Mana yang Lebih Sehat, Telur Biasa atau Telur Omega?

telur

Telur dikenal sebagai makanan sumber protein yang baik. Namun telur omega memiliki kelebihan lainnya, yaitu kadar kandungan omega 3-nya yang tinggi. Lalu, apa manfaat omega 3 bagi kesehatan?

Dilihat dari kandungan nutrisinya, telur omega tak jauh berbeda dari telur biasa. Namun, seperti namanya, telur omega memiliki kadar kandungan omega 3 yang lebih tinggi dari telur biasa.

Telur biasa sebenarnya sudah mengandung omega 3, hanya saja tidak begitu tinggi. Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemsitry menemukan bahwa kuning telur biasa mengandung sekitar 1,3% asam lemak omega 3. Sementara itu, telur omega 3 dapat mengandung hingga 6% asam lemak omega 3.

Kandungan omega 3 yang tinggi ini didapat karena ayam-ayam petelurnya diberi pakan yang mengandung omega 3, seperti minyak alga laut dan biji rami.

Sponsored Links

Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya

Dilihat secara fisik, tak ada perbedaan yang berarti antara telur omega 3 dan telur biasa, yaitu bentuk bulat lonjong, warna cangkang coklat. Namun telur omega 3 memiliki cangkang yang lebih kokoh.

Kuning telur omega lebih berwarna oranye cerah (Foto: pexels)

Sementara itu, perbedaan yang paling mencolok bisa kita lihat jika telur sudah dipecahkan. Jika kuning telur biasa berwarna kuning pucat, maka kuning telur omega 3 berwarna oranye pekat hingga jingga.

Tekstur kuning telur omega 3 juga lebih besar dan padat sehingga tidak mudah pecah saat kita pisahkan dari putih telurnya.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, telur biasa dan telur omega 3 tak jauh berbeda. Hanya saja, telur omega 3 memiliki kandungan asam omega 3, lima kali lebih banyak dibanding telur biasa.

Perlu diketahui, omega 3 adalah asam lemak esensial yang tak bisa diproduksi tubuh sehingga asupannya harus diperoleh dari luar (makanan). Omega 3 sendiri diperlukan tubuh sebagai antiinflamasi, yang bisa mencegah berbagai penyakit.

Dilansir dari Cleveland Clinic manfaat omega 3 bagi kesehatan antara lain:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi dan iritasi
  2. Menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung
  3. Menurunkan kolesterol
  4. Mengatasi peradangan
  5. Menurunkan tekanan darah
  6. Meningkatkan perkembangan otak bayi
  7. Membantu menguatkan tulang dan sendi

Melihat manfaat omega 3, tentu telur omega 3 memiliki kelebihan untuk menjaga kesehatan kita.

Meski begitu, perlu diingat bahwa konsumsi telur omega 3 pun tak boleh berlebihan. Hal ini karena, seperti telur biasa, telur omega 3 juga mengandung kolesterol tinggi.

Untuk mendapatkan asupan omega 3, selain dari telur, kamu juga bisa mendapatkannya dari sumber makanan lainnya seperti ikan kembung, salmon, tuna, teri, sayuran berdaun hijau, tahu, kacang kenari, dan kacang kedelai.

Visited 40 times, 1 visit(s) today