26

OCT 19

Tim writer GoodLife

Ikan Kembung Ternyata Lebih Sehat Dari Salmon. Ini Faktanya!

Nggak kuat sering-sering beli salmon karena harganya mahal, coba deh beralih ke ikan kembung yang ternyata punya kandungan gizi lebih tinggi dari salmon. Nggak percaya? Simak nih fakta-faktanya!

 

Selama ini salmon populer sebagai ikan premium. Gimana nggak, harga per 200 gramnya aja bisa sampai Rp125 ribu. Soal rasa, daging salmon yang lembut dan tebal memang juara. Yang tambah bikin mahal, salmon termasuk ikan impor dan kandungan gizinya tinggi, terutama asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang bermanfaat memperbaiki kadar lemak dalam tubuh sehingga kadar kolesterol terjaga dan terhindar dari penyakit jantung serta komplikasinya, seperti stoke dan aritmia.

Selain itu jika kadar lemak dalam tubuh bagus, tubuh kita akan lebih fit dan tidak mudah lelah. Asam lemak omega-3 juga mencegah kerusakan pembuluh darah sehingga organ-organ tubuh lebih sehat.

Selain kaya omega-3, daging salmon yang kemerahan tinggi vitamin A dan kaya pigmen karotenoid astaxanthin sebagai antioksidan terbaik.

Namun lagi-lagi soal harga yang bikin orang jadi mikir berkali-kali untuk makan salmon. Kabar baiknya, ternyata ikan kembung yang mudah ditemui di Indonesia punya kandungan gizi bahkan lebih tinggi dibanding salmon. Sementara soal harga ikan kembung jauh lebih murah.

Kandungan protein, asam lemak omega-3, omega-6, omega-9, vitamin B12, vitamin D, fosfor, vitamin B2, vitamin B6, iodine serta zat besi pada ikan kembung lebih tinggi dibanding salmon. 

Dalam 100 gram ikan kembung mengandung 2,6 gram asam lemak omega-3, 2,3 gram lemak, 33 mg kolesterol, 21,4 gram protein, 112 kalori, 0,9 mg zat besi. 

Dalam 100 gram ikan salmon mengandung 1,4 gram asam lemak omega-3, 3,45 gram lemak, 52 mg kolesterol, 19,9 gram protein, 116 kalori, 0,77 mg zat besi.

Mau tahu lebih banyak keunggulan ikan kembung?

Cegah Diabetes

Selain bagus untuk jantung, kandungan asam lemak omega-6 dan omega-9 pada ikan kembung bermanfaat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh sehingga baik untuk mencegah diabetes.

Kesehatan Tulang

Kaya vitamin D yang baik untuk memaksimalkan penyerapan kalsium. Alhasil, kesehatan tulang dan gigi lebih terjaga.

Asupan Otak

Ikan kembung tinggi omega-3 dan DHA yang bermanfaat untuk memaksimalkan perkembangan otak, termasuk pada janin dan anak-anak, serta mengatasi gangguan-gangguan pada otak, seperti kesulitan konsentrasi, alzheimer, parkinson. 

Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9 mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung, stroke, aritmia.

>>>>

Menarikkan fakta-faktanya, Goodpeeps? Makanya, coba deh mulai sekarang gak usah malu makan ikan kembung kalau manfaatnya segitu banyak. Tipsnya, jangan digoreng terlalu lama karena malah bisa merusak kandungan asam lemak baiknya. Lebih baik dimasak dalam berbagai menu sehat yang enggak kalah enak, seperti ikan kembung pesmol, asam pedas, pepes, bumbu taoco, atau ikan kembung bakar bumbu bali.   

IKAN KEMBUNG VS IKAN SALMON MANFAAT IKAN KEMBUNG

Recommended Articles