Greek Yoghurt vs Yoghurt Biasa, Apa Bedanya?

Greek yogurt

Sudah sejak lama yogurt dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Yogurt juga sangat mudah dijumpai di pasar swalayan dari berbagai merek dan jenis. Ya, saat ini, selain jenis yogurt biasa, tersedia juga greek yogurt. Kamu pasti sudah pernah lihat di rak pendingin di swalayan kan? Atau malah kamu sudah sering mengonsumsi greek yogurt? Lalu apa bedanya yogurt biasa dan greek yogurt? 

Kalau kamu sudah pernah mencoba yogurt dan greek yogurt, pasti bisa membedakannya. Greek yogurt memiliki tekstur yang lebih kental seperti cream.

Jika dilihat dari bahannya, kedua jenis yogurt sama-sama menggunakan susu dan kultur bakteri yang sama (streptococcus thermophilus dan lactobacillus bulgaricus). Bakteri ini yang kemudian akan memfermentasi laktosa dalam susu dan menghasilkan asam laktat.

Meski dari bahan utama yang sama, yogurt biasa dan greek yogurt memiliki kandungan yang berbeda. Hal ini terjadi karena proses pembuatannya yang sedikit berbeda.

Sponsored Links

Tiga Kali Penyaringan

Setelah proses fermentasi, whey cair disaring untuk dipisahkan dari yogurt padat. Yogurt biasa disaring dua kali sehingga masih tersisa cairan di produk akhirnya. Sedangkan greek yogurt disaring tiga kali sehingga sebagian besar cairannya dibuang. Proses inilah yang membuat greek yogurt lebih creamy dan memiliki rasa asam yang lebih kuat.

Karena tekstur greek yogurt lebih konsentrat, kandungan proteinnya pun lebih tinggi dibanding yogurt biasa. Hal ini karena protein tertinggal dalam yogurt padat selama proses penyaringan. 

Sebaliknya, greek yogurt memiliki nutrisi yang lebih rendah dibanding yogurt biasa. Hal ini karena whey yang dibuang selama penyaringan sebagian besar mengandung sodium, karbohidrat, dan kalsium. Karena yogurt biasa hanya mengalami 2 kali penyaringan maka kandungan nutrisinya (sodium, karbohidrat, dan kalsium) lebih tinggi dibanding greek yogurt yang melalui 3 kali penyaringan.

Kandungan lemak pada greek yogurt juga lebih tinggi dibanding yogurt biasa. Hal ini karena susu mentah yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 cangkir greek yogurt lebih banyak, yaitu 4 cangkir. Sementara secangkir yogurt biasa hanya membutuhkan 1 cangkir susu.  Namun saat ini juga sudah banyak produk greek yogurt yang rendah lemak.

Tinggi Probiotik

Lalu jenis yogurt manakah yang lebih baik? 

Bisa dibilang, kedua yogurt ini sangat baik bagi kesehatan. Apalagi keduanya mengandung pribiotik yang tinggi. Probiotik (bakteri baik) adalah mikroorganisme yang hidup dan membantu melindungi serta memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus dari berbagai penyakit.

Sebaiknya, mengonsumsi yogurt tanpa tambahan pemanis buatan agar mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal. 

Sahabat Goodlife bisa menambahkan aneka buah-buahan pada yogurt untuk dijadikan menu sarapan atau menjadikan greek yogurt sebagai bahan pengganti cream cheese untuk topping kue.

Apalagi saat ini sangat banyak merek produk yogurt lokal yang gak kalah enak dan sehat dari produk luar negeri. Sebut saja Cimory, Yummy, Biokul, dan Rumah Yogurt.

Yogurt biasa dan greek yogurt sama-sama enak dan sehat. Sahabat Goodlife hanya perlu rutin mengonsumsinya nih supaya lebih sehat. 

Visited 31 times, 1 visit(s) today