Perlu Gak Sih Pakai Personal Trainer di Gym?

olahraga

Olahraga di gym memang menarik, karena selain peralatannya yang lengkap, gym juga merupakan tempat dimana kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang memang berorientasi pada gaya hidup sehat. Selain itu gym juga memiliki personal trainer (PT) yang siap membantu bila dibutuhkan. Tapi, seberapa perlu jasa PT saat kita olahraga di gym?

PT punya peranan besar dalam sebuah gym. Seorang PT biasanya akan senantiasa memberi panduan dan mendampingi peserta gym dalam setiap sesi olahraganya. Beberapa gym memberikan panduan PT secara gratis selama beberapa hari bagi anggota yang baru bergabung. Setelahnya, biasanya anggota gym bebas menentukan apakah akan melanjutkan jasa PT yang ditawarkan atau tidak.

Beberapa alasan orang enggan menggunakan jasa PT di gym adalah:

  • Menambah biaya
  • Merasa tidak perlu karena tidak ingin olahraga yang berat
  • Olahraga jadi tidak bebas
  • Takut tidak kuat mengikuti latihan yang dirancang PT
Sponsored Links

Pentingnya Personal Trainer

Padahal jasa seorang PT tetap dibutuhkan dalam berolahraga di gym. Namun sebelum kamu memutuskan untuk memakai jasa PT, sebaiknya kamu juga perhatikan hal berikut:

  • Apa tujuan ikut gym
  • Berapa sering datang ke gym
  • Program latihan yang dibutuhkan
  • Berapa biaya yang dibutuhkan
olahraga trx
Personal trainer bisa membantu kamu untuk lebih optimal dalam berolahraga (Foto: Xframe)

Menggunakan jasa PT memang akan membutuhkan biaya lebih mahal. Itu sebabnya kamu harus paham dulu apa tujuan kamu ikut gym. Kalau memang hanya untuk berolahraga ringan saja dan mencari suasana baru agar tidak bosan olahraga di rumah, mungkin kamu tidak butuh jasa PT.

Nah, berikut ini manfaat yang bisa berguna buat kamu kalau menggunakan jasa PT

Memahami yang kamu butuhkan

Mungkin kamu hanya ingin kurus atau mengecilkan perut saja untuk ikut gym. Tapi dengan jasa PT, kamu bisa mendapat wawasan yang lebih baik lagi dan tidak sekadar mengecilkan perut saja. Misalnya, kamu bisa menambahnya dengan menguatkan otot perut atau tidak hanya bikin kurus saja, tapi juga menguatkan otot.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan porsi latihan dan jenis olahraga yang sesuai dan memang kamu butuhkan.

Olahraga lebih personal

Biasanya, pemula di gym masih bingung harus menggunakan alat yang mana lebih dulu. Dan sering juga kamu tidak tahu cara menggunakannya dengan benar. Dengan jasa PT kamu akan diarahkan untuk menggunakan alat-alat yang memang kamu butuhkan dan cara melakukan latihannya dengan gerakan yang benar.

Fokus pada target

Pentingnya jasa seorang PT adalah akan membantu kamu untuk tetap fokus pada target yang sudah ditentukan. Misalnya kamu ingin pembentukan otot yang lebih merata, maka selama sesi latihan akan diarahkan dengan latihan yang sesuai.

Tanpa jasa PT mungkin kamu akan kebingungan untuk mencapai target harus menggunakan alat yang mana dan apa saja latihan yang dibutuhkan.

Lebih mudah mengubah gaya hidup

Seorang PT juga akan memberikan masukan dan arahan terkait gaya hidup sehat, seperti porsi dan pola makan yang baik dan lain-lain. Dengan latihan yang intensif bersama PT dan arahan-arahan yang sesuai, akan lebih mudah buat kamu untuk mengubah gaya hidup jadi lebih sehat.

Denagn bantuan PT kamu juga bisa lebih mudah dalam mengubah pola hidup jadi lebih sehat (Foto: Pexels)

Kamu Butuh PT Jika…

Mungkin saat ini kamu masih bingung juga akan menggunakan jasa PT atau tidak. Berikut ini adalah kondisi dimana kamu sebaiknya menggunakan jasa PT:

Pemula

Baru mulai olahraga di gym pastinya akan bingung mau latihan apa dan bagaimana cara gunakan peralatannya. Disinilah kamu membutuhkan PT agar kamu paham jenis olahraga apa yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Olahraganya itu-itu saja

Banyak anggota gym yang pada akhirnya hanya melakukan olahraga dengan peralatan yang itu-itu saja. Inilah yang mungkin akhirnya membuat kamu bosan. Dengan menggunakan PT kamu bisa mendapatkan arahan untuk variasi gerakan dan peralatan yang digunakan, jadi latihan terasa lebih menyenangkan.

Latihan tak membawa hasil

Kamu bisa latihan di gym setiap hari, tapi kalau ternyata tidak membuahkan hasil yang optimal, pastinya kamu salah dalam gerakan atau jenis latihan yang dipilih. Itu sebabnya bantuan seorang PT sangat dibutuhkan agar latihan kamu lebih efektif.

Riwayat cedera dan penyakit

Kalau kamu punya riwayat cedera, seperti cedera otot atau tulang, sebaiknya kamu menggunakan PT untuk mengarahkan gerakan yang aman. Begitu juga kalau misalnya ada riwayat sakit jantung. Tentu akan bahaya kalau olahraga di gym tanpa panduan PT.

Visited 216 times, 1 visit(s) today