Di Balik Harganya yang Mahal, ini Khasiat Sarang Burung Walet Buat Kesehatan

sarang burung walet

Sarang burung walet sudah dikenal sejak lama sebagai bahan pangan yang punya khasiat kesehatan. Jumlahnya yang terbatas dan manfaat kesehatannya yang kaya membuat sarang burung walet dihargai sangat mahal. Apa saja sih keunggulannya untuk kesehatan?

Meskipun bisa ditemukan di Indonesia, namun budaya menyantap sarang burung walet sebagai makanan yang kaya akan manfaat kesehatan sebetulnya lebih dulu dikenal di Cina. Sarang burung walet sendiri terbentuk dari air liur burung walet betina yang bersifat lengket dan kemudian menyatu membentuk sebuah wadah untuk bersarang.

Burung walet biasanya hidup di daerah pesisir dan tinggal secara berkelompok di dalam gua yang sulit dijangkau. Namun untuk mengatasi kesulitan itu, sekarang sudah banyak orang yang membangun rumah-rumah kosong khusus sebagai tempat singgah burung walet untuk kemudian menjadi tempat membangun sarang mereka.

Kandungan Gizi Sarang Burung Walet

Menurut Kezia Natalia, Spv. Asuhan Gizi Rumah Sakit St. Carolus Jakarta, kandungan gizi dari sarang burung walet lebih banyak kandungan yang bersifat mikro mineral, yaitu zat gizi yang mudah diserap oleh tubuh.

“Selain protein yang tinggi, sarang burung walet ini juga kaya akan antioksidan dan asam amino,” terang Kezia saat berbincang dengan Goodlife.

Sarang burung walet sebagai makanan sehat sudah dikenal sejak lama.

Keunggulan gizi pada sarang burung walet memang sudah dikenal sejak lama. Dikutip dari Hello Sehat, kandungan gizi pada 100 gram sarang burung walet adalah:

  • 281 kalori
  • 37.5 gram protein
  • 0.3 gram lemak
  • 32.1 gram karbohidrat
  • 485 milligram kalsium
  • 18 milligram fosfor
  • 3 milligram besi

Secara umum memang kandungan gizi yang ada pada sarang burung walet sangat baik untuk kesehatan tubuh dan tidak ada yang mengancam kesehatan. Namun Theodosia Dwita Natalia, SPV Distribusi dan Rawat Inap Rumah Sakit St. Carolus Jakarta mengingatkan bahwa untuk orang dengan komorbid atau penyakit bawaan harus berhati-hati dalam mengkonsumsi sarang burung walet.

“Karena proteinnya tinggi, harus diperhatikan bagi yang punya komorbid yang berhubungan dengan ginjal atau yang sedang diet protein,” terang Theo. Namun bagi penderita diabetes, Theo justru memberi tanggapan positif bahwa kandungan gizi yang ada pada sarang burung walet sangat bagus untuk menjaga kestabilan hemoglobin (protein dalam darah).

Cara mengkonsumsi sarang burung walet juga sebaiknya tidak dengan memakannya sekaligus dalam porsi banyak. “Sesuai anjuran, mengkonsumsi sarang burung walet sebaiknya secara rutin dengan porsi secukupnya. Ini lebih bagus daripada porsi besar tapi dalam sekali makan saja,” tambah Kezia.

Sebagai patokan, Kezia juga memberi gambaran untuk porsi konsumsi sarang burung walet, yaitu 2 hari sekali untuk orang dewasa dan seminggu sekali untuk anak usia 5 hingga 12 tahun.

Manfaat Konsumsi Sarang Burung Walet

Dengan kandungan nutrisinya yang banyak, apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat sarang burung walet juga bagus untuk menguatkan imunitas. “Perhatikan cara penyajiannya. Jangan sampai kandungan aslinya rusak karena bahan masakan tambahan yang berlebihan,” terang Theo.

Kezia juga menambahkan bahwa sarang burung walet tidak memiliki khasiat tertentu dalam mencegah atau mengatasi suatu penyakit, namun manfaatnya lebih ke daya tahan tubuh. “Karena bermanfaat untuk daya tahan tubuh, ini juga penting untuk dikonsumsi di masa pandemi seperti ini,” tambah Theo.

Menyehatkan kulit

Menurut Kezia, sarang burung walet juga mengandung kolagen yang bermanfaat untuk membuat kulit lebih sehat dan menunda munculnya tanda-tanda penuaan. Manfaat inilah yang juga membuat sarang burung walet sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik.

Sarang burung walet bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. (Foto: Pixabay)

Mencegah terjadinya kanker

Kaya akan antioksidan membuat sarang burung walet cukup efektif melawan radikal bebas yang bisa memicu penyakit kronis seperti kanker. Senyawa antioksidan ini juga bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas.

Sarang burung walet memang terbilang cukup mahal harganya. Namun dengan segala kekayaan manfaatnya bagi kesehatan tubuh, Sahabat Goodlife bisa mempertimbangkan untuk mencoba konsumsi makanan ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh.