Mengenal “Energy Vampire”, Sikap Toksik Orang Lain yang Bikin Energi Kamu Terkuras

kerja stress

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering berinteraksi dengan berbagai jenis orang. Beberapa orang memberikan semangat, keceriaan, dan dorongan positif, sementara yang lain dapat merasa seperti mereka menguras energi positif kita.

Mereka sering disebut sebagai “Energy Vampire” atau vampir energi. Istilah ini menggambarkan individu yang cenderung memiliki sikap toksik yang secara tidak langsung mengganggu emosi, kesejahteraan, dan energi positif kamu.

Sebagai seorang energy vampire, seseorang memiliki kecenderungan untuk mengambil energi positif dari orang-orang di sekitarnya. Mereka mungkin memiliki berbagai cara untuk melakukannya, seperti terus-menerus mengeluh, memanipulasi, atau menciptakan konflik. Mereka juga sering menarik perhatian pada diri mereka sendiri dengan cara yang merugikan orang lain.

Wanita Memegang Kepala
Energy vampire bikin kamu jadi stres sendiri (Foto: Pexels)

Bagaimana? Kira-kira sudah bisa memperkirakan siapa saja orang-orang seperti ini di lingkungan kerjamu?

Salah satu bentuk perilaku energy vampire yang umum adalah mengeluh terus-menerus. Mereka selalu menemukan alasan untuk tidak bahagia dan membagikan keluh kesah mereka kepada siapa pun yang mau mendengarkan. Mendengarkan keluhan yang tak henti-hentinya ini bisa menguras energi kamu, dan kamu mungkin merasa terjebak dalam lingkaran negativitas yang sulit untuk keluar.

Misalnya: Kamu juga jadi ikut-ikutan mengeluh dengan alasan yang serupa meskipun apa yang dikeluhkan orang tersebut sebetulnya tidak beralasan.

Selain itu, energy vampire juga cenderung manipulatif. Mereka menggunakan manipulasi emosional atau psikologis untuk mendapatkan perhatian dan dukungan dari orang lain. Mereka mungkin berpura-pura tidak mampu menyelesaikan tugas-tugasnya sendiri atau memainkan peran korban dalam situasi tertentu. Hal ini dapat membuat kamu merasa terbebani secara emosional dan terjebak dalam permainan psikologis yang tidak sehat.

Selanjutnya, energy vampire sering menciptakan konflik di antara orang-orang di sekitarnya. Mereka menyebarkan rumor, menciptakan gosip, atau mencoba memecah belah hubungan antara teman, keluarga, atau rekan kerja. Hasilnya, atmosfer menjadi tegang dan hubungan menjadi rusak, yang pada akhirnya akan mengganggu kesejahteraan kamu dan orang-orang terdekatmu.

Pertanyaannya, apa yang keuntungan dari orang seperti ini ketika terjadi konflik di sekelilingnya? Bisa jadi tidak ada! Orang dengan energy vampire biasanya hanya menebar konflik untuk kesenangan pribadi semata. Umumnya, ia akan juga menyebarkan cerita ke orang lain bahwa lingkungan kerjanya penuh konflik dan drama. Padahal konflik tersebut tercipta karena dia sendiri.

Sponsored Links

Menghadapi si Energy Vampire

Menghadapi energy vampire bisa menjadi tugas yang sulit. Penting untuk mengenali perilaku ini dan belajar mengatur batasan yang sehat dalam interaksi dengan mereka. Berikut beberapa tips yang mungkin berguna:

Sadari dan kenali pola perilaku energy vampire

Perhatikan tanda-tanda sikap yang merugikan dan negatif dari seseorang. Jika kamu merasa terkuras energi setelah berinteraksi dengan seseorang secara konsisten, mungkin kamu sedang berurusan dengan seorang energy vampire.

Ketahui tanda-tanda orang dengan sikap energy vampire (Foto: Pexels)

Tetaplah berpegang pada nilai-nilai dan batasan pribadi kamu

Pastikan kamu memahami dan menjaga batasan yang sehat dalam interaksi dengan energy vampire. Jangan biarkan mereka memanipulasi atau mengambil alih emosi kamu. Tetap berpegang pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip pribadi kamu.

Jaga keseimbangan emosi kamu

Berusahalah untuk menjaga keseimbangan emosi kamu ketika berurusan dengan energy vampire. Jangan biarkan mereka menarik kamu ke dalam lingkaran negativitas mereka. Tetaplah tenang, sabar, dan fokus pada energi positif yang kamu miliki.

Temukan dukungan dari orang lain

Bicarakan pengalaman kamu dengan orang-orang terdekat, seperti teman atau keluarga. Mereka bisa memberikan perspektif dan dukungan yang berharga. Juga, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika kamu merasa sangat terganggu oleh energy vampire di kehidupan kamu.

Mengenali energy vampire dan mengelola interaksi dengan mereka adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan emosional kamu. Tetaplah fokus pada energi positif, dan jangan biarkan orang lain mengambilnya dengan sikap toksik mereka. Ingatlah bahwa kamu memiliki hak untuk menjaga kesejahteraan dan kebahagiaanmu sendiri.

Visited 7 times, 1 visit(s) today