Tanpa Sadar, Kebiasaan Buruk ini Sering Dilakukan dan Jadi Sumber Penguras Energi Tubuh

kerja

Energi yang terkuras membuat apapun rencana atau pekerjaan yang ingin kamu lakukan menjadi terganggu. Ketahui kebiasaan buruk yang bisa kuras energi, baik fisik maupun mental.

Satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah kita membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, banyak yang tak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan dan ternyata itu bisa menguras energi, baik fisik maupun mental.

Energi yang terkuras tentu saja akan menghambat aktivitas kita, seperti pekerjaan yang menjadi terbengkalai, merasa letih dan lesu, bahkan untuk melakukan hal yang sederhana seperti membersihkan diri, merasa tertekan, hingga sulit menikmati hidup. Bukan tidak mungkin, energi yang terkuras berlebihan juga bisa berdampak pada gangguan kesehatan.

Sponsored Links

Kebiasaan Buruk yang Bisa Kuras Energi 

Sering tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang dapat menguras energi. Jika kamu terus-menerus merasa lelah, tidak memiliki energi untuk melakukan apapun, atau menyelesaikan pekerjaan, coba cek, apakah ada salah satu kebiasaan buruk berikut ini suka kamu lakukan.

Sering makan junk food dan minuman manis

Pola makan yang tidak sehat, seperti jadwal makan yang tidak teratur, jarang makan sayur dan buah, serta lebih sering makan junk food ternyata bisa menjadi salah satu penyebab terkurasnya energi. Karena ternyata, apa yang kita makan sangat berdampak pada tingkat energi kita.

Makan makanan junk food yang tinggi lemak trans, minyak, dan kurang serat, bisa membuat kita cepat kehilangan energi. Makanan dan minuman manis juga membuat lonjakan gula darah di dalam tubuh, yang kemudian akan kembali cepat turun. Hal itu membuat energi kita juga cepat terkuras.

Tips: Menerapkan jadwal makan yang teratur bisa memberi kita waktu untuk memilih makanan yang lebih sehat atau bahkan bisa menyiapkan makanan sendiri dari rumah, yang tentu juga lebih sehat. Kamu juga bisa sediakan camilan sehat seperti buah-buahan, kacang almond, atau yogurt, untuk menjaga energi.

junk food membuat gula darah melonjak dan turun drastis akibatnya tubuh jadi cepat lemas (Foto: Pexels)

Kurang istirahat

Tidur terlalu larut atau tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup ternyata bisa menguras energi kita. Hal itu karena ketika kita kurang mendapatkan waktu istirahat, tubuh juga tidak memiliki waktu untuk istirahat dan memulihkan tenaga sehingga menyebabkan kelelahan dengan tingkat energi yang rendah.

Tips: prioritasnya waktu tidur agar tubuh mendapatkan istirahat yang layak sehingga tingkat energimu menjadi lebih berkelanjutan.

Overthinking

Overthinking atau berpikir secara berlebihan bisa menyebabkan kecemasan dan stres. Orang yang overthinking akan terus-menerus mempertanyakan dan meragukan setiap tindakannya. Mereka juga cenderung selalu berpikiran negatif pada diri sendiri, orang lain, atau situasi yang terjadi di sekitarnya. Tanpa disadari, kebiasaan itu bisa menguras energi.

Tips: ketika kamu mulai meragukan mengkhawatirkan apa yang sudah terjadi atau yang akan terjadi, cobalah untuk ingatkan diri kamu untuk hidup di saat ini. Latih kepercayaan diri dan buatlah afirmasi positif setiap hari.

Kurang bergerak

Kurang gerak atau jarang berolahraga dapat menyebabkan ‘lingkaran setan’ berupa perasaan lelah dan kekurangan energi. Sebaliknya, aktif bergerak atau olahraga teratur bisa meningkatkan suasana hati, meningkatkan energi, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Tips: tidak ada alasan tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Kamu hanya membutuhkan waktu 20-30 menit setiap hari untuk aktif bergerak atau melakukan olahraga ringan, misalnya berjalan kaki di sekitar rumah di pagi hari sebelum beraktivitas.

Terlalu lama scroll media sosial 

Mungkin terdengar tak masuk akal, scroll media sosial bisa menguras energimu. Tapi kenyataannya, terlalu lama scroll media sosial, membuatmu seperti hidup di dunia maya dan cenderung membandingkan kehidupan nyata dirimu dengan apa yang kamu lihat di media sosial. Hal itu menyebabkan kita kelelahan dan merasa rendah diri.

Tips: beri batasan waktu untuk scroll media sosial. Hindari scroll media sosial sebelum waktu tidur agar kamu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Berada di dekat orang toxic

Orang toxic selalu memiliki ucapan dan tindakan yang negatif, seperti bergosip, sering mengeluh tentang apapun, atau suka mengkritik. Berada di sekitar orang toxic akan lebih sering menimbulkan perasaan kesal, tegang, panik, atau marah. Dan hal itu kan menguras energimu.

Tips: jaga jarak dengan orang toxic, meski itu kolega, teman, atau keluarga. Usahakan interaksi seperlunya saja.

Kurang minum air putih

Jika kamu merasa kelelahan dan energi terkuras tanpa tahu penyebabnya, cobalah minum air putih. Kurang minum air putih membuat metabolisme tubuh melambat. Itu artinya, tubuh juga akan cepat kekurangan energi, hilang konsentrasi, dan merasa kelelahan.

Tips: bawalah botol air setiap saat dan minumlah air putih secara teratur. 

Adakah di antara kebiasaan-kebiasaan buruk di atas yang masih kamu lakukan? Agar kamu tetap memiliki energi berkelanjutan sepanjang hari, sebaiknya mulai hindari kebiasaan buruk tadi ya.

Visited 38 times, 1 visit(s) today