Gak ke Salon, Ini 3 Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah Selama PSBB!

Rambut udah terlalu panjang, bikin gatal dan gerah? Meski beberapa salon dan barbershop sudah ada yang buka tapi tetap aja Sahabat Goodlife harus waspada terpapar Virus Covid-19. Nah, supaya aman, bagaimana kalau potong rambut sendiri di rumah?

Dalam kondisi normal, rasanya untuk mencoba potong rambut sendiri di rumah, gak akan pernah terlintas di pikiran kita ya. Tapi selama pandemi ini, pergi ke salon atau barbershop juga membuat kita berisiko tertular virus yang belum ada obatnya ini. Sementara kita sudah gak betah dengan rambut yang sudah terlalu panjang.

Solusinya? Yuk, kita potong rambut sendiri di rumah. Saat ini sudah banyak kok di YouTube atau media sosial lainnya tutorial cara potong rambut sendiri di rumah. Dari sekian banyak tutorial itu, Goodlife pilihkan untuk kamu yang mudah untuk dipraktekkan di rumah.

1. Potongan Simpel Untuk Cowok

Alat yang harus kamu sediakan antara lain mesin alat cukur, sisir, dan dua buah cermin. Sebelum bercukur sebaiknya basahkan rambut dan dikeringkan setengah kering agar lebih mudah melihat presisi potongan rambut.

Untuk potong rambut sendiri, sebaiknya pilih gaya rambut yang simpel. Kamu bisa mulai mencukur dari bagian jambang kanan, ke atas dan belakang telinga, bagian atas tengkuk kemudian hingga ke bagian jambang kiri. Posisikan mesin alat cukur di angka 6 mm untuk layer pertama ini.

Kemudian ubah mesin alat cukur ke angka 12 mm untuk layer kedua atau layer di atas layer cukuran pertama tadi. Lakukan mencukur dari arah bawah ke atas atau berlawanan dengan tumbuhnya rambut. Setelah layer kedua, jika dirasa perbedaannya terlalu mencolok, kamu bisa mencukur di antara dua layer tadi dengan mesin cukur di angka 9-10 mm.

Setelah bagian bawah sudah dicukur, saatnya merapikan rambut di bagian atas. Jepit sedikit rambut dengan dua jari kamu, jari telunjuk dan jari tengah, lalu tentukan seberapa pendek rambut yang kamu inginkan. Khusus bagian rambut atas, potong menggunakan gunting ya Sahabat Goodlife.

Lakukan memotong rambut bagian atas hingga semua bagian terpotong hampir sama pendek. Jika sudah selesai, cuci rambut dan periksa kembali kerapihannya. Kamu bisa melihat bagian belakang kepala menggunakan pantulan dua cermin.

Learn to Cut Your Own Hair At Home

2. Potong Pendek Model Rata

Seperti cowok, potongan rambut yang simpel juga disarankan untuk cewek yang ingin potong rambut sendiri di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satunya potong pendek dengan model rata, yang banyak tutorialnya di YouTube.

Pertama, bagi dua rambut untuk sisi kanan dan kiri, lalu masing-masing diikat dengan karet. Posisi ikatan karet disesuaikan dengan panjang-pendek rambut yang ingin kamu potong. Lalu potong rambut tepat di atas ikatan karet dengan gunting. Pastikan kamu menggunakan gunting rambut yang tajam ya. Voila, rambut kamu sudah terpotong dengan model rata.

CARA MEMOTONG RAMBUT SENDIRI DI RUMAH | DIY HAIR CUTTING | Yuny Isnaini

3. Potong A-Line Bob

Kalau kamu ingin memotong rambut tapi ingin sedikit ada aksen, bukan hanya potong rata aja, mungkin bisa coba potong gaya A-Line Bob. Caranya, ikat rambut menjadi 3 bagian, yaitu bagian belakang, sisi kanan depan, dan sisi kiri depan.

Yang pertama, potong ikatan rambut bagian belakang tepat di bawah karet ikatan. Sesuaikan panjang-pendek rambut yang kamu inginkan. Kemudian potong ikatan rambut sisi kanan dan kiri.

Oleh karena model A Line Bob, maka potong ikatan rambut sisi kanan dan kiri lebih panjang dibanding potongan ikatan rambut belakang. Agar lebih aestetik, kamu bisa potong ikatan sisi kanan dan kiri dengan cara diagonal.

How to cut an a line bob

Penasaran pengin potong rambut sendiri? Yuk dicoba. Selain bisa menurunkan risiko terpapar Covid-19, potong rambut sendiri di rumah juga lebih hemat dan jadi pengalaman baru yang seru.