Ini Pentingnya Bonding dengan Anak Sebelum Tidur

anak keluarga

Menjelang tidur adalah salah satu waktu yang tepat untuk membangun bonding dengan anak. Orang tua bisa membacakan buku cerita, berdoa bersama, atau sekadar mendengarkan anak bercerita tentang perasaannya. Meski terlihat sepele, membangun bonding dengan anak sebelum tidur memiliki manfaat yang sangat besar bagi anak. Apa saja?

Menurut Kementerian Kesehatan RI, bonding adalah interaksi orang tua dan anak secara nyata, baik fisik maupun emosi. Bonding orang tua dengan anak bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti memberi kasih sayang, memberi pujian, memeluk, mendengarkan dan bermain bersama. 

Proses bonding orang tua dan anak ini tentu tidak bisa terbangun dalam waktu yang singkat, tetapi dibutuhkan proses yang konsisten setiap hari. Sayangnya, masih ada saja beberapa orang tua yang tak menyadari pentingnya membangun bonding dengan anak. 

Padahal, bonding yang kuat antara orangtua dan anak sangatlah penting karena akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Sponsored Links

Manfaat Bonding Orang Tua dan Anak

Memiliki bonding yang kuat antara orang tua dan anak adalah hal yang sangat penting dan berharga. Bukan saja untuk saat ini, tetapi juga untuk kehidupan anak ke depannya.

Berikut ini manfaat bonding orang tua dan anak:

Kepercayaan diri yang tinggi

Adanya bonding yang kuat antara anak dan orang tua akan membuat anak merasa aman dan percaya diri. Anak akan lebih percaya diri ketika menghadapi masalah, lebih kreatif, karena yakin selalu ada orangtua yang mendukung di belakang mereka.

Memiliki kecerdasan emosional

Bonding yang kuat dengan orang tua, membuat anak tidak mudah stres, bisa mengelola emosi dengan baik, serta memiliki rasa empati yang tinggi terhadap lingkungan dan orang lain. 

anak
Bonding yang baik bisa membuat anak lebih sehat emosional dan percaya diri (Foto: Pexels)

Perilaku sosial yang positif

Anak yang memiliki bonding yang kuat dengan orangtuanya membuatnya lebih berani berinteraksi dengan orang lain, mudah bergaul, memiliki empati yang tinggi sehingga lebih mudah diterima oleh teman-temannya.

Tidak mudah sakit

Dilansir dari Scientific America banyak penelitian menunjukkan kondisi mental yang terganggu seperti stres atau cemas, dapat mempengaruhi kesehatan fisik. Anak yang memiliki bonding yang kuat dengan orangtuanya cenderung memiliki kesehatan mental yang baik dan tidak mudah merasa stres. Hal itu juga mempengaruhi kesehatan fisik yang membuatnya tidak mudah jatuh sakit.

Memiliki prestasi akademik yang lebih baik

Anak yang dekat dengan orangtuanya cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi sehingga bisa memiliki nilai akademik yang lebih baik.

Pentingnya Bonding dengan Anak Sebelum Tidur

Menciptakan dan membangun bonding dengan anak bisa dilakukan kapan saja. Hal-hal sederhana seperti bermain bersama anak, memberi pelukan dan pujian, mendengarkan anak bercerita, melibatkan diri dalam kegiatan dan hobi mereka, atau berbicara tentang perasaan satu sama lain, termasuk kegiatan yang bisa menciptakan bonding orang tua dengan anak.

Namun, di antara waktu seharian penuh bersama anak, waktu sebelum tidur dinilai sangat penting untuk orangtua menciptakan bonding dengan anak. Pasalnya, waktu sebelum tidur biasanya anak dan orangtua sudah benar-benar dalam kondisi siap dan fokus hanya satu sama lain (tidak terdistraksi oleh pekerjaan atau aktivitas lain).

Waktu sebelum tidur juga waktu yang tepat untuk membangun bonding, di mana ruangan tidur adalah ruangan yang tenang sehingga kegiatan atau aktivitas apapun akan lebih berkesan dan menempel kuat di memori anak.

Beberapa aktivitas yang bisa menciptakan bonding orangtua dengan anak sebelum tidur, antara lain:

Membaca buku

Orangtua bisa memangku, memeluk, atau sambil memberi sentuhan pada anak selama sesi membaca buku cerita.

Menyikat gigi bersama

Selain bisa menciptakan bonding, kegiatan menyikat gigi bersama mengajarkan kemandirian dan keterampilan merawat diri sendiri.

Mendengarkan anak bercerita

Jika sepanjang hari orangtua memimpin percakapan, inilah saatnya anak yang diberi ruang untuk bercerita. Anak bisa bercerita tentang apa saja, misalnya harinya di sekolah atau bagaimana perasaannya. 

Pelukan selamat malam

Memberikan pelukan sambil mengucapkan kata-kata cinta akan membuat anak merasa lebih tenang dan bahagia.

Menciptakan bonding dengan anak sebelum tidur akan berpengaruh terhadap kualitas tidur anak dan orang tua itu sendiri. Mendapatkan tidur yang berkualitas tentu akan membentuk suasana hati dan kondisi fisik yang baik.

Visited 5 times, 5 visit(s) today