Menguasai Seni Menghadapi Machiavellianisme di Tempat Kerja

kerja stress

Tempat kerja adalah tempat dimana kamu mungkin akan mengahdapi begitu banyak sifat, terutama sifat buruk dari seseorang terkait dengan pekerjaan. Salah satunya adalah sifat Machiavellianisme.

Machiavellianisme adalah sebuah istilah yang merujuk pada sifat-sifat seseorang yang terobsesi dengan kekuasaan, manipulatif, dan tidak punya empati terhadap orang lain. Orang yang memiliki sifat machiavellianism cenderung egois dan tidak segan-segan memanfaatkan orang lain untuk mencapai tujuannya.

Sponsored Links

Mencirikan Orang dengan Machiavellianisme

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari sifat Machiavellianisme:

Manipulatif

Orang yang memiliki sifat Machiavellianisme cenderung sangat terampil dalam memanipulasi orang lain untuk mencapai tujuannya. Mereka akan menggunakan berbagai cara untuk memanipulasi orang lain, termasuk mengancam, memperdaya, atau bahkan memfitnah.

Egois

Orang dengan sifat Machiavellianisme cenderung sangat egois dan hanya peduli dengan kepentingan mereka sendiri. Mereka akan melakukan apa saja untuk memenuhi keinginan pribadi mereka, bahkan jika itu berarti merugikan orang lain.

Salah satu ciri machiavellianisme adalah bersifat egois (Foto: Pexels)

Tidak empati

Orang yang memiliki sifat Machiavellianisme tidak memiliki empati terhadap orang lain. Mereka tidak peduli dengan perasaan atau kebutuhan orang lain, dan cenderung memanfaatkan orang lain untuk mencapai tujuannya.

Berpikir taktis

Orang dengan sifat ini cenderung memiliki kemampuan berpikir taktis yang sangat baik. Mereka akan mempertimbangkan segala hal dengan sangat hati-hati sebelum mengambil keputusan, dan selalu berusaha mencari cara terbaik untuk memaksimalkan keuntungan mereka.

Suka berkuasa

Orang dengan sifat Machiavellianisme cenderung sangat suka berkuasa dan mengendalikan orang lain. Mereka akan menggunakan segala cara untuk mempertahankan kekuasaan mereka, bahkan jika itu berarti merugikan orang lain atau melanggar aturan.

Tidak jujur

Orang yang memiliki sifat Machiavellianism cenderung tidak jujur dan suka memanipulasi fakta untuk mencapai tujuan mereka. Mereka sering menggunakan kebohongan atau tipu muslihat untuk mempengaruhi orang lain.

kerja
Machiavellianisme juga ditandai dengan tidak jujur saat bicara (Foto: Xframe)

Ambisius

Sifat ini cenderung sangat ambisius dan berorientasi pada pencapaian tujuan mereka. Mereka akan melakukan apa saja untuk mencapai tujuan mereka, bahkan jika itu berarti melanggar etika atau moral.

Mengenali ciri-ciri sifat Machiavellianisme dapat membantu kamu menghadapi orang yang memiliki sifat ini dengan lebih baik. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua orang yang memiliki ciri-ciri ini memiliki sifat Machiavellianisme. Oleh karena itu, penting untuk tidak menarik kesimpulan terburu-buru dan selalu mempertimbangkan konteks dan situasi yang ada.

Cara Menghadapinya

Bagi kamu yang memiliki teman atau rekan kerja yang memiliki sifat machiavellianisme, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menghadapi mereka:

Jaga jarak

Menghindari dan menjaga jarak dengan orang yang memiliki sifat machiavellianism adalah hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan orang dengan sifat ini cenderung suka memanfaatkan orang lain untuk kepentingan mereka sendiri. Oleh karena itu, dengan menjaga jarak kamu bisa mengurangi kemungkinan untuk dimanipulasi oleh mereka.

Tetap jaga batas

Tetaplah mempertahankan batas dan prinsipmu. Jangan mudah terpengaruh atau dibujuk oleh orang dengan sifat ini. Pastikan kamu mengetahui batas-batasmu dalam berinteraksi dengan mereka dan tidak membiarkan mereka melanggarnya.

Misalnya, tegaskan apa yang menjadi pekerjaan kamu di tempat kerja dan tolak dengan tegas tugas-tugas yang bukan merupakan tanggungjawab kamu.

work wfh wfo
Tetapkan batas dan jaga jarak dari orang Machiavellianisme (Foto: Xframe)

Tingkatkan kepekaanmu

Meningkatkan kepekaanmu dalam membaca situasi dan emosi orang yang memiliki sifat machiavellianism sangatlah penting. Hal ini akan membantumu dalam memahami motivasi dan cara berpikir mereka. Dengan meningkatkan kepekaanmu, kamu akan lebih mudah membaca tindakan dan motivasi mereka, sehingga kamu bisa mengambil langkah-langkah yang tepat.

Pertimbangkan strategimu

Orang dengan sifat ini cenderung terampil dalam merencanakan dan memanipulasi orang lain. Oleh karena itu, kamu juga harus mempertimbangkan strategimu dalam berinteraksi dengan mereka. Pastikan kamu memiliki strategi yang baik dan tidak mudah terjebak dalam permainan mereka.

Sebagai langkah awal, kamu bisa tidak mempercayai apa yang diomongkan oleh mereka dan menolak semua ajakan dari mereka untuk melakukan hal-hal terkait pekerjaan atau bahkan pribadi.

Jangan mudah terganggu

Orang dengan sifat machiavellianisme cenderung menampilkan sifat yang sangat menantang dan provokatif. Namun, jangan mudah terprovokasi atau terganggu dengan sikap mereka. Pertahankan kepercayaan dan jangan memberikan reaksi yang terlalu berlebihan pada tindakan mereka. Bila perlu, abaikan saja semua tindakannya.

Menghadapi orang dengan sifat Machiavellianisme memang tidak mudah. Namun, dengan memahami sifat mereka dan mengambil langkah-langkah yang tepat, kamu dapat mengatasi situasi tersebut dengan lebih baik. Jangan lupa untuk tetap berpegang pada prinsip dan nilai-nilaimu, serta tidak membiarkan mereka memanipulasi atau mengganggu kestabilanmu.

Visited 13 times, 1 visit(s) today