Tak Cuma Bantu Tidur Pulas, Ternyata ini Manfaat Nyanyikan Lagu Pengantar Tidur Buat si Kecil

tidur

Ada banyak cara yang dilakukan orangtua untuk membuat bayinya tertidur. Salah satunya adalah mendengarkan lagu pengantar tidur. Nyatanya, selain bisa membuat bayi cepat tertidur, lagu pengantar tidur juga memiliki banyak manfaat bagi bayi. Apa saja?

Menidurkan bayi memang pekerjaan yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk membuat bayi tertidur, beberapa orangtua menyanyikan atau menyetel lagu pengantar tidur, seperti Nina Bobo, Twinkle-Twinkle Little Star, atau lagu-lagu lain yang memiliki irama pelan dan lembut.

Dilansir dari WebMD, Lab Musik Harvard bereksperimen dengan bayi Amerika dengan lagu pengantar tidur dalam berbagai bahasa dan melodi yang tidak biasa. Mereka menemukan bahwa bayi bereaksi dan menjadi lebih rileks dan santai.

Eksperimen itu juga menemukan bahwa bayi-bayi yang didengarkan lagu pengantar tidur mengalami penurunan detak jantung, pupil melebar, dan berkurangnya aktivitas elektrodermal. Hal itu menunjukkan bahwa mendengarkan lagu pengantar tidur pada bayi mempunyai efek psikologis khusus yang dapat membuat mereka tertidur.

Lagu pengantar tidur membuat bayi jadi lebih rileks (Foto: Pexels)

Manfaat Musik Pengantar Tidur Buat Bayi

Sudah tak bisa dipungkiri jika lagu pengantar tidur membuat bayi mendapatkan tidur yang lebih lelap dan rileks. Lebih jauh dari itu, kebiasaan mendengarkan lagu pengantar tidur buat bayi ternyata memberikan berbagai manfaat lainnya bagi perkembangan mereka.

Berbagai manfaat musik pengantar tidur buat bayi, yaitu:

Membantu meningkatkan berat badan bayi prematur

Dilansir dari ABC News penelitian yang dilakukan New York Presbyterian Phylis and David Komansky Centre for Children’s Health menmukan lagu pengantar tidur dapat membantu bayi prematur untuk bisa makan dan tidur lebih baik. Hal itu, pada akhirnya membantu meningkatkan berat badan bayi prematur dengan cepat.

Memperkuat bonding ibu dan bayi

Ibu yang menyanyikan lagu pengantar tidur menciptakan lingkungan yang damai dan aman bagi bayi. Suasana itu dapat meningkatkan keterikatan dan bonding karena efek relaksasi bagi keduanya, yang selanjutnya memperkuat hubungan emosional bayi dan ibu.

Membuat mood bayi lebih tenang

Lagu pengantar tidur membantu anak dalam membentuk kepribadian yang lebih tenang. Hal itu karena mendengarkan lagu pengantar tidur membantu bayi mengekspresikan emosi dengan lebih baik.

Ketika terbangun, bayi akan memiliki mood yang positif, bahagia, dan aktif.

Mendukung perkembangan bahasa

Kata-kata dalam lagu pengantar tidur membantu merangsang perkembangan bahasa dan mendorong keterampilan literasi yang kuat. Hal itu bisa membuat bayi mulai bicara lebih awal. 

Membantu meningkatkan daya ingat

Lagu dan cerita dalam lagu pengantar tidur dapat memperkenalkan bayi pada kata-kata yang mereka dengar. Irama yang berulang juga memungkinkan anak mengembangkan keterampilan mengingat.

Berikut ini adalah tip mendengarkan lagu pengantar tidur pada bayi:

  • Pilih lagu pengantar tidur apa saja dan sebaiknya pilih lirik yang berulang agar lebih efektif membuat bayi lebih rileks.
  • Gunakan kontak tubuh, misalnya dengan membelai, menepuk, atau mengayun sesuai tempo sehingga bayi merasa lebih tenang.
  • Personalisasi lagu pengantar tidur, misalnya dengan menambahkan nama bayi agar lebih bermakna dan menjadi lebih istimewa.

Menyanyikan lagu pengantar tidur untuk bayi adalah cara sederhana yang bisa dilakukan oleh semua ibu dan memiliki banyak manfaat bagi bayi, dan juga ibu. Jadi, mulailah bernyanyi untuk bayi kamu.