Sayangi Jantung! Ini Makanan yang Bikin Jantung Tetap Sehat

Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyakit yang berbahaya di dunia termasuk Indonesia.Kementerian Kesehatan merilis data bahwa di Indonesia pada 2018 tercatat ada sekitar 2.784.064 orang yang menderita penyakit jantung.

Namun penyakit jantung ini sebetulnya bisa dicegah dengan cara-cara sederhana, seperti mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang diketahui bisa membantu kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jenis-jenis makanannya pun tidak sulit untuk ditemukan.

Makanan yang Bermanfaat untuk Cegah Penyakit Jantung

Berikut ini adalah beberapa makanan yang diketahui bisa membantu menjaga kesehatan jantung:

Pisang

Kandungan vitamin C, B6 dan kalium yang ada pada pisang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah dan melemaskan dinding pembuluh darah. Pisang juga memiliki kandungan garam dan natrium yang rendah sehingga bisa mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil dan terhindar dari risiko penyakit jantung.

Oatmeal

Banyak orang yang menyamakan oatmeal dengan gandum. Oatmeal berasal dari tanaman oat (Avena sativa) yang sepintas mirip dengan gandum. Oat adalah sejenis biji-bijian yang bebas gluten dan mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Oatmeal mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah ke jantung. 

Alpukat

Buah yang sering dijadikan jus dan isian dari es campur ini sebetulnya adalah sumber lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh karena bisa mengurangi kadar kolesterol. Alpukat juga diketahui memiliki antioksidan dan kalium yang juga berguna bagi kesehatan jantung.

Cokelat hitam (dark chocolate)

Dibanding dengan cokelat susu yang biasa, cokelat hitam memang cenderung lebih pahit rasanya. Namun senyawa flavonoid (polifenol) yang ada pada cokelat hitam bisa menstabilkan tekanan darah sekaligus menghindari terjadinya pembekuan darah. 

Cokelat hitam mengandung senyawa yang bisa membantu stabilkan tekanan darah. (Foto: Pixabay)

Anggur

Warna anggur yang ungu kemerahan berasal dari senyawa resveratrol yang ada di bagian kulitnya. Senyawa ini juga berkhasiat mencegah penyumbatan pembuluh darah karena memiliki sifat antioksidan.

Tomat

Sayuran yang satu ini memiliki antioksidan likopen, senyawa yang memberikan warna cerah pada beberapa sayuran dan buah, seperti tomat, wortel dan semangka. Likopen diketahui juga memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan lemak jahat dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Sayuran hijau

Sayur-sayuran yang berwarna hijau umumnya memiliki kandungan vitamin K yang baik untuk membantu kesehatan pembuluh darah arteri. Sayuran hijau juga memiliki nitrat yang bisa mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel di lapisan pembuluh darah.

Salmon dan tuna

Kedua jenis ikan ini diketahui memiliki kandungan asam lemak omega 3. Kandungan ini bisa mengatasi peradangan termasuk pada pembuluh darah sekitar jantung. Asam lemak omega 3 juga bermanfaat untuk mengatasi pembekuan darah dan menormalkan detak jantung yang tidak teratur. Menurut situs kesehatan Hello sehat, konsumsi salmon dan tuna sebanyak 150 gram dalam seminggu bisa mengurangi risiko henti jantung mendadak.

Mengolah Makanan Agar Jantung Tetap Sehat

Selain bahan makanan, cara mengolah makanan juga harus diperhatikan. Agar kesehatan jantung tetap terjaga, cara-cara mengolah makanan berikut ini bisa kamu ikuti:

Kurangi jajan di luar

Makanan yang sehat sebaiknya adalah makanan yang kamu masak sendiri. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang lebih segar dan kualitasnya lebih baik dibanding dengan makanan di restoran yang mungkin sudah ditambahkan banyak bumbu penyedap kimia. Dengan masak sendiri, kamu juga bisa menyiapkan porsi yang lebih sesuai dengan kebutuhan untuk kesehatan jantung.

Memasak makanan sendiri lebih disarankan karena kita bisa tahu bahan apa saja yang kita butuhkan untuk kesehatan jantung. (Foto: Pexels)

Batasi penggunaan garam

Beberapa jenis bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih bisa dijadikan pilihan sebagai penyedap sebagai tambahan dari penggunaan garam yang terbatas. Kadar garam yang berlebih berisiko meningkatkan natrium dalam sel darah yang bisa berakibat menyempitnya pembuluh darah dan jantung harus bekerja ekstra keras untuk tetap bisa memompa darah.

Hindari menggoreng

Makanan yang digoreng apalagi dengan teknik deep fried biasanya memang lezat dan gurih. Namun, minyak yang dipanaskan dengan suhu tinggi akan menghasilkan lemak jenuh yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Nah kalau sudah tahu makanan apa saja yang bisa membantu kesehatan jantung dan cara mengolahnya, ada baiknya kamu juga mulai dari sekarang untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung.