Gak Harus Minum Obat, 9 Jenis Makanan ini Bisa Redakan Mual Secara Alami

sakit

Mual bukan suatu penyakit, melainkan gejala dari kondisi tertentu, misalnya tidak tahan aroma sesuatu atau mabuk perjalanan. Daripada minum obat mual, yuk konsumsi makanan berikut yang bisa meredakan rasa mual.

Rasa mual dimulai dari otak, di mana pemicu mual merangsang sistem saraf, yang menyebabkan otot perut bekerja secara tidak teratur dan membuat kamu merasa mual dan ingin muntah.

Pemicu mual sangat beragam, seperti:

  • Mabuk perjalanan
  • Sedang merasa stres atau gugup
  • Mencium aroma yang menyengat atau tidak sedap
  • Terlalu banyak makan atau kekenyangan
  • Gejala awal kehamilan
  • Sakit maag
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • alergi
  • Infeksi saluran pencernaan

Makanan yang Bisa Hilangkan Mual

Rasa mual terkadang bisa hilang dengan sendirinya. Namun bisa juga bertahan cukup lama dan membuat kita tidak nyaman dan merasa lemas.

Pertolongan pertama ketika merasa mual adalah sebisa mungkin berada di ruangan terbuka sehingga memungkinkan kita mendapatkan udara segar, ubah posisi tubuh dan usahakan jangan berbaring, serta minum air putih.

Untuk membantu meredakan rasa mual, kamu juga bisa mengonsumsi makanan berikut ini.

1. Jahe

Dalam pengobatan tradisional, jahe sudah terkenal ampuh meredakan rasa mual. Menurut penelitian, jahe mengandung senyawa bioaktif seperti gingerol, paradol, dan shogaol, yang bisa berinteraksi dengan sistem saraf pusat dan perut untuk meredakan rasa mual.

Jahe bisa redakan rasa mual (Foto: Pixabay)

Jahe aman digunakan untuk mual pada ibu yang sedang hamil muda. Kamu bisa menyeduh sepotong kecil jahe untuk diseduh dan diminum dalam keadaan hangat. Permen jahe juga bisa menjadi pilihan yang lebih praktis untuk redakan mual.

2. Biskuit

Saat mual, orang cenderung sensitif dengan makanan beraroma tajam. Namun jika membiarkan perut kosong, itu juga semakin memperparah mual. 

Biskuit dengan rasa asin bisa membantu meredakan rasa mual sekaligus mengisi perutmu agar tidak kosong. Kelebihan lainnya, biskuit tidak berbau tajam sehingga bisa menenangkan perut yang mual.

3. Pisang

Pisang adalah camilan padat gizi yang mudah dimakan bahkan saat kamu sedang mual. Kandungan nutrisi pisang juga bisa menjadi sumber energi untuk tubuhmu agar tidak lemas karena mual.

Kelebihan lainnya, pisang membantu menggantikan potasium, yang berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh, yang mungkin hilang ketika kamu muntah atau diare.

Selain bisa redakan mual, pisang juga padat nutrisi dan sumber energi yang baik (Foto: Pixabay)

4. Apel

Kandungan serat yang tinggi pada apel bisa membantu menghilangkan racun di saluran pencernaan, yang mungkin menyebabkan rasa mual itu timbul. 

Sebaiknya, pilih apel merah, bukan apel hijau yang cenderung asam dan semakin memperparah rasa mual.

Dengan memakan apel, perut akan lebih tenang dan kenyang sehingga menghilangkan rasa resah dan gelisah kamu akibat mual.

5. Makanan Dingin

Makanan dingin umumnya tidak berbau menyengat yang bisa memicu rasa mual lebih parah. Selain itu, makanan dingin juga bisa memberikan rasa lebih nyaman saat di mulut dan tenggorokan sehingga kita bisa menerimanya meski saat sedang mual.

Pilihan makanan dingin yang bisa kamu coba saat mual antara lain es krim, buah-buahan dingin, atau yogurt.

Es krim membuat nyaman dan rasa senang sehingga bisa mengatasi mual (Foto: Pixabay)

6. Sari Jeruk Lemon

Lemon mengandung asam penetral yang membantu meredakan mual. Sari jeruk lemon juga merangsang air liur di mulut yang juga bisa membantu meredakan mual. Campurkan sari jeruk lemon dengan air hangat untuk diminum.

Tak hanya rasanya, aroma lemon juga bisa meredakan mual. Jika tidak punya minyak esensial lemon, kamu bisa memotong lemon segar menjadi dua lalu hirup aromanya.

7. Mint

Menghirup aroma mint dari daun peppermint segar atau minyak esensial peppermint bisa mencegah dan meredakan mual. 

Kamu juga bisa menyeduh teh peppermint lalu minum dalam keadaan hangat untuk meredakan kejang pencernaan dan menghilangkan rasa mual.

Saat perjalanan jauh, kamu bisa menyimpan permen peppermint untuk konsumsi ketika merasa mual akibat mabuk perjalanan.

8. Kacang-Kacangan

Rasa mual juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan protein. Pilihan camilan kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, atau pistachio saat ampuh untuk meredakan mual. 

Kacang-kacangan memberi energi dan protein yang membuat rasa mual mereda atau bahkan hilang. 

Kacang punya protein yang tinggi dan bisa mengurangi rasa mual (Foto: pixabay)

9. Kentang 

Makanan hambar, tidak beraroma, dan tidak berwarna bisa menjadi pilihan yang baik saat mual karena lebih mudah ditoleransi oleh perut.

Kentang adalah salah satu contoh makanan bertepung yang mudah disiapkan dan tinggi kalori yang bisa kamu konsumsi saat mual.

Kentang bisa direbus, dikukus, dipanggang, atau dibuat kentang tumbuk dengan tambahan sedikit mentega untuk menambah kalori.

Mual memang bukan suatu penyakit namun tetap saja bisa memberikan rasa tidak nyaman. Agar rasa mual tidak sering muncul, sebaiknya ubah pola makan dalam porsi kecil namun sering, jangan berbaring setelah makan, makan secara perlahan, dan jaga kebersihan mulut.