Dari Selena Gomez hingga Park Shin Hye, Ini 5 Tips Hidup Sehat Ala Seleb!

Di balik dunia glamour yang dijalani, banyak selebriti yang tetap menerapkan gaya hidup sehat. Bukan hanya untuk mendapatkan penampilan yang maksimal tetapi juga demi kesehatan. Tips sehat dari para selebriti berikut ini layak Sahabat Goodlife coba lho. Karena, selain memang mudah diikuti, hasilnya juga sangat bagus untuk kesehatan.

Tya Ariestya – Tanpa Ngos-Ngosan dan Capek!

Tya Ariesty
Tya Ariesty (Foto: Instagram@tya_ariestya)

Sudah dua bulan belakangan ini Tya Ariestya selalu rajin mem-posting soal aktivitas jalan kakinya di akun Instagram pribadinya (@tya_ariestya). Ia sedang menjalankan program penurunan berat badan namun dengan cara yang mudah dan murah, yaitu jalan kaki santai selama 45 menit nonstop setiap hari. Hasilnya, ia berhasil menurunkan berat badan hingga 15 kg dalam dua bulan lebih. 

“Aku ngapain aja? Jalan centil 45 menit NONSTOP. Atur disiplin ontime waktu makan. Minum air 3 liter sehari. Istirahat 6 – 8 jam sehari. Pantangan makanan: Gula, Tepung, Minyak, Santen, Bumbu Kacang,” tulis Tya dalam salah satu postingan-nya.

“Kenapa (disebut) jalan centil karena memang jangan capek, gak perlu ngos-ngosan, ga boleh keringetan. (Dimulai dari yg ini dulu sih yg tercanggih menurut aku),” tulis Tya lagi.

Mantan atlet taekwondo ini tak lupa membagikan jadwal makannya sehari-hari:

Atur jam makan, kalo aku:

09.00 wib sarapan

12.00 wib makan siang

15.30 wib cemilan sore

19.00 wib makan malem

21.00 wib cemilan malem

Kalian bisa sesuain sendiri sama pola hidup masing2 ya. Diluar itu NO NGUNYAH, Dilarang cheating (makan telat, icus icip dan sejenisnya dinamakan cheating). Makan ontime di jam nya, toleransi hanya 5 menit sebelum & sesudah jadwal.

Tya

Dengan postingan tadi, Tya berharap bisa memberi semangat kepada mereka yang juga sedang berusaha untuk hidup lebih sehat dan menurunkan berat badan. 

Gak susah kalo emang mau, gak mahal kalo mau jalanin (gratis malah), gak ada yg gak bisa! Semua pasti bisa karena ini program sehat yg paling sehat. Kalau aku bisa, kamu juga pasti bisa!

Tya

Carrie Underwood – Buat Jurnal Makanan

Carrie Underwood (Foto: Instagram@carrieunderwood)

Salah satu trik diet yang sudah dijalani bertahun-tahun oleh Carrie Underwood adalah membuat jurnal makanan. Ia mencatat apa saja yang sudah ia makan menggunakan aplikasi MyFitnessPal.

Dengan begitu, ia bisa melacak semua makanan yang sudah ia makan, menghitung berapa kalorinya sehingga bisa membuat pilihan yang lebih baik dalam menu makanannya ke depan dan lebih memperhatikan apa yang sudah ia makan.

Sebelum membuat jurnal makanan, Carrie merasa seperti tidak ada sensor antara perut dan otaknya yang memberinya tanda bahwa ia sudah kenyang. Tapi dengan melihat jurnal catatan makanannya, ia lebih bisa untuk menahan diri untuk urusan makan.

Para peneliti di Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle juga menemukan bahwa perempuan yang rajin menulis jurnal makanan, baik dengan kertas dan pulpen maupun lewat aplikasi, bisa menurunkan 6 pon berat badan dibanding perempuan yang hanya berdiet saja.

Kebiasaan menulis jurnal makanan juga bisa lebih memotivasi kamu untuk menyantap makanan yang lebih sehat.

Park Shin Hye – Lompat Tali

Park Shin Hye (Foto: Instagram@ssinz7)

Aktris peran Korea Selatan, Park Shin Hye punya olahraga favorit yang sudah rutin ia lakukan sejak duduk di bangku SMA, yaitu lompat tali atau skipping. Menurutnya, lompat tali adalah olahraga yang bisa dilakukan di mana saja ketika berada di tanah datar.

Hobinya olahraga lompat tali terlihat ketika ia membintangi reality show di salah satu TV di Korea yang meminta ia melakukan olahraga apa saja untuk menaikkan denyut jantung. Park Shin Hye langsung memilih skipping.

Dikutip dari situs www.livestrong.com, lompat tali membakar sekitar 124 kalori hanya dalam 10 menit dan latihan lompat tali 10 menit dengan intensitas tinggi setara dengan joging selama 30 menit. Sementara itu, dalam table yang dirilis oleh www.health.harvard.edu, latihan lompat tali selama 30 menit membakar kalori setara dengan berlari 10 menit/mil, bersepeda 14-15.9 mil/jam, 30 menit berenang gaya dada, dan 30 menit latihan bela diri judo atau karate

Namun olahraga lompat tali ini sangat tidak disarankan bagi kamu yang memiliki obesitas. Dan ketika Sahabat Goodlife ingin melakukan olahraga lompat tali, pastikan menggunakan sepatu dan melakukan pemanasan sebelumnya ya.

Andrea Dian – Bareng Pasangan

Andrea Dian dan Bimo
Andrea Dian dan Ganindra Bimo (Foto: Instagram@andreadianbimo)

Andrea Dian dan suaminya, Ganindra Bimo sudah sering membagikan kebersamaan mereka ketika sedang nge-gym bareng di akun media sosial mereka masing-masing @andreadianbimo dan @ganindrabimo. Keduanya memang sama-sama menyukai olahraga. Gak heran, Dian, begitu pesinetron ini biasa disapa, memiliki tubuh yang proposional.

Menurut Dian, berolahraga dengan pasangan memang memberi semangat dan motivasi yang lebih kuat untuk konsisten menjalani latihan.

Efek positif olahraga bareng pasangan juga pernah diulas di www.psychologytoday.com, antara lain meningkatkan ikatan yang lebih kuat, meningkatkan efisiensi latihan, dan bisa saling memberi motivasi satu sama lainnya.

Selena Gomez – Mengunyah Jahe

Selena Gomez Carpool Karaoke

Siapa sangka Selena Gomez punya rahasia cukup unik untuk menjaga staminanya sehari-hari. Selena mengaku selalu memulai pagi harinya dengan sebotol minuman jahe, namun ia lebih suka mengunyah potongan jahe secara langsung. (2)

Hal itu ia ungkapkan ketika menjadi bintang tamu di acara Carpool Karaoke yang dipandu James Corden beberapa waktu lalu. Menurut Selena, jahe bisa membersihkan segala sesuatu yang buruk di dalam tubuh. 

Minuman jahe atau mengunyah jahe secara langsung, kata Selena, juga sangat baik untuk detoksifikasi dan memperkuat sistem imun tubuh.

Kira-kira, Sahabat Goodlife tertarik untuk mencoba tips hidup sehat dari seleb yang mana nih?