Kunyit Putih dan Sederet Manfaatnya Buat Kesehatan

herbal kunyit

Selama ini kita mungkin mengenal kunyit dengan warnanya yang kuning sebagai bumbu masakan. Namun sebetulnya dunia herbal juga sejak lama mengenal kunyit putih yang diketahui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Kunyit putih dikenal dengan sebutan Curcuma zedoaria dalam bahasa Latin. Ini adalah sejenis tanaman rimpang (tumbuh menjalar di bawah permukaan tanah) yang aslinya diketahui berasal dari India, Sri Lanka dan Bangladesh. 

Di Indonesia sendiri, sudah sejak lama kunyit putih dikenal sebagai salah satu ramuan untuk minuman herbal. Di pasaran, kunyit putih biasanya dijual dalam bentuk serbuk atau dikeringkan. Sebagai minuman herbal, kunyit putih umum digunakan sabagi salah satu bahan membuat jamu. 

Kunyit putih lebih dikenal sebagai ramuan dalam minuman herbal (Foto: Pixabay)

Lalu, apa sih bedanya kunyit putih dengan kunyit kuning yang sering kita jadikan bumbu masak? Perbedaan paling terlihat adalah dari warnanya dimana kunyit putih terlihat lebih terang mirip jahe dan kunyit kuning lebih gelap dan pekat. Dari rasa, kunyit putih terasa pahit dan tidak terlalu pedas, sedangkan kunyit kuning terasa pahit dengan rasa pedas seperti merica.

Kunyit putih merupakan sumber dari nutrisi yang bersifat antioksidan, anti inflamasi, antibakteri dan anti jamur. Itu sebabnya kunyit putih juga punya segudang manfaat buat kesehatan, seperti:

Mengatasi kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) memiliki sifat buruk pada tubuh, yaitu menumpuk pada dinding arteri dan akhirnya menyempitkan aliran darah. Tentu saja ini berbahaya kalau didiamkan.

Kunyit, baik kunyit putih maupun kuning mengandung kurkumin, senyawa yang bersifat antioksidan, antibakteri dan anti inflamasi. Senyawa inilah yang bisa mengendalikan kadar kolesterol jahat pada tubuh. 

Menurunkan demam

Kunyit putih memiliki ekstrak etanol yang yang bisa digunakan untuk menurunkan demam dan meredakan rasa nyeri. 

sakit
Kunyit putih bisa menurunkan demam (Foto: Pixabay)

Mengurangi risiko kanker

Kunyit putih memiliki senyawa yang bernama zumbone dan dikenal memiliki sifat anti kanker yang bisa menangkal penyebaran beberapa jenis sel kanker, seperti kanker ovarium, kanker payudara dan leukemia.

Obat anti alergi

Buat kamu yang punya alergi khususnya terhadap jenis makanan tertentu, kunyit putih mengandung senyawa kurkuminoid yang bersifat anti alergi dan diketahui bisa mengatasi gejala alergi pada kulit.

Senyawa kurkuminoid bekerja menghambat aktivitas protein penyebab peradangan dan mencegah pelepasan histamin, zat yang memicu terjadinya alergi.

Penawar racun akibat gigitan ular

Beberapa jenis ular memiliki racun yang bahkan efeknya mematikan. Kunyit putih mengandung senyawa yang bersifat anti racun sehingga diketahui bisa menghambat aktivitas bisa ular.

Kunyit putih memang dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Itu sebabnya penelitian terhadap kunyit putih masih terus dilakukan dan dikembangkan.

Kamu sendiri bisa mulai mengonsumsi kunyit putih dengan berbagai cara, misalnya melalui olahan jamu. Selain kunyit putih, jamu juga menggunakan bahan herbal lain untuk meningkatkan kesehatan tubuh, jadi ada baiknya kamu mulai mencobanya sekarang.

Visited 2 times, 1 visit(s) today