Begini Cara Akali Food Craving dengan Makanan Sehat tapi Tetap Lezat

makanan

Salah satu kebiasaan buruk dalam menjaga kesehatan adalah food craving, dimana kita sangat ingin menyantap makanan yang umumnya tidak sehat berkali-kali.

Food craving atau keinginan untuk mengonsumsi makanan tertentu memang sering kali sulit dihindari. Terlebih lagi, biasanya yang diinginkan adalah makanan yang kurang sehat, seperti makanan tinggi gula, garam, atau lemak. Namun, bukan berarti kamu harus menyerah dan mengabaikan pola makan sehatmu. Berikut ini adalah beberapa trik untuk mengakali food craving dengan makanan sehat yang tetap lezat.

1. Penuhi Kebutuhan Gizi Harianmu

Salah satu alasan mengapa kamu sering mengalami food craving adalah karena tubuhmu sebenarnya kekurangan nutrisi tertentu. Misalnya, jika kamu menginginkan cokelat, bisa jadi tubuhmu membutuhkan magnesium. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang-kacangan, biji-bijian, atau sayuran hijau gelap. Pastikan juga kamu mendapatkan asupan protein, serat, dan lemak sehat yang cukup setiap harinya.

2. Ganti Camilan dengan Versi Sehat

Camilan seperti keripik, permen, atau kue bisa diganti dengan pilihan yang lebih sehat namun tetap lezat. Misalnya, jika kamu menginginkan sesuatu yang renyah, coba buat keripik dari sayuran seperti kale atau wortel yang dipanggang. Jika menginginkan sesuatu yang manis, buah-buahan segar atau kering bisa menjadi pilihan yang sempurna. Buah-buahan seperti apel, anggur, atau pisang tidak hanya manis, tetapi juga kaya akan serat dan vitamin.

Buah-buahan segar bisa jadi pengganti makanan manis (Foto: Pexels)

3. Buat Smoothie yang Kaya Nutrisi

Smoothie bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengatasi craving, terutama jika kamu menginginkan sesuatu yang manis. Kamu bisa membuat smoothie dengan campuran buah-buahan, sayuran, dan tambahan protein seperti yogurt atau susu almond. Untuk rasa yang lebih kaya, tambahkan juga sedikit biji chia atau flaxseed yang kaya akan omega-3 dan serat. Smoothie tidak hanya lezat, tetapi juga sangat menyehatkan dan mengenyangkan.

4. Eksperimen dengan Rempah dan Bumbu

Rempah dan bumbu bisa mengubah rasa makanan menjadi lebih lezat tanpa menambah kalori atau bahan yang tidak sehat. Misalnya, tambahkan kayu manis pada oatmeal atau yogurt untuk rasa manis alami. Untuk makanan gurih, coba tambahkan bumbu seperti paprika, bawang putih, atau jahe. Dengan sedikit eksperimen, kamu bisa menemukan kombinasi rempah dan bumbu yang membuat makanan sehatmu menjadi lebih nikmat.

5. Sediakan Stok Makanan Sehat di Rumah

Pastikan kamu selalu memiliki stok makanan sehat di rumah agar tidak tergoda untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat. Beberapa makanan sehat yang bisa kamu simpan antara lain buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan yogurt. Dengan memiliki persediaan makanan sehat, kamu akan lebih mudah mengendalikan food craving dan memilih makanan yang lebih baik untuk tubuhmu.

6. Perbanyak Minum Air

Sering kali, kita salah mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar atau craving. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk makan camilan, cobalah minum segelas air terlebih dahulu. Air bisa membantu mengurangi rasa lapar dan craving, serta menjaga tubuh tetap terhidrasi. Jika air putih terasa membosankan, kamu bisa menambahkan irisan lemon, mint, atau buah lainnya untuk memberi rasa segar.

7. Nikmati Makanan Sehat Secara Perlahan

Mengonsumsi makanan secara perlahan dan menikmati setiap gigitannya bisa membantu kamu merasa lebih puas dan mengurangi craving. Ketika kamu makan dengan perlahan, otak akan memiliki waktu untuk menerima sinyal kenyang dari perut, sehingga kamu tidak akan makan berlebihan. Selain itu, menikmati makanan secara perlahan juga membuatmu lebih sadar akan rasa dan tekstur makanan, yang bisa meningkatkan kepuasan makanmu.

Mengakali food craving dengan makanan sehat memang memerlukan sedikit usaha dan kreativitas, tetapi hasilnya sepadan dengan kesehatan tubuhmu. Dengan mencoba trik-trik di atas, kamu bisa tetap menikmati makanan lezat tanpa harus mengorbankan pola makan sehat. Selamat mencoba!

Visited 9 times, 1 visit(s) today