Tidur di Samping HP Berbahaya Buat Kesehatan, Fakta atau Mitos?

tidur

Saat ini ponsel sudah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia sehari-hari. Berbagai aktivitas hampir semuanya dikaitkan dengan fungsi ponsel, bahkan sampai ketika kita tidur. Beberapa penelitian menegaskan bahayanya tidur di dekat ponsel. Namun apakah benar demikian?

Pada masa kini, telepon seluler atau biasa disebut HP merupakan alat yang hampir tidak bisa lepas dari keseharian kita. HP selalu dibawa kemanapun kita pergi, bahkan ketika kita akan tidur. 

Tapi kebiasaan tidur dengan hp berada di dekat tubuh kita ternyata tidak baik untuk kesehatan. Mengapa bisa begitu? Berikut ini adalah beberapa gangguan yang disebabkan karena kita tidur dengan jarak yang dekat dengan ponsel:

Menyebabkan sulit tidur

Cahaya biru atau blue light yang dipancarkan oleh HP dan gadgetlainnya memiliki panjang gelombang yang mirip dengan sinar matahari di siang hari.

Bila kita suka bermain HP sebelum tidur, hal ini dapat menyebabkan tubuh mengira bahwa hari masih siang dan menurunkan produksi hormon melatonin yang berperan untuk mengatur dan memberi sinyal pada tubuh kapan untuk tidur. Sehingga kita akan mengalami kesulitan untuk terlelap dan ritme sirkadian tubuh akan terganggu.

Ponsel menyebabkan kita sulit tidur (Foto: Pexels)

Kualitas tidur menjadi rendah

Bila kita tidur tanpa mengubah HP ke mode silent, maka suara notifikasi dapat mengganggu tidur kita dan membuat kita kesusahan masuk ke dalam fase deep sleep.

Selain itu, berdasarkan beberapa penelitian dari sejumlah institusi di Amerika Serikat dan Swedia menyebutkan bahwa paparan radiasi HP secara berkelanjutan menyebabkan penggunanya memasuki fase deep sleep dengan waktu yang lebih lama. 

Selain itu, penelitian dari Arab Saudi menyebutkan bahwa seseorang yang menggunakan HP lebih dari 8 jam sehari, menggunakan HP sebelum tidur, dan tidur dekat HP cenderung memiliki kualitas tidur yang rendah.

Kualitas tidur yang rendah akan membuat seseorang merasa mudah lelah, susah fokus, dan memiliki mood yang buruk ketika beraktivitas keesokan harinya.

Adanya risiko kebakaran

Ketika sedang melakukan pengisian daya, suhu baterai pada HP biasanya cenderung menjadi lebih panas daripada biasanya. Nah bila pengisian daya dilakukan ketika HP diletakkan di area yang mudah menyerap panas seperti kasur, bantal, dan selimut, suhu HP dapat menjadi jauh lebih panas.

Suhu yang panas ini dapat meningkatkan risiko menyebabkan luka bakar pada tubuh yang bersentuhan dengan HP dan bahkan luka yang lebih serius serta kebakaran rumah bila baterai HP berakhir meledak karena terlalu panas.

Potensi menyebabkan kanker

Walaupun WHO menyebutkan bahwa radiasi dari HP dapat berpotensi menyebabkan kanker (diduga kanker glioma dan tumor otak), namun sebenarnya masih belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa radiasi dari HP memang bisa menyebabkan kanker.

Hal ini disebabkan karena gelombang radiasi HP pada sinyal 2G, 3G, 4G dan 5G merupakan gelombang radiasi rendah yang memiliki kemungkinan sangat rendah untuk merusak DNA dan menyebabkan kanker.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya bila kita selalu berhati-hati dan bijak dalam menggunakan HP. Mulai sekarang, yuk biasakan untuk tidak bermain HP sebelum tidur dan menjauhkannya dari kasur ketika kita terlelap.