Awas! Bahaya ini Mengintai di Balik Bulu Mata Palsu yang Bikin Cantik

Wanita mana yang tidak ingin memiliki bulu mata lentik dan panjang? Sekarang, kamu bisa mendapatkannya dengan memasang bulu mata palsu atau eyelashes extension. Bikin cantik! Tapi, tetap ada risikonya terhadap kesehatan mata.

Bulu mata adalah pelindung utama mata yang sangat penting. Bulu mata pada dasarnya berfungsi untuk menjaga kotoran dan debu yang ada di udara untuk masuk mencapai bola mata.

Itu sebabnya bulu mata sifatnya sangat sensitif, sehingga jika ada suatu objek, sekecil dan seringan apapun berada di dekat mata, bulu mata yang terhubung dengan kelopak mata secara refleks akan menutup.

Namun saat ini, fokus bulu mata seringkali berubah untuk estetika dan kecantikan. Orang yang memiliki bulu mata alami yang pendek atau jarang, umumnya menginginkan bulu mata lentik, terlihat lebat, dan indah. Karenanya, pemakaian bulu mata palsu saat ini cukup banyak digemari.

Bulu mata yang lentik banyak diidam-idamkan wanita (Foto: Pixabay)

Bahaya Tersembunyi dari Bulu Mata Palsu

Meski secara kecantikan bulu mata palsu memiliki keuntungan tersendiri, namun ada juga bahaya tersembunyi dari memakai bulu mata palsu.

Hal itu karena mata sangat rentan terhadap bakteri atau kotoran. Kamu bahkan seharusnya tidak boleh menyentuh mata dengan tangan yang belum dicuci atau memakai kuas makeup yang kotor untuk menghindari cedera atau infeksi mata.

Jika kamu memakai bulu mata palsu atau sedang mempertimbangkan melakukan ekstensi bulu mata, penting untuk diketahui bahwa setiap kali ada benda asing di dekat mata, akan besar kemungkinan mata mengalami masalah.

Bulu mata palsu bisa menambah percaya diri namun tetap ada risikonya (Foto: Pixabay)

Berikut ini bahaya tersembunyi dari bulu mata palsu:

1.       Infeksi mata

Infeksi dapat terjadi ketika kotoran, debu, dan bakteri berkumpul di bawah perekat bulu mata dan pada helai bulu mata palsu itu sendiri. Ini bisa meningkatkan risiko bakteri dan kotoran berbahaya masuk ke mata.

Infeksi juga dapat terjadi karena lupa membersihkan kelopak mata setelah mencabut bulu mata palsu. Infeksi ini bisa menyebabkan mata merah dan peradangan kelopak mata.

2.       Risiko reaksi alergi

Kamu mungkin alergi terhadap beberapa bahan yang digunakan untuk membuat bulu mata palsu dan meningkatkan risiko alergi seperti iritasi, gatal-gatal, atau bercak kemerahan.

3.       Cedera mata

Menempatkan benda sekecil apapun di dekat mata selalu berisiko mencederai kornea mata. Misalnya helaian bulu mata palsu yang rontok kemudian mengiritasi kornea atau sisa perekat yang masuk ke dalam mata sehingga menggores kornea mata.

4.       Kerusakan pada bulu mata alami

Terlalu sering memasang dan melepas bulu mata palsu berikut dengan perekatnya akan menyebabkan bulu mata asli rontok atau bahkan hilang permanen. Ekstension bulu mata juga bisa merusak folikel rambut, yang pada akhirnya bisa membuat bulu mata asli gagal tumbuh kembali.

Solusi terbaik untuk menghindari risiko masalah mata adalah dengan tidak memakai bulu mata palsu. Tetapi jika kamu memang membutuhkannya, cobalah tips berikut ini.

  • Memakai produk bulu mata palsu yang berkualitas.
  • Jangan terlalu banyak perekat yang digunakan.
  • Jangan terlalu keras saat melepas bulu mata palsu.
  • Bersihkan kelopak mata setelah melepas bulu mata.
  • Pastikan dilakukan oleh ahli atau orang yang sudah berpengalaman.

Tidak ada salahnya menggunakan bulu mata palsu untuk meningkatkan penampilan agar lebih percaya diri. Namun kamu juga harus mempertimbangkan dampak buruknya untuk kesehatan mata. Karena mata yang sehat juga merupakan bagian dari penampilan yang baik.