Ternyata ini Fungsinya Keringat Buat Kesehatan Kulit

olahraga

Keringat adalah salah satu mekanisme alami tubuh untuk mengatur suhu. Saat kita berolahraga, berada di bawah sinar matahari, atau merasa cemas, tubuh kita mulai mengeluarkan keringat.

Namun, apakah keringat juga memiliki manfaat lain, seperti membersihkan pori-pori? Kebanyakan orang menganggap keringat adalah hal yang buruk bagi kulit, seperti membawa kotoran dan mengganggu kesehatan kulit.

Tubuh kita memiliki sekitar 2 hingga 4 juta kelenjar keringat yang tersebar di seluruh permukaan kulit. Ada dua jenis kelenjar keringat: ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin ditemukan hampir di seluruh tubuh dan berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Kelenjar apokrin, di sisi lain, ditemukan di area dengan banyak folikel rambut, seperti ketiak dan pangkal paha, dan biasanya aktif selama masa pubertas.

Saat kita berkeringat, pori-pori kulit terbuka untuk melepaskan keringat. Ini membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil. Proses ini juga memungkinkan pengeluaran racun dan kotoran yang terperangkap di dalam kulit.

Sponsored Links

Keringat dan Pori-pori

Sementara pori-pori adalah lubang kecil di kulit yang memungkinkan keringat dan minyak keluar ke permukaan. Terkadang, pori-pori ini bisa tersumbat oleh kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati, yang dapat menyebabkan jerawat dan komedo. Ada teori yang menyatakan bahwa keringat bisa membantu membersihkan pori-pori dengan cara mengeluarkan kotoran yang terperangkap di dalamnya.

bahaya minuman isotonik
Keringat fungsinya bukan pembersih, namun untuk membantu jaga suhu tubuh (Foto: Xframe)

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa keringat itu sendiri bukanlah pembersih. Keringat mengandung air, garam, dan sejumlah kecil zat lainnya seperti urea dan asam laktat. Ketika keringat menguap dari kulit, kotoran dan minyak mungkin terbawa bersamanya. Namun, jika keringat dibiarkan mengering di kulit tanpa dicuci, hal ini bisa menyebabkan penumpukan kotoran dan bakteri, yang pada akhirnya bisa memperparah masalah kulit.

Manfaat Berolahraga dan Berkeringat

Olahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk merangsang produksi keringat. Selain manfaat kardiovaskular dan kebugaran umum, olahraga juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang membantu mengantarkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit. Ini bisa membantu kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

Setelah berolahraga, penting untuk membersihkan kulit dengan baik untuk menghilangkan keringat, kotoran, dan minyak yang mungkin telah keluar dari pori-pori. Menggunakan pembersih ringan dan air hangat dapat membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan mencegah penyumbatan.

Meskipun keringat bisa membantu membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran dari dalam kulit, keringat itu sendiri bukanlah solusi pembersih yang lengkap. Membersihkan kulit setelah berkeringat adalah langkah penting untuk mencegah penumpukan kotoran dan bakteri yang bisa menyebabkan masalah kulit. Olahraga dan aktivitas fisik tetap memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, asalkan diikuti dengan kebersihan kulit yang baik. Jadi, berkeringat bisa menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit yang sehat, tetapi tidak boleh diandalkan sebagai satu-satunya cara untuk membersihkan pori-pori.

Visited 5 times, 1 visit(s) today