Suka Sakit Perut Setelah Ngopi? Ini Sebabnya

minum kopi

Meskipun penggemar kopi semakin hari semakin bertambah, namun sebagian orang ada yang menghindari minum kopi karena menganggap kopi adalah penyebab sakit perut. Benarkah begitu?

Kopi adalah salah satu minuman yang sering disukai oleh banyak orang. Selain karena dapat mengurangi rasa kantuk ketika bekerja, kopi juga dapat diolah menjadi berbagai macam minuman dengan rasa yang menarik.

Namun, jika kita rasakan lagi, kopi seringkali membuat peminumnya mengalami rasa mules atau sakit perut setelah mengonsumsinya. Apa yang menyebabkan hal ini?

Sponsored Links

Kandungan Nutrisi Kopi

Terdapat sekitar 95 miligram kafein dalam segelas kopi (240 mililiter). Selain dapat meredakan rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan, kafein sebenarnya juga dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memicu pergerakan usus besar.

Selain itu, kopi juga mengandung asam klorogenat dalam jumlah yang cukup banyak. Asam ini juga dapat meningkatkan produksi asam lambung dan diduga dapat menghambat jumlah bakteri dan memicu pergerakan usus besar. 

Makanan Tidak di Simpan Dalam Kulkas
Kopi mengandung asam yang bisa mempengaruhi perut (Foto: Pexels)

Penyebab Kopi Bikin Sakit Perut

Selain hal diatas, beberapa hal berikut ini bisa juga menjadi penyebab kamu merasa sakit perut setelah minum kopi.

Diminum dalam kondisi perut kosong

Tingginya kandungan kafein dan asam klorogenat pada kopi membuat kopi bersifat asam yang dapat menyebabkan produksi asam lambung yang meningkat dan meyebabkan terjadinya maag, heartburn, dan perut kembung.

Terpicunya IBS oleh kafein

Kopi merupakan salah satu dari banyak pemicu irritation bowel syndrome (IBS) yang menyebabkan penderitanya mengalami kembung, kram perut, dan juga diare maupun konstipasi.

Intoleransi terhadap kafein

Seseorang yang memiliki intoleransi kafein dapat merasakan efek kafein yang lebih kuat daripada orang pada umumnya. Bila orang normal dapat mengonsumsi 200 – 400 miligram kafein per harinya, maka seseorang dengan intoleransi kafein hanya dapat mengonsumsi 30 – 50 miligram saja.

Hal ini membuat seseorang dengan intoleransi kafein dapat merasakan dampak dan efek samping dari kafein yang lebih kuat daripada orang pada umumnya, termasuk sakit perut, mulas, dan mengalami kesulitan tidur.

Kopi memang minuman yang nikmat, namun konsumsilah kopi secara bijak agar tidak perlu mengalami sakit perut serta efek samping lainnya dan juga menghindari kopi bila kamu memiliki sensitivitas atau intoleransi terhadap kafein.

Visited 3 times, 1 visit(s) today