Selalu Sibuk Kerja, Ini Pola Makan yang Cocok untuk Kamu

pola makan sibuk kerja

Kesibukan dalam pekerjaan sering membuat lupa waktu dan mengganggu waktu makan. Tentu saja ini akan berdampak untuk kesehatan. Supaya kondisi tubuh tetap terjaga di tengah kesibukan yang padat, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Salah satunya dengan pola makan yang sesuai.

Biasanya, kesibukan sering dijadikan alasan untuk tidak menjaga pola makan dan cenderung memilih makan dengan pola tidak teratur. Padahal dengan menjaga pola makan yang sehat, kondisi fisik kamu akan lebih siap dalam menghadapi kesibukan setiap hari.

Menjaga pola makan yang sehat di tengah kesibukan juga bukan hal yang sulit, kamu bisa memulainya dengan beberapa langkah berikut ini:

Biasakan sarapan

Ada anggapan keliru yang mengatakan bahwa karena kesibukan, melewatkan sarapan adalah hal yang biasa. Padahal dengan melewatkan sarapan, kamu justru akan bermasalah dengan beberapa hal berikut:

  • Produktivitas kerja

Karena tidak ada asupan nutrisi yang cukup, maka kamu akan sulit untuk berkonsentrasi dan akibatnya adalah produktivitas kamu akan turun. Kamu harus ingat bahwa untuk bekerja lebih optimal, otak juga membutuhkan glukosa. Bila kebutuhan ini tidak dipenuhi, maka akan mengganggu fungsi kognitif pada otak. 

  • Meningkatnya hormon stress

Hormon stress atau hormon kortisol akan mengalami peningkatan sepanjang hari bila kamu tidak sarapan. Kondisi tubuh yang kekurangan nutrisi dan meningkatnya kortisol diketahui bisa memicu timbulnya sindrom metabolik, yaitu kondisi sekelompok gangguan kesehatan yang terjadi bersamaan.

Sementara dengan sarapan teratur dan rutin, kamu bisa merasakan manfaat seperti meningkatkan mood, lebih produktif dan bisa konsentrasi lebih baik. Namun sarapan jangan asal kenyang. Sebaiknya kamu memilih menu yang memiliki nutrisi seimbang, seperti karbohidrat dan protein. Dengan begitu, kamu bisa merasa kenyang hingga waktu makan siang tiba.

Sarapana dalah langkah penting sebelum mengawali aktivitas di pagi hari (Foto: Xframe)

Minum air putih yang cukup

Kesibukan kadang membuat kamu lupa untuk minum air putih secara berkala. Padahal dengan minum air putih sesuai dengan kebutuhan per hari, banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu rasakan untuk mendukung aktivitas kamu, seperti:

  • Meningkatkan daya ingat
  • Menjaga suasana hati
  • Meredam sakit kepala
  • Baik untuk sirkulasi pencernaan

Biasakan untuk minum air putih 2 liter per hari dan bila karena kesibukan kamu merasa kurang minum air putih, kamu bisa dapatkan pengganti cairan dari sayuran dan buah, seperti semangka dan bayam.

Kurangi makan junk food dan makanan kemasan

Meskipun lebih ringkas dan cepat dimakan, namun junk food dan makanan kemasan mengandung banyak zat yang kurang baik untuk kesehatan, seperti pengawet dan gula tambahan. 

Sebisa mungkin, pilihlah makanan yang diolah dengan lebih sehat, seperti direbus, kukus atau tumis. Hindari juga makanan yang dimasak dengan deep fried karena kandungan kalorinya yang sangat tinggi.

Jangan makan berlebihan

Salah satu kebiasaan buruk saat kita sedang sibuk adalah menunda waktu makan dan makan sebanyak-banyaknya begitu ada waktu. Alasannya adalah karena dengan makan sekaligus banyak bisa membuat rasa kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar. Padahal rasa kenyang yang lama tidak bergantung pada sebanyak apa kamu makan, tapi pada kandungan nutrisi makanan.

Makanan seperti nasi merah, roti gandum, telur, kacang kedelai, salmon dan wortel memiliki nutrisi yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, makan berlebihan justru mendatangkan berbagai masalah, seperti naiknya gula darah, meningkatnya penimbunan lemak, mengganggu kinerja ginjal, hingga mengacaukan metabolisme tubuh.

Berhentilah makan saat kamu merasa sekitar 80% kenyang. Bila masih ingin tambah makan lagi, tunggulah sekitar 10 menit sebelum melanjutkan makan untuk memberi waktu pada proses pencernaan di perut.

Ilustrasi Makan Berlebih, Kenyang
Makan berlebih justru akan menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan (Foto: Xframe)

Hindari minum kopi berlebih

Kopi memang berguna untuk membuat kamu lebih terjaga dan aktif. Namun kopi juga bisa membuat kamu lebih cepat dehidrasi karena kopi juga bisa mempercepat keluarnya cairan dalam tubuh dalam bentuk urine.

Cukup konsumsi kopi sebanyak 1 hingga 2 cangkir sehari dengan sedikit atau tanpa gula. Hindari penggunaan bahan tambahan seperti susu kental manis atau krimer yang bisa membuat kandungan kalori jadi lebih tinggi.

Kesibukan yang tinggi jangan sampai terganggu dengan kondisi tubuh yang kurang prima akibat pola makan yang salah. Terlebih lagi kalau kesibukan jadi alasan terjadinya penyakit yang berat akibat pola makan tidak teratur. Kesibukan sebetulnya  bisa diimbangi kesehatan yang baik dengan membiasakan diri melakukan pola makan yang benar.

Visited 1 times, 1 visit(s) today