Tanpa Disadari, Kebiasaan ini Justru Merusak Kesehatan Rambut

Memiliki rambut yang sehat dan indah adalah idaman banyak orang. Sayangnya kadang kesehatan rambut kurang diperhatikan dan bahkan kita melakukan banyak kebiasaan yang justru bisa membahayakan kesehatan rambut.

Kadang kita berfokus pada kesehatan secara fisik saja dan lupa bahwa rambut juga adalah bagian dari tubuh dan penampilan. Untuk itu, kesehatan rambut selayaknya dijaga dengan baik. 

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang sering dilakukan namun tanpa disadari bisa merusak rambut kita:

Kondisioner untuk kulit kepala

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa pemakaian kondisioner yang efektif adalah dengan menggosok-gosokkannya pada kulit kepala hingga meresap. Padahal, kondisioner sebetulnya ditujukan untuk ujung-ujung rambut untuk mengurangi gesekan antar batang rambut dan membuat rambut jadi lebih kuat. Sama sekali bukan untuk kesehatan kulit kepala.

Jadi, sebaiknya hindari memijat-mijat kulit kepala menggunakan konsisioner, karena kebiasaan ini justru bisa menyebabkan kulit kepala jadi lebih cepat berminyak dan nutrisi dari kondisioner tidak bekerja efektif untuk rambut.

Menggosokkan shampoo pada rambut

Shampoo memang ditujukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Tapi cara yang benar memakai shampoo sebetulnya bukan menggosokkannya pada rambut dengan keras dan berulang-ulang.

Cara ini justru berisiko merusak lapisan kutikula pada rambut yang berfungsi untuk membuat rambut berkilau dan tidak kusut. Jadi, kamu bisa menggunakan cara mengoleskan  shampoo pada kulit kepala dengan memijatnya dengan perlahan. Lakukan ini selama 2 hingga 3 menit.

Shampoo sebaiknya dioleksan pada kulit kepala dan bukan digosok pada rambut (Foto: Pexels)

Saat kamu membilas rambut, maka shampoo juga akan mengalir ke seluruh batang rambut, jadi tidak perlu khawatir rambut tidak terkena efek dari shampoo.

Menggosok berlebihan dengan handuk

Setelah mandi, biasanya kita mengeringkan rambut dengan handuk. Sayangnya, kadang karena ingin cepat kering kita kadang menggosok rambut dengan berlebihan dan cenderung kasar.

Cara ini sebetulnya justru bisa membuat tekstur rambut jadi mudah rusak dan kasar. Cara yang benar adalah dengan menggosok secukupnya saja dan biarkan sisanya mengering sendiri secara alami.

Menggunakan hair dryer

Hair dryer memang sering digunakan untuk mengeringkan rambut dengan cepat dan mudah. Namun penggunaannya yang sering sebetulnya bisa merusak rambut. Udara panas yang keluar dari hair dryer bisa merusak lapisan kutikula rambut dan membuatnya justru tampak kusam.

Kalau dalam kondisi tertentu kamu harus menggunakan hair dryer, sebaiknya kamu mengatur suhu udaranya yang tidak panas dan sebaiknya juga tidak memakainya sering-sering.

hair dryer
Terlalu sering pakai hair dryer bisa merusak rambut (Foto: Pexels)

Menyisir rambut yang masih basah

Biasanya agar rambut lebih mudah diatur, kita langsung menyisir rambut saat rambut masih basah setelah keramas atau mandi. Dalam kondisi basah, batang rambut akan membengkak dan bila ditarik oleh sisir, ini justru akan membuat rambut jadi lebih cepat rapuh.

Kamu bisa menunggu hingga rambut kering dan kemudian menyisirnya dengan sisir yang tidak rapat atau cukup dengan jari tangan saja.

Mengikat rambut terlalu kencang

Salah satu kebiasaan orang yang memiliki rambut panjang adalah mengikatnya dengan kencang karena tidak ingin rambut berambut berantakan saat harus beraktivitas. Padahal dengan mengikat rambut maka akan terjadi tarikan pada batang rambut dan bila diikat terlalu kencang, maka tarikannya juga semakin kencang.

Akibatnya folikel (tempat tumbuhnya rambut)  akan rusak dan kulit kepala juga ikut tertarik sehingga menyebabkan rasa pusing dan sakit kepala. Bila ingin mengikat rambut, gunakan karet rambut yang elastis dan jangan menariknya terlalu kencang.

Mengikat rambut terlalu kencang akan membuat rambut cepat rontok (Foto: Pexels)

Mencabut rambut

Kadang kita mencabut batang rambut yang dianggap mengganggu karena mungkin bercabang sehingga merusak penampilan. Padahal dengan mencabut batang rambut bisa membuat akar rambut menjadi rusak dan rambut baru tidak bisa tumbuh lagi.

Untuk mengatasi rambut yang bercabang, ada baiknya kamu menggunakan shampoo atau tonik yang memang khusus untuk mengatasi rambut bercabang. Jadi bukan dengan mencabutnya.

Banyak hal yang saat ini sudah menjadi kebiasaan kita dan tanpa kita sadari justru merusak kesehatan rambut. Itu sebabnya kamu bisa mulai mengubah kebiasaan tersebut untuk membuat rambut lebih sehat dan cantik sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan khusus.

Visited 1 times, 1 visit(s) today