Minuman Herbal untuk Musim Hujan

Teh bunga rosella

Minuman herbal bisa berguna untuk menghangatkan tubuh, terlebih saat cuaca sedang dingin seperti di musim hujan. Apa saja jenis minuman herbal yang cocok dinikmati saat musim hujan?

Di musim hujan yang biasanya membawa hawa dingin seperti saat ini, cara paling nikmat dan nyaman untuk menikmati suara tetesan hujan adalah dengan menyeduh minuman hangat, seperti misalnya minuman herbal.

Tak hanya menghangatkan, minuman herbal juga membawa manfaat kesehatan karena kandungan nutrisinya. Minuman herbal asli Indonesia di bawah ini bisa menemanimu di hari-hari hujan untuk menghangatkan badan.

Wedang jahe

Selain terkenal sebagai minuman untuk orang sakit batuk flu, wedang jahe dapat membantu menghangatkan badan. Minuman ini biasanya terbuat dari jahe dan gula merah yang diseduh dengan air panas. Minuman ini memiliki kandungan nutrisi mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi serta vitamin A yang kebanyakan berasal dari bahan utamanya yaitu jahe.

Wedang uwuh

Minuman ini mendapatkan namanya dari bahasa Jawa “wedang” yang berarti “minuman” dan “uwuh” yang berarti ”sampah” yang menggambarkan campuran rempah-rempah seperti jahe, kayu secang, kapulaga, cengkeh, daun kayu manis, serai, gula batu, dan lain lain yang berantakan pada minuman tersebut layaknya “sampah”.

Wedang uwuh
Banyak rempah yang ada dalam wedang uwuh sehingga nutrisinya juga bagus (Foto: Pexels)

Karena terdiri atas berbagai macam campuran rempah-rempah, wedang uwuh memiliki nutrisi yang bisa didapatkan dari masing-masing campuran rempah-rempah tersebut seperti bermacam-macam zat antioksidan dan mineral.

Wedang ronde

Wedang ronde sebenarnya adalah wedang jahe yang diberi tambahan bola-bola ketan yang diisi dengan gula jawa, kolang kaling, dan kacang sangrai yang lezat; terutama bila disantap di tengah hujan. Oleh karena itu, wedang ronde memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang kurang lebih sama seperti wedang jahe.

STMJ

Minuman yang berasal dari campuran susu, telur, madu, dan jahe ini memiliki berbagai macam nutrisi dan khasiat dari campurannya. Kalsium diperoleh dari susu, protein diperoleh dari telur, sedangkan antioksidan dan berbagai macam vitamin dapat diperoleh dari madu dan jahe. Selain mampu menghangatkan tubuh, STMJ dapat memberikan energi ekstra agar tidak mudah lesu.

Madu dalam STMJ mengandung kalori yang bisa menambah energi pada tubuh yang lemas di musim hujan (Foto: Freepik)

Bir Pletok

Walaupun disebut sebagai bir, bir pletok sama sekali tidak mengandung alkohol. Minuman hangat asal Betawi ini terbuat dari campuran kayu secang, kayu manis, jahe, serai, dan pandan. Dari campuran rempah-rempah tersebut, bir pletok memiliki nutrisi yang beragam mulai dari bermacam-macam jenis vitamin, mineral, dan juga zat antioksidan.

Bandrek

Minuman khas Sunda ini memiliki bahan dasar yang sama seperti wedang jahe, namun masih dicampur lagi dengan serai, merica, pandan, dan telur ayam yang membuatnya menjadi minuman yang dapat menghangatkan badan dan cocok diminum ketika hujan. Bandrek mengandung berbagai kebaikan yang dikandung oleh jahe seperti mineral, vitamin, zat antioksidan dan anti radangnya serta protein yang didapatkan dari telur ayam.

Itulah minuman herbal yang bisa kamu coba minum di kala musim hujan. Selain bermanfaat untuk menghangatkan badan, minuman-minuman tersebut memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Jadi tidak usah ragu lagi untuk mengonsumsinya ya.

Visited 3 times, 1 visit(s) today