Ikut Olahraga Boot Camp dan Rasakan Manfaatnya Buat Kesehatan

Kalau kamu sedang mencari olahraga yang fun namun tetap memberi efek kebugaran yang maksimal, mungkin kamu bisa coba mengikuti boot camp training atau olahraga boot camp.

Seperti namanya, olahraga ini memang terinspirasi dari latihan para militer yang biasanya dilakukan bersama-sama dalam sebuah grup sehingga terasa lebih fun meskipun kadang gerakannya dinilai cukup berat.

Boot camp pada awalnya biasa dilakukan di luar ruangan seperti taman kota, namun saat ini boot camp juga bisa dilakukan di dalam ruangan yang luas, terutama di gym yang memiliki ruang kelas yang lapang.

Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, boot camp adalah program pelatihan fisik yang dilakukan dalam satu rentang waktu, dilatih dan diawasi oleh para instruktur dari pusat kebugaran atau personal trainer. Program ini dirancang untuk membangun kekuatan dan kebugaran, serta membantu orang-orang untuk bisa melakukan rutinitas olahraga yang teratur.

Selain untuk membentuk kekuatan otot, boot camp juga bisa melatih kamu untuk terbiasa olahraga (Foto: Pixabay)

Boot camp rata-rata dilakukan dengan rentang waktu 4 minggu. Dan melakukan pertemuan 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Waktunya 50 sampai 60 menit setiap pertemuan. 

Selama mengikuti boot camp, kamu akan dibimbing untuk melakukan latihan kardio yang bersifat aerobik (pemasukan oksigen), latihan kekuatan dan ketahanan yang bersifat anaerobik (memecah glukosa menjadi energi tanpa oksigen). Beberapa boot camp juga memasukkan olahraga lainnya seperti yoga, pilates, atau boxing.

Latihan yang bervariasi seperti lari, loncat, naik turun tangga, push up, dan sit up akan membuat peserta yang mengikuti lebih bersemangat untuk mencapai tujuannya antara lain untuk menurunkan berat badan, serta membuat otot dan tubuh jadi lebih kuat. Beberapa latihan juga kadang memanfaatkan alat bantu seperti dumbbell, barbell, dan tali.

Manfaat Mengikuti Boot Camp

Dengan melakukan berbagai gerakan bervariasi dan intensitas sedang hingga tinggi, olahraga boot camp memiliki manfaat bagi kesehatan seperti berikut ini:

1.       Menurunkan berat badan

Berbagai gerakan dan latihan yang sudah dirancang instruktur dalam boot camp bisa membantu mempercepat pembakaran kalori di dalam tubuh sehingga bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. 

2.       Membentuk dan memperkuat otot

Selain bisa membantu pembakaran kalori di dalam tubuh, berbagai latihan di boot camp juga bisa membentuk otot-otot tubuh. Hampir semua gerakan di boot camp bisa melatih kekuatan otot di seluruh tubuh.

Hampir semua gerakan di boot camp dirancang untuk memperkuat otot (Foto: Xframe)

3.       Meningkatkan ketahanan fisik

Berbagai variasi gerakan di boot camp dirancang agar otot dan tubuh bisa dilatih dengan maksimal dan terarah sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan ketahanan fisik peserta.

4.       Meningkatkan mood

Seperti manfaat olahraga pada umumnya, mengikuti kelas boot camp juga bisa meningkatkan mood. Selama melakukan berakan dan latihan di boot camp, tubuh akan melepaskan endorfin, hormon yang bisa membuat rasa bahagia dan menurunkan kadar hormon stress dalam tubuh.

5.       Meningkatkan motivasi untuk rajin olahraga

Melakukan olahraga dengan grup pasti akan terasa lebih bersemangat dan menyenangkan. Kita akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan seluruh gerakan dan latihan di boot camp. umumnya,  kebiasaan itu akan terus dilakukan meski kelas boot camp sudah selesai.

Tertarik ikut Boot Camp? Perhatikan Hal Berikut

Boot camp dirancang untuk peserta melakukan olahraga dan latihan fisik secara intens dalam kurun waktu tertentu. Sehingga bagi kamu yang belum terbiasa untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui kesiapan kondisi fisikmu.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengikuti boot camp:

1.       Konsultasi dengan Instruktur

Selain konsultasi soal kondisi kesehatan dengan dokter, kamu yang berusia di atas 40 tahun dan baru pertama kali mengikuti boot camp serta memiliki beberapa masalah kesehatan sebaiknya konsultasikan dengan instruktur sehingga mereka akan mengawasi dan menyesuaikan intensitas latihannya. Hal ini juga untuk menghindari terjadinya cedera selama sesi latihan.

2.       Menjaga pola makan sehat

Meskipun tujuan mengikuti boot camp adalah untuk memperoleh tubuh yang sehat dan bugar, namun jangan lupakan soal pola makan sehat. Dengan pola makan sehat dan nutrisi yang cukup akan membuat tubuh lebih cepat mencapai tujuannya, yaitu sehat dan bugar. Pastikan untuk memasukkan sayuran dan protein dalam setiap porsi makan, serta batasi asupan gula.

Pastikan makanan kamu adalah makanan sehat sebelum memulai boot camp. (Foto: Pexels)

3.       Jaga tubuh agar tetap terhidrasi

Minumlah air putih sebelum mengikuti sesi boot camp tapi jangan terlalu banyak. Disarankan minum 1 hingga 2 gelas air, 2 jam sebelum kelas dan pastikan selalu menyediakan botol minum di dekatmu.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan lebih kuat diajak olahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi. Cukup minum juga akan membuat kamu lebih fokus.

4.       Dengarkan tubuh kamu

Mengikuti boot camp untuk pertama kali artinya tubuh juga diajak melakukan sesuatu yang baru. Jadi, beri perhatian ekstra pada tubuh. Jika lelah, istirahatlah, jika membutuhkan air, minumlah. Jangan paksa tubuh bekerja di luar batas kemampuannya.

Kadang, membiasakan diri untuk berolahraga itu tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi kalau kamu punya target tertentu untuk kondisi fisik, seperti mengecilkan lingkar perut atau menurunkan berat badan. Boot camp adalah opsi olahraga yang bisa kamu pertimbangkan untuk bisa mencapai kesehatan yang kamu inginkan.