25 Tahun Ranch Market, Usung Komitmen Lebih Sehat dan Ramah Lingkungan

ranch market

Di bawah naungan PT Supra Boga Lestari, Tbk, kiprah Ranch Market di Indonesia telah berjalan selama 25 tahun. Tak hanya menyediakan berbagai keperluan untuk kebutuhan sehari-hari, Ranch Market kini berkomitmen dengan tema baru yang mengajak pelanggannya untuk hidup lebih sehat, seimbang dan membangun kesadaran ramah lingkungan.

Pada Kamis (19/10/2023), PT Supra Boga Lestari, Tbk merayakan kiprah Ranch Market yang sudah memasuki usia seperempat abad dalam memberikan layanan berbagai kebutuhan produk berkualitas premium untuk para pelanggan kelas menengah hingga atas.

PT Supra Boga Lestari, Tbk sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan ritel modern dan berdiri tahun 1997 dan mengawali debutnya dengan brand Ranch Market pada 1998. Melalui inovasi dan ekspansi, PT Supra Boga Lestari, Tbk kemudian berevolusi dengan beberapa brand baru, seperti Farmers Market, The Gourmet by Ranch Market, Pasarina by Ranch Market, dan Day2Day by Farmers Market.

Ranch Market Kemang (Foto: Dok. Ranch Market)

Sejak 2016, PT Supra Boga Lestari, Tbk juga telah merilis prgram loyalitas MyTRUST (TRUe STandard) yang kini bertrnasformasi menjadi “RANCH by Blibli Tiket” sebagai hasil kolaborasi dengan platform belanja digital Blibli.

Komitmen Gaya Hidup Seimbang dan Sehat

25 tahun memang bukan waktu yang sebentar. Maria Suwarni, Chief Marketing and Merchandising Officer (CMMO) PT. Supra Boga Lestari Tbk. menjelaskan apa saja yang sudah dilakukan Ranch Market dan menegaskan langkah-langkah strategis terbarunya.

“Merayakan ulang tahun ke-25 Ranch Market, kami mengusung tema ‘Fresh & Healthy Tomorrow’. Tema ini dirancang untuk menginspirasi pelanggan kami untuk tetap berkomitmen pada gaya hidup seimbang dan pelestarian lingkungan dengan mengkonsumsi bahan makanan yang sehat dan segar,” jelas Maria pada sesi jumpa media di Jakarta.

Maria Suwarni, Chief Marketing and Merchandising Officer (CMMO) PT. Supra Boga Lestari Tbk (kanan) pada saat konferensi pers 25th Anniversary Ranch Market

Di samping gaya hidup sehat yang kini menjadi tren, Ranch Market juga melirik pada isu ramah lingkungan yang kini tak kalah penting.

“Selain itu, kami juga mengadakan program Sustaining Our World for a Better Tomorrow, yaitu rangkaian program kepedulian kami terhadap lingkungan. Dimulai dengan disediakannya drop boks untuk sampah plastik di beberapa toko kami, dimana hasil limbah yang terkumpul dibuat menjadi Proyek Instalasi Seni “Tabur Daur” yang berkolaborasi dengan TacTic Art Group, dimana kami mendaur ulang total 8.000 potong limbah menjadi karya seni yang sekaligus memecahkan rekor MURI dalam perayaan ulang tahun Ranch Market ke 25 tahun ini.” tambah Maria.

Konsep Keberlanjutan Sejak Dini

Kolaborasi Ranch Market dengan TacTic Art Group rasanya harus mendapat apresiasi. Pasalnya, kemitraan ini juga menjalin kerjasama dengan ‘Sahabat Anak’ untuk mendidik anak-anak binaan mereka tentang limbah plastik dan memberdayakan mereka untuk menciptakan produk upcycled yang dapat dijual.

Ini sejalan dengan spirit PT Supra Boga Lestari, Tbk yang selalu berfokus pada pendidikan anak, keseimbangan lingkungan dan keberlanjutan.

TacTic Art Group sudah berdiri sejak tahun 2016 dan merupakan sebuah kelompok seni yang fokus pada kreativitas visual untuk mengolah sampah kantong plastik.

Tabur Daur, instalasi seni yang tercatat sebagai rekor MURI sebagai lukisan trerbesar dari sampah daur ulang

Karya seni ‘Tabur Daur’ hasil kolaborasi Ranch Market dan TacTic Art Group berakar dari banyak tradisi dan mitologi dari seluruh dunia yang dirangkum dalam pakem ‘Bapak Langit, Ibu Bumi’.

Bapak Langit dapat mewakili unsur-unsur seperti langit, cuaca, dan hal-hal di atmosfer, sedangkan Ibu Bumi mewakili tanah, alam, dan kesuburan. Keduanya melengkapi satu sama lain dalam menjaga keseimbangan alam semesta.

Karya ini berhasil tercatat pada Rekor MURI sebagai lukisan terbesar yang terbuat dari limbah sampah daur ulang.