Sering Dibuang Saat Bikin Icon Halloween, Biji Labu Kuning Ternyata Kaya Manfaat

pumpkin

Rasanya kurang lengkap kalau Halloween tanpa labu kuning yang diukir jadi wajah menyeramkan dan dijadikan lentera. Kepala menyeramkan dari labu kuning ini biasanya dijadikan pajangan sebagai icon Halloween. Tapi kali ini kita gak bahas soal kenapa labu kuning yang dipilih jadi icon Halloween tersebut ya, Sahabat Goodlife. Yang kita akan bahas justru soal biji dari labu kuning yang ternyata kaya manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

biji labu

Nah, untuk mendapatkan biji labu kuning ini, kamu gak perlu menunggu Halloween di mana untuk membuat lentera kepala menyeramkan, labu kuning harus dibuang sedikit bagian daging buahnya dan bijinya terlebih dahulu. Karena saat ini, biji labu kuning sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan dan siap dikonsumsi.

Biji labu kuning bisa dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam salad sayuran, semangkok muesli (campuran rolled oat dengan potongan buah, biji-bijian, kacang-kacangan), sebagai dressing sup atau dipanggang dengan oven selama 5-15 menit sehingga biji labu kuning jadi lebih crunchy dan enak dimakan sebagai camilan.

biji labu

Lalu apa aja sih manfaat mengonsumsi biji labu kuning untuk kesehatan?

Dilansir dari Healthline biji labu kuning memiliki kandungan nutrisi yang berharga. Dalam satu ons (28 gram atau sekitar 6 biji) biji labu tanpa cangkang mengandung sekitar 151 kalori, terutama dari lemak dan protein.

Selain itu, biji labu kuning juga mengandung serat, karbohidrat, vitamin K, E, dan B2 (riboflavin), serta fosfor, mangan, magnesium, zat besi, seng, antioksidan, asam lemak tak jenuh, kalium, dan folat.

Dengan kandungan tersebut, biji labu kuning memiliki manfaat untuk kesehatan, antara lain: 

1. Membantu Keseimbangan Gula Darah

Biji labu kuning kaya akan protein yang dapat dicerna untuk membantu menstabilkan kadar gula darah. Jika dikonsumsi secara rutin, biji labu kuning juga bersifat menurunkan gula darah dan meregulasi insulin sehingga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

2.  Menjaga Kesehatan Jantung

Biji labu kaya akan lemak sehat, serat, dan antioksidan sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam biji labu juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah.

Kandungan magnesium yang tinggi pada biji labu membantu mengatur tingkat tekanan darah. Kolesterol yang rendah dan tekanan darah yang baik adalah faktor penunjang untuk kesehatan jantung. 

3.  Memperkuat Imun Tubuh

Tingginya antioksidan dan vitamin E bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Dengan sistem imun tubuh yang kuat, bisa mengurangi kemungkinan resiko terkena infeksi virus yang dapat menyebabkan pilek, flu, dan penyakit lain terutama selama musim hujan.

4.  Menjaga Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi membuat biji labu kuning jadi pilihan camilan yang sehat karena bisa membuat kamu kenyang lebih lama sehingga membatasi keinginan untuk makan berlebihan.

5.  Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Biji labu kaya akan triptofan dan asam amino. Triptofan sudah sejak lama digunakan untuk mengobati insomnia karena tubuh mengubah triptofan menjadi serotonin, hormon yang membuat tubuh lebih rileks dan melatonin, hormon yang membantu kamu tidur lebih nyenyak.

6.  Meningkatkan Kualitas Sperma

Kadar seng yang rendah sering dikaitkan dengan penurunan kualitas sperma dan peningkatan resiko infertilitas pada pria. Kandungan seng yang tinggi pada biji labu kuning dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

Setelah mengetahui banyaknya manfaat biji labu kuning, yuk mulai sekarang masukkan biji labu kuning ke dalam menu harian kamu atau sebagai camilan yang sehat.

Visited 1 times, 1 visit(s) today