01

MAY 20

Tim writer GoodLife

Tetap Sehat Meskipun Makan Gorengan? Bisa, Ini Tipsnya

Goodpeeps, sudah memasuki minggu ke-dua bulan puasa, siapa disini yang tiap hari masih makan gorengan?

 

Hampir semua orang menyukai gorengan ya dan banyak makanan yang kita makan diolah dengan cara digoreng. Terlebih lagi di bulan puasa, hidangan berbuka yang berbasis gorengan pun menjadi hidangan utama. Padahal seperti yang kita ketahui seringmengonsumsi makanan yang digoreng tidak baik untuk tubuh kamu, karena bisa menimbulkan berbagai penyakit resiko seperti diabetes dan hipertensi serta menyebabkan kolesterol dan berat badan naik.

Apalagi sekarang ini penyakit diabetes dan hipertensi sedang marak dibicarakan, karena mempunyai resiko tinggi terhadap virus covid-19, konsumsi goreng-gorengan sangatlah harus diperhatikan.

"But i can’t stop eating!". Jangan kuatir, bukan berarti kamu harus berhenti makan gorengan,  Goodlife coba berikan tips agar bisa memakan gorengan dan tetap sehat, win win solution ya Goodpeeps, yuk simak caranya

 

1.  Makan sayuran dan rumput laut yang kaya akan serat

Makan gorengan perlu diseimbangi dengan makan makanan sehat. Untuk menekan penyerapan lemak dari makanan yang digoreng sebaiknya diseimbangi dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat agar membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. Contohnya dengan makan sayuran seperti lettuce dan kol, rumput laut, dan jamur.

 

2.  Makan dengan sup hangat

Tambahkan sup hangat sebagai menu pendamping makanan gorengan karena akan membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mengurangi resiko akibat konsumsi gorengan.

 

3.  Minum teh oolong

Teh oolong adalah minuman yang mampu menekan penyerapan lemak dan membakar kalori. Oleh karena itu teh oolong cocok untuk menemani kamu saat makan gorengan ketimbang air biasa.

 

4.  Pilih minyak yang tepat

Banyak alternative minyak yang lebih sehat untuk kamu gunakan menggoreng seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak bunga matahari dan minyak kelapa yang tidak mudah teroksidasi

 

5.  Tambahkan keju

Menambahkan keju parut sebagai bumbu makanan yang akan digoreng bisa membantu metabolisme lemak karena mengandung vitamin B2. Selain itu kamu tidak perlu tambahan saus lagi yang bisa menambah  jumlah kalori

 

6.  Pakai tisu dapur untuk meniriskan makanan

Tisu dapur mampu menyerap sisa-sisa minyak di makanan akibat menggoreng sehingga mengurangi jumlah minyak yang dikonsumsi

 

7.  Makan segera setelah digoreng

Minyak pada makanan yang digoreng akan teroksidasi jika didiamkan lama, oleh sebab itu sebaiknya jangan dibiarkan lama dan makan makanan yang digoreng segera

 

8.  Hindari pakai saus atau mayonais

Makan makanan yang digoreng mengandung kalori tinggi. Kalori akan semakin tinggi jika kita menambahkan saus atau mayonais, lebih baik menambahkan sedikit garam apabila kurang gurih

 

9.  Minum jus lemon

(image by : realfodforlife.com)

Jus lemon akan meningkatkan rasa gurih tanpa menambahkan kalori jika dikonsumsi sambil menyantap gorengan. Selain itu jus lemon bisa meningkatkan metabolism dan membakar karbohidrat serta lemak

 

10.  Makan di pagi hari

Sebaiknya makan makanan yang digoreng pada pagi atau siang hari karena pada waktu tersebut  kalori yang terbakar akan diubah menjadi energy untuk melakukan kegiatan sehari. Sebaiknya menghindari memakan gorengan di malam hari harena bisa memicu kenaikan berat badan. Wah semakin berat nih untuk makanan berbuka goodpeeps. 

 

Baca Juga:

Sebelum Makan Gorengan Saat Berbuka, Pastikan Kamu Membaca Ini...

Recommended Articles