberi taburan minyak zaitun, sedikit garam dan kemudian dipanggang dalam oven hingga kering.

Namun Sahabat Goodlife juga harus tahu, konsumsi kale mentah yang berlebihan bisa memicu ketidakstabilan hormon dan metabolisme tubuh. Jadi, makan dalam porsi wajar saja ya agar bisa merasakan manfaatnya bagi kesehatan.

Visited 13 times, 1 visit(s) today