Gak Kalah Kualitas, Perlengkapan Olahraga Brand Lokal Diminati di Sportaways

sepatu bola Ortus

Musim pandemi jangan sampai menghalangi kamu untuk tetap berolahraga ya Sahabat Goodlife. Kamu masih bisa tetap memilih olahraga yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Seperti para konsumen Sportaways nih yang tetap semangat berolahraga. 

Sponsored Links

Olahraga Di Rumah Aja

Salah satu founder Sportaways, M. Fahrian Agam, menuturkan di awal Covid-19 merebak di Indonesia, penjualan perlengkapan olahraga memang sangat turun drastis. 

“Mungkin karena di awal pandemi, masyarakat lebih concern ke alat kebersihan dan kesehatan. Tapi kemudian mulai banyak pembeli yang mencari perlengkapan olahraga di Sportaways untuk jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti matras yoga, barbell, pakaian olahraga, perlengkapan gym, elastic band, alat bantu push up,” kata Agam yang menyebut mereka juga aktif mengajak follower-nya di media sosial untuk melakukan challenge juggling, push up, atau olahraga lain yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Agam melihat masyarakat semakin berminat berolahraga untuk menghadapi New Normal ini. Sportaways pun meluncurkan campaign New Normal New Hope dengan mengajak dan merekomendasikan masyarakat untuk tetap melakukan olahraga di rumah. 

sportaways produk kettler
produk Kettler (Foto: Sportaways)

Menghadapi New Normal mulai banyak yang membeli perlengkapan sepeda seperti botol minum, tas, helm, topi, dan sepatu olahraga umum. Saat bulan puasa lalu, penjualan perlengkapan badminton juga meningkat. Mungkin karena olahraga ini termasuk bisa dilakukan bersama keluarga, berdua dan dengan jaga jarak yang aman.

Agam
sportaways produk Li Ning
produk Li Ning (Foto: Sportaways)

Produk Lokal Berkembang

Sportaways memang menyediakan seluruh perlengkapan olahraga, meski awalnya mereka hanya mengkhususkan sebagai toko perlengkapan football dan futsal. “Awalnya bernama Kandang Bola Sport. Kemudian di tahun 2017 kita re-branding jadi Sportaways yang menyediakan semua perlengkapan olahraga mulai dari tenis, voli, badminton, basket, pokoknya olahraga secara general,” cerita Agam.

Saat itu, mereka memutuskan membuka toko di Depok dengan alasan lokasi yang dekat dengan kampus mereka, Universitas Indonesia. 

Market kita awalnya juga mahasiswa. Di sana kan banyak universitas makanya kita pilih buka toko di Depok. Barang-barang di Sportaways 70-80% adalah produk lokal dan sisanya produk internasional. Awalnya kita tidak ada rencana untuk lebih fokus ke produk lokal sih tetapi karena kita melihat produk lokal berkembang dan memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan produk internasional tetapi dari segi harga sangat terjangkau, dari situ kita mulai concern dengan produk lokal.

Agam
sepatu bola Specs
sepatu bola Specs (Foto: Sportaways)

Beberapa brand lokal yang tersedia di Sportaways antara lain Specs, Piero, Ortuseight, 910, Eagle, dan Hooligans. Semua kebutuhan olahraga pun tersedia di sini mulai dari pakaian olahraga untuk futsal dan yoga, sepatu futsal, running shoes, sepatu badminton, sepatu basket, peralatan olahraga mulai dari matras, bola, raket, kacamata renang, hingga asesoris seperti topi, headband, handband, tas, helm, rompi hingga pelindung lutut.

Sukses dengan toko ini, Sportaways juga berjualan secara online. Agam menceritakan bahwa pembeli mereka dari toko online, selain dari Indonesia juga sudah berasal dari beberapa negara seperti Belanda, Malaysia, Brunei Darussalam, Taiwan. “Penjualan online akan menjadi backbone kita ke depannya,” ujarnya.

Kembali bicara tentang kualitas produk lokal, “Pembeli dari Belanda itu pelatih futsal, beli sepatu brand lokal dari kita untuk dipakai pemain-pemain futsal profesional di sana,” jelas Agam.

sepatu futsal Specs
sepatu futsal Specs (Foto: Sportaways)

Untuk menunjang penjualan online, Sportaways memiliki programmer inhouse khusus untuk mengembangkan website. Salah satunya, dalam waktu dekat ini mereka akan meluncurkan fitur lelang di mana para atlet bisa melelang barang-barang koleksi miliknya.

Karena kita tahu kan, saat pandemi seperti ini banyak atlet ikut terdampak secara pendapatannya. Jadi kita adakan fitur ini supaya bisa membantu mereka. Sebelumnya kita juga sudah pernah menjual koleksi-koleksi sepatu atau bola dengan tanda tangan asli atlet dan hasilnya kita sumbangkan, nominalnya lumayan besar.

Agam

Ayo! Berolahraga

Agam melihat antusias masyarakat untuk tetap berolahraga sangat tinggi, apalagi saat menghadapi New Normal seperti saat ini. Dan demi mengikuti protokol kesehatan, Sportaways pun mengeluarkan produk baru berupa masker dengan nama brand mereka sendiri. 

“Jadi kita tetap mendorong masyarakat untuk tetap berolahraga dengan tidak melupakan protokol kesehatan,” ujar Agam.

masker Sportaways
masker (Foto: Sportaways)

Nah, enggak ada alasan lagi untuk skip olahraga kan, Sahabat Goodlife? (Sri Isnaeni)

Visited 57 times, 1 visit(s) today