Diet Tanpa Olahraga, Efektif untuk Turunkan Berat Badan?

sahur buka puasa

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan berlebih, seperti olahraga dan diet yang banyak dilakukan. Tapi, memang butuh komitmen untuk bisa menjalankan keduanya. Lalu, apabila cuma melakukan diet saja tanpa olahraga teratur, efektifkah untuk bikin badan jadi langsing dan lebih sehat?

Pada prinsipnya, menurunkan berat badan hanya dengan melakukan diet berarti kamu hanya fokus untuk mengatur jumlah asupan kalori yang masuk. Sedangkan olahraga sebetulnya berfungsi sebagai pembakar kalori. Jadi, keduanya sering dikombinasikan untuk mendapatkan berat badan yang lebih ideal.

Melakukan diet saja tanpa aktivitas olahraga memang bisa dilakukan, mengingat dalam kondisi tertentu mungkin ada orang yang tidak bisa melakukan olahraga secara maksimal dan hanya bisa mengandalkan diet saja. Misalnya, kamu baru sembuh dari sakit dan badan masih terasa amat lemas, tapi harus sudah mulai mengatur makanan agar tidak berlebihan.

Yang perlu kamu ketahui adalah bahwa diet bukan berarti sekadar tidak boleh makan makanan tertentu. Diet juga bukan hal menyiksa yang akan bikin kamu kelaparan, karena diet pada dasarnya adalah pengaturan pola makan, bukan semata-mata menghilangkan jatah makanan saja.

diet tanpa olahraga
Diet tanpa olahraga bisa dilakukan untuk kondisi tertentu. (Foto: Xframe)
Sponsored Links

Cara Diet Tanpa Olahraga

Kalau memang kondisi kamu hanya bisa untuk mengoptimalkan diet, cara-cara ini bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan.

Banyak makan sayuran

Sayuran banyak mengandung serat dan air. Artinya, ini akan membuat kamu lebih cepat kenyang dan melancarkan proses pencernaan agar metabolisme tubuh jadi lebih baik. Jadi, kamu tidak perlu konsumsi kalori yang sangat banyak untuk bisa merasa kenyang lebih lama. Beberapa sayuran yang bikin kamu merasa kenyang lebih lama adalah:

  • Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang cukup banyak untuk membuat kamu tetap terhidrasi selama hampir seharian. Selain itu, mentimun juga merupakan sumber dari vitamin B dan C yang bisa membantu menjaga imun kamu.

  • Daun selada

Daun selada memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Ditambah dengan kandungan airnya yang juga tinggi bisa membuat kamu merasa lebih segar.

  • Wortel

Meskipun sepintas terkesan padat dan kurang air, wortel justru mengandung banyak cairan yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. 

mengolah wortel
Wortel adalah sayuran yang punya sifat mengenyangkan. (Foto: Pexels)

Cukup waktu tidur

Banyak orang menyepelekan soal waktu tidur dan pada akhirnya mengalami gangguan kesehatan karena kurang tidur. Kurangnya waktu tidur bisa memicu rasa lapar dan bahayanya, juga bisa berisiko untuk konsumsi makanan yang tidak sehat. 

Perbanyak minum air putih

Dengan memperbanyak minum air putih, kamu juga bisa sekaligus mengurangi kebiasaan minum minuman manis yang mengandung banyak kalori. Jangan lupa untuk minum air putih juga sebelum makan karena bisa membantu kamu menjaga porsi makan agar tidak berlebihan. Minum 2 gelas (sekitar 500 mililiter) air putih kira-kira 30 menit sebelum makan agar lambung terisi sedikit dan membuat kamu merasa tidak terlalu lapar saat waktu makan tiba.

Di waktu senggang, kamu juga bisa mengganti kebiasaan ngemil kamu dengan minum air putih saat kamu merasa lapar. Alih-alih konsumsi cemilan atau junk food, minum air putih juga membuat kamu lebih sehat.

Jangan makan buru-buru

Makan dengan lebih lambat bermanfaat untuk memberi waktu pada tubuh untuk memberikan sinyal ke otak bahwa lambung sudah terisi dan kamu sudah merasa kenyang. Kondisi ini juga akan membuat otak lebih responsif untuk memberi sinyal ketika kamu makan berlebihan.

makanan penyebab bau badan
Makan lebih lambat bisa memberi dampak untuk menjaga berat badan. (Foto: Xframe)

Olahraga atau Tanpa Olahraga?

Dalam hal menurunkan berat badan, jika kamu dalam kondisi normal, sebaiknya memang memilih untuk melakukan diet dan juga olahraga. Ini penting karena olahraga bisa menjaga perkembangan massa otot yang akan melemah saat asupan nutrisi berkurang karena diet. 

Turunnya berat badan pada saat diet tanpa olahraga juga bukan berarti itu mutlak karena hilangnya lemak, tapi bisa juga karena kepadatan otot dan tulang yang berkurang. Sedangkan lemak mungkin hanya berkurang sedikit saja.

Olahraga juga sebetulnya berguna sebagai pendukung diet apabila secara tak sengaja kamu menyantap kalori dengan sangat banyak. Dengan olahraga, kalori berlebih yang masuk ke tubuh akan bisa langsung digunakan sebagai energi dan berkurang lebih cepat.

diet tanpa olahraga
Olahraga tetap dibutuhkan sebagai pendamping diet. (Foto: Xframe)

Olahraga dengan teratur juga bermanfaat untuk mengurangi stress dan membuat waktu tidur kamu menjadi lebih berkualitas. Ini artinya kamu bisa terhindar dari kekurangan istirahat yang membuat metabolisme tubuh jadi kacau dan bisa memicu rasa lapar. 

Menurunkan berat badan menjadi lebih ideal memang perlu. Tapi jangan lupa bahwa tujuan dari punya berat badan ideal itu bukan sekadar penampilan, tapi juga tubuh yang lebih sehat. Untuk itu ada baiknya kamu tetap menyertakan olahraga di samping diet yang kamu jalani agar hasilnya lebih efektif.

Visited 1 times, 1 visit(s) today