Manfaat Masala Chai, Teh Rempah Anti Inflamasi dan Rendah Kalori

Manfaat Masala Chai, Teh Rempah

Masala Chai merupakan salah satu minuman berjenis teh yang berasal dari India. Selain itu, pengobatan dengan metode Ayurveda pun mempercayai minuman ini agar menciptakan tubuh yang sehat. Ayurveda merupakan pengobatan tradisional yang berasal dari India dan sudah digunakan sejak kurang lebih 3.000 tahun yang lalu.

Satu cangkir teh ini jika diminum dalam sehari, dipercaya mampu menangkal penyakit. Komposisi yang biasa dijadikan sebagai bahan utamanya berasal dari rempah-rempah seperti jahe, kapulaga, kayu manis, cengkeh dan lada hitam. Meskipun mungkin ada banyak versi teh ini, bahan dasarnya tetaplah sama.

Sponsored Links

Nilai Gizi dari Masala Chai

Minuman ini memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Dengan jumlah kalori di bawah 100, kita tidak perlu lagi untuk khawatir dan dapat menikmati banyak manfaatnya. Saat Masala Chai dikonsumsi tanpa susu atau gula, kandungan lemaknya menjadi 0%. Oleh karena itu aman diminum oleh semua kelompok umur.

Masala Chai juga telah dikenal untuk membantu dalam penurunan berat badan. Jika ingin menjaga jumlah kalori yang tepat setiap hari, kita bisa menambahkan teh ini ke dalam daftar menu diet. Minuman yang dikemas dengan rasa dan kurang dari seratus kalori, ini adalah cara yang tepat dalam menjaga kebugaran tubuh.

Teh Rempah Masala Chai

Khasiat dari Masala Chai

Adapun manfaat bagi tubuh dari Masala Chai adalah sebagai berikut :

1.  Mencegah Masuk Angin dan Hidung Tersumbat

Sifat anti-inflamasi, antijamur, dan antibakteri dari teh ini dapat mencegah masuk angin serta hidung tersumbat. Cengkeh dan jahe juga akan membantu dalam menghilangkan batuk. Selain itu, dengan meminum satu gelasnya dapat mengusir pilek dan memulihkan tubuh agar lebih baik.

2.  Sebagai Anti Inflamasi

Teh ini memiliki efek anti-inflamasi yang sebagian besar berasal dari jahe. Studi menunjukkan bahwa jahe memiliki efek untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Cengkeh adalah bahan lain yang memiliki efek serupa. Kedua rempahnya pun dikenal sebagai penghilang rasa sakit yang efektif.

3.  Meningkatkan Energi

Teh hitam adalah bahan dasar dari Masala Chai. Teh hitam juga memiliki kafein yang akan meningkatkan energi kita. Sementara kafein saja diketahui memiliki beberapa efek negatif jika dikonsumsi berlebih, rempah-rempah akan menyeimbangkannya. Rempah yang ada bersama dengan teh hitam dapat menciptakan energi seimbang.

4.  Meningkatkan Metabolisme

Metabolisme yang cepat sangat penting untuk menjadikan tubuh bugar dan sehat. Hal tersebut menandakan bahwa semua organ dalam tubuh bekerja dengan baik. Selain itu dapat dijadikan parameter bahwa makanan dicerna dengan baik serta diproses secara efisien oleh tubuh. Seluruh proses pencernaan dapat ditingkatkan dengan meminum Masala Chai. Kemudian akhirnya, metabolisme pun akan meningkat.

5.  Meningkatkan Imunitas Tubuh

Masala Chai sangat baik untuk sistem imunitas tubuh. Cengkeh dan kayu manis akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dari gangguan penyakit. Kualitas obat dari teh yang satu ini menjadikannya salah satu minuman kesehatan paling populer di luar sana.

6.  Mengontrol Tekanan Darah

Masala Chai juga dapat membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan tekanan darah. Kandungan didalamnya dapat membantu mengatur sirkulasi darah dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya fluktuasi pada pembuluh darah.

Resep Mudah Membuat Masala Chai

Manfaat Masala Chai, Teh Rempah

Masala Chai dapat dibuat sendiri di rumah kok. Sahabat Goodlife bisa mengikuti caranya seperti di bawah ini, yah.

Bahan yang diperlukan :

  • 2 sdt teh hitam
  • 2 kapulaga, dihancurkan
  • ½ sdt bubuk kayu manis
  •  Lada hitam
  • 2 siung jahe, diparut atau dihancurkan
  • 1 gelas susu
  • ½ gelas air
  • 2 sdt gula pasir

Cara membuat :

  • Pertama, ambil setengah cangkir air dan masukkan ke dalam panci. Tambahkan kapulaga, kayu manis, cengkeh, jahe, lada hitam dan didihkan selama 2-3 menit.
  • Selanjutnya, didihkan dan kecilkan api. Rebus lagi selama 1-2 menit sampai aroma khasnya muncul.
  • Kemudian, tambahkan daun teh dan didihkan selama 3-4 menit.
  • Tambahkan susu dan gula. Aduk dan tunggu hingga 2 menit.
  • Terakhir, matikan api dan saring minumannya sebelum dihidangkan.

Selamat mencoba resepnya dan tetap sehat ya, Sahabat Goodlife.

Visited 29 times, 1 visit(s) today