5 Ide Maksimalkan Fungsi Rooftop Selama Adaptasi New Normal

Selama adaptasi New Normal, memiliki rumah dengan ruang terbuka adalah sebuah keuntungan. Namun bagaimana dengan lahan perkotaan yang terbatas? Sahabat Goodlife bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan rooftop

Ruang terbuka di dalam rumah memungkinkan sinar matahari bisa masuk secara maksimal. Selain itu, aliran udara di dalam ruangan juga akan semakin lancar. Hal itu tentu akan menekan virus atau bakteri berkembang biak di dalam rumah. 

Sayangnya, gak semua rumah punya ruang terbuka di dalamnya. Ini bisa disiasati dengan memaksimalkan fungsi teras kecil di rooftop atau atap datar di atas rumah. Jika selama ini rooftop hanya berfungsi sebagai room service untuk mencuci dan menjemur pakaian, coba deh untuk mengubah sedikit layout agar rooftop bisa dimaksimalkan sebagai area terbuka. 

Berikut 5 ide maksimalkan fungsi rooftop selama adaptasi New Normal. 

1. Ruang Berjemur 

Jangan hanya pakaian, orangnya juga harus berjemur di bawah sinar matahari. Seperti diketahui, berjemur di bawah sinar matahari membuat tubuh mendapatkan vitamin D yang berguna untuk pertumbuhan tulang. Vitamin D juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang, salah satunya untuk menangkal virus masuk ke tubuh. 

Alih-alih berjemur di depan rumah, Sahabat Goodlife bisa berjemur di rooftop yang lebih privat. Cukup dengan hanya menambahkan 1 atau 2 kursi untuk berjemur. Mudah kan? 

2. Urban Farming 

Urban farming juga menjadi pilihan banyak orang untuk mengisi waktu di rumah selama pandemi. Gak perlu lahan luas untuk melakukan hobi ini. Sahabat goodlife bisa memanfaatkan teras atau rooftop untuk bercocok tanam. Salah satunya dengan menggunakan sistem hidroponik sehingga gak memerlukan tanah. 

Cukup pasang instalasi hidroponik, yang saat ini sudah banyak dijual di marketplace, di area rooftop. Tanaman yang mendapat banyak sinar matahari pasti akan tumbuh lebih subur. Atau jika kamu termasuk pecinta tanaman hias, bisa meletakkan pot-pot tanaman dengan aneka ukuran di rooftop

Selain bisa menyalurkan hobi, membuat taman di rooftop juga bisa mengurangi panas matahari sehingga ruangan di bawahnya akan terasa lebih dingin. 

3. Area Olahraga

Meski beberapa pusat kebugaran sudah diperbolehkan dibuka untuk umum, namun akan lebih aman jika Sahabat Goodlife melakukan olahraga di rumah sendiri. Area rooftop bisa dimaksimalkan fungsinya sebagai area olahraga. 

Banyak yang bisa dilakukan di sini, seperti yoga, pilates, sepeda statis, atau treadmill. Olahraga di rooftop pasti akan memberikan suasana berbeda dengan udara yang lebih terbuka dan pemandangan yang luas dari atap. 

4. Ruang Keluarga 

Salah satu sisi positif dari pandemi ini adalah waktu berkumpul bersama keluarga menjadi lebih banyak. Jika bosan ngobrol di depan televisi, Sahabat Goodlife bisa mengajak seluruh anggota keluarga bersantai di rooftop saat sore atau malam hari sambil barbeque. Jadi gak usah ke restoran, kamu dan keluarga bisa merasakan serunya makan dengan suasana berbeda.

5. Memelihara Ikan 

Selain tanaman hias, selama pandemi orang juga semakin banyak yang memelihara ikan hias. Hobi memelihara ikan hias ini juga memberi dampak positif bagi kesehatan lho. 

Dikutip dari BBC orang yang memandang ikan di akuarium atau kolam selama 10 menit menunjukkan penurunan detak jantung yang signifikan, tekanan darah yang jauh lebih rendah, dan perubahan suasana hati menjadi lebih rileks. 

Jika memungkinkan, kamu bisa membuat kolam ikan di rooftop. Namun jika ingin yang lebih praktis, cukup meletakkan akuarium lalu mengisinya dengan berbagai ikan hias. 

Sponsored Links

Tips Menghias Rooftop 

Agar fungsi rooftop bisa maksimal, beberapa tips berikut ini bisa Sahabat Goodlife ikuti: 

1. Biarkan Terbuka 

Pemandangan luas dari rooftop adalah sesuatu yang harus dipertahankan. Jadi biarkan rooftop terbuka, apalagi jika berukuran terbatas agar memberikan ilusi lebih luas. 

Kamu bisa menambahkan material seperti kanopi atau payung besar untuk menghalau sinar matahari. 

2. Pagar Tanaman 

Jika ingin memberi sedikit privasi, kamu bisa membuat pagar dari tanaman. Selain bisa menghalangi pandangan orang luar, pagar tanaman juga membuat rooftop semakin segar tampilannya. 

3. Vertical Garden

Kamu juga mempertimbangkan untuk membuat vertical garden agar rooftop terasa lebih lapang. Untuk menghemat lahan, kamu juga bisa meletakkan tanaman hias pada rak bertingkat. 

4. Pencahayaan 

Pastikan di malam hari, area rooftop cukup terang terutama di area tangga. Untuk menambah kesan dramatis, kamu bisa meletakkan lampu taman di antara tanaman. 

5. Furniture Multifungsi 

Pilih furniture yang tahan cuaca luar ruangan dan multifungsi sehingga bisa mengakomodasi segala aktivitas yang kamu lakukan di sana, misalnya memilih kursi untuk berjemur, bersantai tetapi juga bisa digunakan untuk makan malam. 

Kalau hangout di rooftop sudah nyaman, pasti gak kepikiran untuk nongkrong di kafe atau di fasilitas umum lainnya, kan?

Visited 42 times, 1 visit(s) today