Kamu Tim Olahraga Pagi atau Sore? Yuk, Simak Dulu Perbedaannya

Lari di siang hari

Banyak orang yang punya waktu sedikit di pagi hingga sore hari karena kesibukannya dan memilih sore hingga malam untuk meluangkan waktu dengan olahraga. Tapi gak sedikit juga yang justru memilih olahraga di pagi hari sebelum beraktivitas seharian. Berbedakah dampaknya?

Menyempatkan diri untuk berolahraga memang penting. Namun dengan kesibukan yang tinggi seperti di kota besar, kita harus jeli juga memilih waktunya. Pilihan waktu untuk olahraga biasanya adalah di pagi hari sebelum beraktivitas, atau sore hari setelah pulang beraktivitas.

Mau olahraga di pagi atau sore hari sebetulnya sama-sama punya efek kesehatan masing-masing. Kalau Sahabat Goodlife masih ragu untuk menyempatkan olahraga di pagi atau sore hari, berikut ini adalah penjelasan tentang perbedaan dari keduanya.

Sponsored Links

Olahraga Pagi vs Sore

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Copenhagen The Faculty of Health and Medical Sciences, menemukan bahwa olahraga pagi dan sore hari ternyata punya efek kesehatan yang berbeda.

Olahraga pagi hari mampu meningkatkan respon metabolisme tubuh terhadap otot rangka, sedangkan olahraga sore hari mampu meningkatkan energi tubuh untuk disimpan dan digunakan dalam jangka panjang.

Dengan kata lain, olahraga pagi adalah waktu yang sangat baik jika kamu ingin membentuk otot tubuh dan memperbaiki metabolisme. Sedangkan olahraga sore hari sangat baik dilakukan kalau kamu ingin melatih endurance atau melatih stamina dan ketahanan tubuh sehingga tak cepat lelah jika beraktivitas seharian.

Lari di malam hari

Tips Berolahraga yang Benar

Di masa pandemi seperti sekarang dimana banyak orang yang bekerja dari rumah, olahraga lebih leluasa dilakukan pagi atau sore. Lokasinya pun tak harus di pusat kebugaran dan bisa di sekitar rumah atau di dalam rumah.

Menurut dr. Michael Triangto, Sp.KO, spesialis Kedokteran Olahraga dari Slim n Health Sports Therapy, sebetulnya olahraga pada pagi hari maupun sore hari pada dasarnya sama-sama mendatangkan manfaat, selagi dilakukan dengan cara yang baik. Tipsnya adalah dengan melakukan konsep BBTT, yaitu Baik, Benar, Terukur, dan Teratur. 

Baik artinya adalah disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan kesehatan, Benar berarti ada programnya. Misalnya dilakukan setiap akhir pekan, berapa lama durasinya dan gerakan apa saja yang dilakukan. 

Sedangkan Terukur artinya tidak menimbulkan dampak seperti kelelahan berlebihan atau jantung menjadi berdebar-debar. Dan yang berikutnya adalah dilakukan secara Teratur.

Olahraga pada malam hari

Parameter Lainnya yang Perlu Diperhatikan

Selain rajin berolahraga, ada pula parameter kesehatan lainnya yang perlu diperhatikan. Parameter kesehatan ini diantaranya adalah obat, pola makan, gaya hidup, dan perubahan mindset.

Dari hal-hal yang disebutkan di atas, itulah yang dapat membuat olahraga yang kita lakukan benar-benar bisa membuahkan manfaat kesehatan.

Nah, Sahabat Goodlife sudah tahu bedanya kan? Intinya mau olahraga pagi atau sore sama-sama bagus, tinggal disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan saja. 

Visited 42 times, 1 visit(s) today