Butuh Healing? Yuk Datang ke Indonesia Anime Con (INACON) 2024

event

Penggemar Anime semakin banyak di Indonesia. Itu sebabnya berbagai acara terkait hal ini gencar digelar, salah satunya adalah Indonesia Anime Con (INACON).

Industri kreatif Indonesia semakin berkembang, dengan kontribusi 7,4% terhadap PDB nasional dan nilai ekonomi melampaui Rp 1.300 triliun. Untuk mendukung pertumbuhan ini, Panorama Media mengadakan Indonesia Anime Con (INACON), bagian dari rangkaian acara Indonesia Comic Con, yang kini diadakan dua kali setahun.

Indonesia Anime Con akan berlangsung pada 15-16 Juni 2024 di ICE BSD Hall 9 & 10. Andita Puteri Tirtawisata, Direktur Panorama Media, menyatakan bahwa acara ini diharapkan bisa menyamai kesuksesan Indonesia Comic Con yang sudah berlangsung selama tujuh tahun.

Sponsored Links

Merayakan Budaya Pop Asia

Acara ini adalah selebrasi budaya pop Asia yang bertujuan mempromosikan dan mengembangkan industri kreatif di Indonesia, serta menyatukan penggemar, kreator, dan merek dalam satu tempat. Indonesia Anime Con akan menghadirkan ratusan exhibitor dengan produk terbaru dan promosi eksklusif, serta berbagai program menarik seperti movie panel, Cosplay Championship, kompetisi gaming, talkshow dengan Vtuber, peluncuran merek, dan After Dark Performance. Lulu Anwar, Project Manager INACON 2024, menyatakan bahwa acara ini akan menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi semua pengunjung.

Pada edisi kali ini, INACON bekerja sama dengan beberapa IP lokal terkenal seperti INFIA, Sekuya, Shikisan, dan Jiva Animation untuk memajukan industri kreatif Indonesia. Rizki Pangarso dari INFIA berharap kolaborasi ini bisa menjadi inspirasi bagi kreator lokal untuk terus berkarya.

INACON 2024 juga akan menampilkan budaya Indonesia (Foto: Dok. INACON 2024)

Indonesia Anime Con akan menjadi ajang bagi pelaku dan penggemar budaya pop dengan beberapa pilar yaitu komik, film, lifestyle, musik, dan mainan. Fanmate dan Dunia Games mensponsori zona cosplay serta kompetisi Fanmate Coswalk dan ICL (Indonesia Cosplay League), dimana pemenang akan mewakili Indonesia di GICOF, Korea Selatan. Kompetisi ICGP (Indonesia Cosplay Grand Prix) juga akan diadakan, dengan pemenang mewakili Indonesia di WCS, Jepang.

Gak Cuma Cosplay

Selain kompetisi cosplay, Lokapala, game lokal ternama di Indonesia, juga akan mengadakan kompetisi gaming. Pelaku industri gaming lainnya seperti Square Enix, Sekuya, RRQ, Unipin, Arcanum, Dunia Games, dan lainnya juga akan berpartisipasi, menunjukkan pesatnya perkembangan industri gaming di Indonesia.

Di pilar film, komik, dan musik, Indonesia Anime Con bekerja sama dengan production house dan studio animasi untuk movie panel. Hololive, JKT48V, AKA Virtual, dan MUSE juga akan menghadirkan Vtuber dan voice actor. AKSI akan mengadakan sesi battle drawing, dimana komik artis Indonesia memamerkan talenta dan kreativitas mereka. Ada juga YouTube Music Night yang ditutup oleh After Dark Performance, menampilkan karya pemusik dan performer Indonesia.

Indonesia Anime Con juga akan menampilkan Rizal Mantovani dalam movie panel untuk berdiskusi mengenai film terbarunya, “Pusaka”, bersama para aktor film tersebut. MUSE akan menghadirkan voice actor Indonesia dalam animasi “I Was Reincarnated as the 7th Prince”. Cosplayer internasional seperti Vann, Sally, dan MinHo juga akan hadir dan menjadi juri di cosplay championship.

Untuk pecinta Vtuber, Hololive akan menghadirkan Ayunda Risu, Moona Hoshinova, Pavolia Reine, dan Vestia Zeta. AKA Virtual akan membawa Karissa Sharlotte, Violetta Calytrix, dan lainnya. JKT48V juga akan hadir dengan Tana Nona, Pia Meraleo, dan Kanaia Asa.

Komik artis yang akan hadir termasuk Benishoga, Meaw, Savenia, Maghfirare, Soyatu, dan lainnya. Musisi seperti DJ H.L.D.N, Anikuma, Hiroaki Kato, dan Tereza dari YouTube Music Night juga akan tampil, dengan penutupan oleh Weird Genius dan JKT48.

Acara ini didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia melalui Indonesiana TV sebagai official sponsor. TipTip, sebagai eksklusif ticketing partner, Good Day sebagai Official Drink Partner, Oxygen sebagai Official Internet Partner, dan berbagai brand lain juga turut mendukung.

Indonesia Anime Con akan menjadi ajang yang menghubungkan komunitas kreatif di Indonesia dan merayakan budaya pop Asia. Jangan lewatkan selebrasi ini pada 15-16 Juni 2024 di ICE BSD Hall 9 & 10. Tiket dapat dibeli melalui www.indonesianaimecon.com.

Visited 16 times, 1 visit(s) today