Teknik Meal Prep, Solusi Makan Hemat dan Sehat di Masa Pandemi

Pernah gak sih Sahabat Goodlife merasa pengeluaran membengkak karena makan sehari-hari? Hmm, bagi orang yang sudah berkeluarga atau hidup jauh dari orang tua bisa relate, nih. Manusia pasti membutuhkan asupan energi untuk melakukan aktivitas apapun dan energi ini bisa didapat setelah kita makan. Normalnya, dalam sehari itu dibutuhkan 3 kali makan. Kemudian, kegiatan makan yang rutin akan menjadi boros saat kita selalu membelinya setiap hari.  Salah satu penyelesaian dari masalah di atas, Sahabat Goodlife perlu memahami teknik Meal Prep ini. Karena selain membuat hemat dan sehat, tekniknya pun bisa diterapkan untuk mempersingkat waktu dalam mempersiapkan makanan. Langsung aja yuk, kita masuk ke pembahasannya.

Sponsored Links

Meal Prep Itu Apa, Sih?

Meal Prep merupakan kesingkatan dari Meal Prepare atau Meal Preparation. Jadi, bisa diartikan sebagai berbagai cara dalam menyiapkan makanan.

Lebih mudahnya Meal Prep adalah cara menyiapkan masakan, baik sarapan, makan siang atau makan malam untuk beberapa hari ke depan. Biasanya orang melakukan Meal Prep saat akhir pekan, sehingga pada hari-hari kerja tidak perlu repot memasak lagi.

Cara Melakukan Meal Prep

Ada 3 cara yang bisa dilakukan dalam melakukan Meal Prep ini, Sahabat Goodlife.

1. Batch Cooking

Masak beberapa resep masakan dalam porsi besar, yang bisa disimpan di kulkas atau freezer untuk dikonsumsi beberapa hari ke depan.

2. Persiapan Bahan

Kamu bisa memotong, mengupas, menggoreng, merebus, mengukus, dan memanggang berbagai bahan makanan. Nanti, semua bahan ini bisa kamu pakai untuk masak beberapa hari kedepan agar tinggal masuk-masukin aja.

3. Makanan Porsi Satuan

Masak beberapa jenis makanan, namun kamu menyimpan di kotak makan dengan aturan per porsi makan. Jadi, kamu bisa memasukkan karbohidrat, lauk, dan sayur ke dalam kotak untuk sekali makan. Mirip-mirip sama bento gitu, Sahabat Goodlife.

Komposisi Bahan Dalam Meal Prep

Menurut Yukie Isomura, seorang ahli diet di Jepang, tubuh yang sehat itu perlu adanya persiapan yang matang. Karena yang harus diperhatikan dalam persiapan ini adalah bahan makanan, nutrisi, dan juga kebersihannya.

Adapun formula dalam seporsi Meal Prep yaitu:

  • Dasar: karbo (nasi/kentang) + sayur + protein
  • Rendah: protein + sayur 2 porsi
  • Vegetarian: karbo (nasi/kentang) + sayur + protein nabati (kacang-kacangan)

Untuk nasi bisa dimasak di rice cooker saja atau dibuat nasi goreng, sementara sayur bisa ditumis, dan protein bisa digoreng, direbus, atau ditumis dengan sayur.

Bahan Makanan Terbaik Untuk Meal Prep

Ada beberapa bahan makanan yang memang sangat ideal untuk Meal Prep. Bahan-bahan ini tidak begitu gampang basi kalau disimpan di kulkas atau freezer dan teksturnya tidak akan banyak berubah.

  1. Sayuran yang bisa dibekukan

Kacang polong, brokoli, bunga kol, kacang panjang, buncis, wortel, dan baby corn.

  1. Sayuran yang mudah ditumis

Wortel, cabai, kubis, bayam, sawi, kangkung, daun ubi, dan dedaunan sayur lain yang kamu suka.

  1. Buah yang tidak gampang busuk

Apel, pisang, jeruk, pir, dan jambu.

  1. Ubi-ubian

Singkong, kentang, dan ubi manis.

  1. Protein

Seafood, telur, keju, tahu, tempe, kacang hitam, kacang merah, edamame, kacang tanah, kacang mede, ayam, daging sapi, daging babi, dan daging lain yang kamu suka baik segar maupun kalengan.

  1. Grains

Oats, beras, atau kalau Sahabat Goodlife tidak makan nasi, bisa diganti dengan jenis quinoa, beras shirataki, mi, bihun, hingga pasta.

Lamanya Makanan Mampu Bertahan

Kalau kamu hanya melakukan persiapan untuk memotong bahan mentah bukan memasaknya, maka bawang, cabai, dan paprika yang sudah dipotong-potong akan tahan 2-3 hari di kulkas. Sayuran seperti jagung, wortel, dan labu bisa tahan 4 hari di kulkas.

Sedangkan sayuran daun-daunan yang sudah dicuci dan dikeringkan, bisa tahan sampai 1 minggu di kulkas. Sahabat Goodlife harus ingat juga untuk menempatkan sayuran ini di wadah kedap udara seperti ziplock dan kotak makan.

Lalu untuk masakan yang sudah masak dan diolah dengan daging, seafood, atau telur, sebaiknya dikonsumsi setelah 2-4 hari dimasak. Jangan lupa dipanaskan terlebih dahulu sampai 74 derajat Celcius. Kalau mau menaruhnya di freezer, makanan yang sudah dimasak bisa bertahan selama 1 bulan.

Kekurangan Dari Meal Prep

Walaupun banyak manfaatnya, tetapi Meal Prep tetap ada kekurangannya sih, Sahabat Goodlife. 

Berhubung kita menyiapkan untuk sekali masak saja tentu bahan makanan yang dimasak tidak akan segar, terutama di hari-hari terakhir. Kalau kamu masak untuk 5 hari, taruh porsi makanan cukup untuk 3 hari di kulkas dan 2 hari lainnya di freezer. Kemudian tips agar tidak begitu bosan, saat weekend bisa pilih food delivery aja.

Kembali lagi, kualitas makanan pun tetap ditentukan oleh diri sendiri. Bagaimana cara kita menyimpan dan menjaga kebersihannya, itu ada di tangan kita. Semoga Meal Prep ini tetap bisa dijadikan solusi terbaik, yah.

Visited 66 times, 2 visit(s) today