Sehat dan Lezat, ini Kuliner Jepang yang Rendah Kalori

Banyak makanan Jepang yang sangat digemari di Indonesia. Tidak semuanya termasuk makanan sehat, namun ada beberapa makanan yang rendah kalori dan kaya nutrisi buat kesehatan.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak makanan dan minuman khas Jepang yang rendah kalori dan sehat untuk tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Jadi, tidak mengagetkan bila penduduknya dapat hidup dengan panjang umur dan memiliki tingkat obesitas yang sangat rendah.

Yuk simak beberapa makanan Jepang yang sehat tersebut!

Sup miso

Sup yang terbuat dari pasta kacang kedelai yang difermentasikan dan diberi potongan tofu, daun bawang, dan rumput laut ini telah disetujui oleh ahli nutrisi di seluruh dunia dapat membantu menguatkan daya tahan tubuh, menguatkan pencernaan, menurunkan kolesterol, meningkatkan daya ingat, menurunkan stress, dan juga mengencangkan kulit.

Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi sup miso yang bervariasi, mulai dari bakteri dan enzim, serta vitamin A, B1, B2, B3, B5, dan E yang memiliki peran sebagai antioksidan dan juga anti radang. Sup ini juga merupakan sumber vitamin K dan mineral.

Miso punya banyak kandungan nutrisi yang beragam (Foto: Pexels)

Natto

Memiliki bau yang sangat menyengat dan kurang sedap, natto masih menjadi makanan favorit bagi orang Jepang dan juga memiliki manfaat yang menyehatkan tubuh. Makanan yang terbuat dari kedelai yang difermentasi ini baik untuk menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, memperkuat tulang, dan juga menurunkan tekanan darah.

Natto mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh seperti vitamin K2, mineral, protein dalam jumlah yang tinggi, serat, dan juga bakteri baik. Makanan ini juga rendah akan kalori, natrium dan tidak mengandung kolesterol.

Konnyaku

Mungkin kamu sudah familiar dengan konnyaku penerjemah dari komik Doraemon yang memang terinspirasi dari makanan khas Jepang yang terbuat dari umbi porang. Konnyaku memiliki tekstur seperti jeli dan tidak memiliki rasa yang menonjol, sehingga biasanya disajikan bersama makanan hot pot.

Konnyaku hampir tidak memiliki kalori dan memiliki berbagai macam kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor, selenium, dan kalium; serta serat. Konsumsinya baik untuk kesehatan dan memiliki manfaat seperti menormalkan kadar kolesterol dan gula dalam darah, melancarkan pencernaan, dan juga dapat dijadikan alternatif untuk makanan diet. 

Edamame

Edamame sebenarnya adalah kacang kedelai yang dipanen ketika masih muda dan bewarna hijau lalu direbus. Kacang yang sering dijadikan cemilan ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan risiko penyakit jantung, osteoporosis, kanker, serta hipertensi; meredakan gejala pada wanita yang mengalami menopause, menyehatkan pencernaan, dan juga dapat menjaga berat badan agar tetap ideal.

Edamame punya kandungan nutrisi dan antioksidan (Foto: Pexels)

Nutrisi yang dikandung dalam edamame antara lain adalah protein yang terdiri atas 20 asam amino, vitamin A, C, E, dan K; antioksidan, mineral seperti zat besi, kalsium, dan zinc; dan serat yang tinggi.

Chuka wakame

Di Jepang, terdapat salad yang bahan utamanya menggunakan rumput laut yang disebut dengan chuka wakame. Rumput laut yang digunakan dalam salad ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, antara lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko penyakit jantung, serta dapat membantu memicu produksi hormon tiroid.

Manfaat kesehatan tersebut dapat diperoleh dari nutrisi yang dikandung oleh rumput laut. Nutrisi tersebut antara lain adalah mineral seperti iodin, mangan, magnesium, kalsium; vitamin C, K, A, E, dan asam pantotenik.

Sushi dan sashimi

Dua makanan yang sudah mendunia ini terbuat dari bahan dasar yang sama yang umumnya adalah ikan. Ikan dari berbagai jenis apapun sudah dikenal mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk mencegah peradangan, menyehatkan jantung, serta mencegah penyakit kronis lainnya. Kandungan omega 3 yang tinggi dapat ditemukan dalam ikan salmon dan tuna.

Teh hijau

Minuman yang sudah identik dengan negara Jepang ini memiliki berbagai macam manfaat kesehatan seperti mencegah penyakit jantung, diabetes, stroke serta penyakit kronis lainnya seperti kanker. Selain itu, teh hijau juga dapat mencegah terjadinya peradangan dan dapat menenangkan pikiran.

Teh hijau mengandung vitamin C dan E serta beberapa mineral seperti kalium, mangan, dan kalsium dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan bernama polifenol yang memberikan manfaat pencegahan pertumbuhan sel kanker. Terdapat juga kandungan kafein dalam teh hijau yang membantu tubuh agar dapat tetap fokus, namun juga menenangkan.

Itulah kuliner Jepang yang memiliki manfaat kesehatan serta rendah akan kalori. Kuliner mana saja yang menarik buatmu atau belum pernah kamu coba?

Visited 8 times, 1 visit(s) today