Cek di Sini: 5 Aplikasi Berbasis AI yang Bikin Kamu Makin Rajin Hidup Sehat

teknologi

Di era digital ini, teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) telah merambah berbagai aspek kehidupan, termasuk kesehatan.

Aplikasi berbasis AI kini hadir untuk membantu kamu menjalani hidup yang lebih sehat dengan lebih mudah dan efisien. Beberapa aplikasi ini dapat membantu kamu dalam mengelola pola makan, memantau aktivitas fisik, serta memberikan saran medis dan informasi kesehatan yang terpercaya.

Apa saja aplikasi tersebut?

1. MyFitnessPal

MyFitnessPal adalah salah satu aplikasi yang memanfaatkan AI untuk membantu kamu mengelola pola makan dan aktivitas fisik. Aplikasi ini memiliki database makanan yang luas, memungkinkan kamu melacak asupan kalori dengan mudah. Dengan bantuan AI, MyFitnessPal dapat memberikan rekomendasi nutrisi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kesehatanmu.

MyFitnessPal tersedia dalam versi gratis dengan fitur dasar yang cukup lengkap. Namun, ada juga versi berbayar dengan fitur tambahan seperti analisis makronutrien yang lebih mendalam dan rencana latihan yang lebih terperinci.

2. Fitbit

Fitbit adalah aplikasi yang bekerja sama dengan perangkat wearable yang mengukur berbagai aktivitas fisik dan kesehatan tubuhmu. Dengan menggunakan AI, Fitbit dapat memantau detak jantung, pola tidur, aktivitas harian, dan bahkan tingkat stres. Data yang dikumpulkan akan dianalisis untuk memberikan rekomendasi personalisasi guna meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Aplikasi Fitbit dapat diunduh secara gratis, tetapi untuk mendapatkan akses penuh ke fitur premium seperti laporan kesehatan mendetail dan program pelatihan yang dipersonalisasi, kamu perlu berlangganan Fitbit Premium.

3. Healthily

Healthily adalah aplikasi kesehatan yang menggunakan AI untuk memberikan saran medis dan informasi kesehatan yang terpercaya. Kamu dapat memasukkan gejala yang kamu alami, dan AI akan memberikan penilaian awal serta rekomendasi tindakan yang harus diambil. Healthily juga memiliki fitur pelacakan kesehatan dan artikel kesehatan yang diperbarui secara berkala.

Healthily menawarkan layanan gratis dengan akses ke sebagian besar fitur, tetapi ada juga pilihan berlangganan untuk mendapatkan manfaat tambahan seperti akses ke dokter dan ahli gizi melalui aplikasi.

4. Noom

Noom adalah aplikasi yang menggunakan AI untuk membantu kamu menurunkan berat badan dan membangun kebiasaan hidup sehat. Noom fokus pada aspek psikologis dari perilaku makan dan kebiasaan hidup, memberikan pelatihan dan dukungan yang dipersonalisasi. AI di Noom mempelajari kebiasaanmu dan memberikan program yang disesuaikan untuk mencapai tujuan kesehatanmu.

Noom adalah aplikasi berbayar, namun menawarkan uji coba gratis selama 14 hari. Setelah uji coba, kamu perlu berlangganan untuk melanjutkan penggunaan layanan premium.

5. Ada

Ada adalah aplikasi medis yang menggunakan AI untuk membantu kamu memahami kondisi kesehatanmu. Kamu dapat menjelaskan gejala yang kamu alami, dan Ada akan menganalisis informasi tersebut untuk memberikan penilaian kesehatan yang mendalam. Aplikasi ini juga memberikan saran tentang langkah-langkah selanjutnya yang bisa diambil.

Ada bisa diunduh dan digunakan secara gratis, tetapi ada beberapa fitur premium yang bisa diakses dengan berlangganan.

Visited 48 times, 3 visit(s) today