Ngemil Gorengan Boleh Kok, Asal….

singkong goreng

Mungkin Sahabat Goodlife sudah ratusan kali mendengar pernyataan bahwa gorengan adalah salah satu makanan yang kurang sehat karena mengandung lemak, kolesterol, dan kurang bergizi.

Enggak heran kalau makanan yang digoreng bisa menimbulkan gangguan kesehatan mulai dari sakit tenggorokan, batuk, meningkatnya kadar kolesterol dalam darah, obesitas, hipertensi, penyakit jantung hingga diabetes.

Sayangnya, dengan segala risiko penyakit tadi, masih banyak masyarakat yang menjadikan makanan yang dimasak dengan cara digoreng atau camilan gorengan sebagai favorit. Teksturnya yang crunchy membuat banyak yang ketagihan. Apalagi camilan gorengan sangat mudah ditemui di berbagai tempat.

Untuk Sahabat Goodlife yang enggak bisa tahan godaan dari makan gorengan, bisa mengikuti cara berikut ini untuk meminimalisir dampak negatifnya.

gorengan

1. Batasi Porsinya

Harga aneka gorengan terbilang cukup murah. Hal itu biasanya membuat Sahabat Goodlife tergoda membeli gorengan dalam jumlah yang cukup banyak untuk dimakan sendiri. Padahal kandungan lemak, kolesterol, dan kalori dalam satu potong gorengan saja sudah sangat tinggi.

Jika tidak dibatasi porsinya, itu artinya risiko terkena penyakit obesitas, kolesterol tinggi, hipertensi, dan penyakit jantung juga semakin meningkat. Sahabat Goodlife bisa menyiasatinya dengan berbagi makanan gorengan dengan teman atau membuat batasan sendiri, misalnya dalam satu hari kamu hanya boleh makan gorengan 1-2 potong.

Selain porsinya, batasi juga frekuensi makan gorengan agar tidak setiap hari. Misalnya jika hari ini sudah makan gorengan maka beberapa hari ke depan sebaiknya ganti camilan dengan yang lebih sehat seperti edamame, rujak, atau buah kering. 

2. Bikin Sendiri

Sahabat Goodlife pasti pernah mendengar berita yang sempat viral tentang oknum penjual gorengan yang mencampur minyak untuk menggoreng dengan plastik, bukan? Tujuannya agar gorengan tetap renyah meski sudah lama diangkat dari penggorengan.

Dan bukan rahasia lagi kalau penjual gorengan akan memakai minyak goreng berkali-kali bahkan hingga minyaknya berwarna gelap. Minyak yang sudah dipakai berkali-kali ini akan membuat kadar kolesterol pada hasil gorengan semakin tinggi.

Dengan pertimbangan itu semua, lebih sehat jika Sahabat Goodlife membuat gorengan sendiri, bukan? Kamu bisa memilih bahan yang lebih berkualitas serta selalu menjaga kebersihan selama proses pembuatannya.

Salah satunya pilih jenis minyak goreng yang lebih sehat dan hanya 1-2 kali pakai. Kamu juga bisa menerapkan cara menggoreng yang lebih sehat yaitu menggoreng saat minyak sudah benar-benar panas karena adonan yang dimasukkan sebelum minyak panas akan menyimpan lebih banyak minyak di dalamnya.

3. Manfaatkan Tisu Dapur

Agar minyak yang dikonsumsi bisa berkurang, kamu bisa memanfaatkan tisu dapur untuk menyerap sisa-sisa makanan. Gunakan tisu dapar sebagai alas meniriskan atau saat memegang gorengan. 

Untuk mengurangi minyak yang masuk ke dalam tubuh, sebaiknya makan segera setelah digoreng. Minyak pada makanan yang digoreng akan teroksidasi jika terlalu lama didiamkan.

4. Perbanyak Air Putih

Kandungan minyak yang banyak dalam gorengan tentu akan berpengaruh pada tenggorokan dan kesehatan saluran cerna. Efek yang biasanya sering timbul adalah tenggorokan Sahabat Goodlife akan terasa sakit, gatal atau batuk. Lemak yang terkandung di dalam minyak juga sulit dicerna lambung.

Konsumsi air putih yang banyak bisa membantu memperlancar pencernaan serta membantu meluruhkan minyak di tenggorokan. Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk minum air putih hangat.

air putih

5. Hindari Makan Gorengan di Malam Hari

Dilansir dari fatsecret.co.id, dalam satu porsi gorengan seperti bakwan, pisang, tahu, dan tempe terdapat 140 kkalori dengan rincian 56% lemak, 40% karbohidrat, 4% protein. Itu artinya nilainya setara dengan satu piring nasi. 

Bayangkan jika kamu makan beberapa potong gorengan di dalam hari. Itu artinya tubuhmu akan menimbun lebih banyak lemak dan bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Masih akan lebih aman jika kamu makan sepotong gorengan di siang hari karena tubuhmu masih aktif bergerak dan bisa membantu membakar lemak.

Selain 5 cara tadi, kamu juga tetap harus mengimbangi dengan pola makan yang sehat yaitu perbanyak makan buah dan sayur. Untuk menekan penyerapan lemak dari gorengan dan menurunkan kadar kolesterol, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya serat seperti lettuce, kol, rumput laut, dan jamur. 

Dan jangan lupa untuk rutin berolahraga ya Sahabat Goodlife. 

Visited 35 times, 1 visit(s) today