Jangan Buru-Buru Dibuang, Ini Manfaat Kulit Buah Untuk Kesehatan!

buah-buahan

Ternyata gak cuma dagingnya aja, kulit buah-buahan berikut ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Makanya saat mengonsumsi buah-buahan berikut ini, jangan buru-buru dibuang kulitnya ya. Penasaran buah apa aja yang kulitnya bisa dimanfaatkan?

Sponsored Links

1.       Kulit Manggis

manggis

Warna kulit manggis yang merah kehitaman mengandung senyawa xanthone, yang tidak ditemukan pada buah-buahan lainnya. Sifat antioksidan xanthone melebihi vitamin E dan vitamin C. Tingginya antioksidan dalam kulit manggis bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Selain xanthone, kulit manggis juga mengandung serat yang membantu menjaga kadar gula dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Kulit manggis juga kaya vitamin C yang memiliki peran penting menjaga imun tubuh. Sementara untuk kecantikan, senyawa xanthone berfungsi sebagai anti aging yang membuat kulit lebih kenyal, bebas kerutan, dan flek kehitaman.

Saat ini sudah banyak yang menjual ekstrak kulit manggis dalam bentuk kapsul atau bubuk. Tapi kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan cara merebus kulit manggis yang sudah dicuci bersih dan dipotong kecil. Rebus dengan air hingga mendidih. Ketika sudah dingin, bisa kamu tambahkan sedikit madu sebelum diminum.

Sementara untuk manfaat kecantikan bagi kulit, kamu bisa membuat masker dari kulit manggis segar. Caranya haluskan kulit manggis dengan blender dan sedikit air hingga bertekstur pasta. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

2.       Kulit Kiwi

kiwi

Buah dengan bentuk lonjong seperti telur dengan kulit berwarna coklat berbulu ini sudah terkenal kaya akan vitamin C, E, serat, dan antioksidan. Namun siapa sangka, kandungan tadi justru lebih tinggi berasal dari kulitnya, dibanding dari daging buahnya.

Oleh karena itu, sebaiknya saat makan buah kiwi, kita jangan mengupas dan membuang kulitnya. Agar kandungan vitamin, serat dan antioksidannya kita dapatkan maksimal, makanlah buah kiwi dengan kulitnya.

Tapi Sahabat Goodlife harus terlebih dahulu menghilangkan bulu-bulu halus pada kulitnya dengan cara digosok dengan tisu, handuk lembut, atau sikat.

Memakan buah kiwi dengan kulitnya bisa memberikan manfaat kesehatan antara lain menjaga kesehatan saluran cerna, menjaga tubuh dari radikal bebas, dan menjaga kesehatan kulit.

3.       Kulit Jeruk

jeruk

Hampir sebagian dari kita pasti akan membuang kulitnya ketika memakan buah jeruk. Padahal kandungan vitamin C lebih tinggi terdapat di kulit dibanding ada daging buahnya. Kulit jeruk mengandung 136 mg vitamin C sementara di daging buahnya hanya mengandung 71 mg vitamin C. Selain vitamin C, kulit jeruk juga mengandung flavonoid, phytochemical yang memiliki sifat melawan kanker, anti inflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Karenanya kulit jeruk memiliki khasiat untuk kesehatan seperti melawan radikal bebas, menjaga tekanan darah tetap normal, menurunkan kadar kolesterol jahat, meringankan gejala flu dan pilek serta menjaga kesehatan kulit agar tetap cerah dan mengurangi jerawat.

Saat ini sudah banyak yang menjual bubuk kulit jeruk siap pakai. Atau kamu juga bisa memarutnya untuk digunakan sebagai dressing salad, yoghurt, atau kue.

4.       Kulit Mentimun

mentimun

Kulit mentimun mengandung vitamin K yang merangsang produksi protein-protein yang dibutuhkan tulang untuk tetap padat, mencegah darah agar tidak terlalu encer sehingga mencegah perdarahan.

Kandungan betakaroten pada kulit mentimun juga sangat tinggi sehingga bisa membantu pemeliharaan kesehatan mata dan membantu imun tubuh untuk melawan radikal bebas. Serat pada kulit mentimun juga bisa membantu melancarkan saluran cerna.

Melihat manfaat kulit mentimun di atas, mulai sekarang sebaiknya konsumsi mentimun bersama kulitnya, ya Sahabat Goodlife. Jangan lupa untuk dicuci bersih terlebih dahulu.

5.       Kulit Pisang

kulit pisang

Jangan buang kulit pisang karena masih bisa kamu manfaatkan untuk memelihara kesehatan kulit dan gigi. Kandungan vitamin C, E, kalium, seng, dan mangan pada kulit pisang bisa melawan peradangan kulit seperti jerawat. Antioksidan yang terdapat di dalam kulit pisang juga bisa melawan kerutan pada wajah dan mengurangi munculnya keriput.

Caranya, gosokkan kulit pisang bagian dalam ke wajah dan diamkan hingga beberapa menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Kadar kalium, mangan, dan magnesium pada kulit pisang juga bisa membantu menghilangkan noda pada gigi. Caranya gosokkan kulit pisang bagian dalam pada permukaan gigi selama 2-3 menit lalu bersihkan dengan cara berkumur. Lakukan secara rutin agar noda pada gigi memudar.

Visited 36 times, 2 visit(s) today