Jangan Dibuang, ini Manfaat Cangkang Telur untuk Berkebun

telur makanan

Setelah menyantap telur ayam, biasanya kulit atau cangkangnya langsung dibuang begitu saja. Ternyata cangkang telur punya banyak manfaat untuk tanaman.

Cangkang telur ayam sebetulnya mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium, fosfor, protein, magnesium, natrium dan kalium. Namun tentu saja dengan teksturnya yang keras, cangkang telur tidak bisa dimakan karena akan membahayakan pencernaan kamu.

Meskipun begitu, kamu sebaiknya juga tidak membuang begitu saja cangkang telur ayam, karena ternyata cangkang telur punya banyak manfaat untuk menyuburkan tanaman. Nah, kalau kamu suka berkebun dan punya banyak tanaman di rumah, kamu bisa memanfaatkan cangkang telur ayam sebagai bahan untuk membantu menyuburkannya.

Cangkang telur bisa jadi pupuk tanaman (Foto: Pexels)

Berikut ini beberapa manfaat cangkang telur ayam untuk berkebun:

Pupuk organik

Cangkang kulit telur mengandung kalsium karbonat, mineral, dan protein yang dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah dan memperbaiki struktur tanah. Kamu dapat mencampurkan cangkang kulit telur yang sudah dihancurkan menjadi serbuk ke dalam tanah sebagai pupuk organik.

Pengendali hama

Cangkang kulit telur dapat digunakan sebagai pengendali hama alami. Serangga seperti siput, ulat, dan kutu dapat dihalau dengan menaburkan cangkang kulit telur yang sudah dihancurkan di sekitar tanaman.

Cangkang telur bisa membantu melindungi tanaman dari hama (Foto: Pexels)

Pelindung tanaman

Cangkang kulit telur juga dapat digunakan sebagai pelindung tanaman dari serangan hama. Kamu dapat meletakkan potongan cangkang kulit telur di sekitar pangkal tanaman untuk menghambat serangan serangga dan hewan kecil.

Benih tanaman

Cangkang kulit telur juga dapat digunakan sebagai wadah untuk menanam benih tanaman. Cangkang kulit telur yang sudah diisi dengan tanah dan benih dapat diletakkan langsung ke dalam tanah. Ketika tanaman mulai tumbuh, cangkang kulit telur akan terurai menjadi pupuk organik.

Membuat kompos

Cangkang kulit telur dapat dicampurkan ke dalam kompos untuk meningkatkan kadar kalsium dan mineral di dalamnya. Hal ini akan membantu meningkatkan kesuburan tanah dan membantu tanaman tumbuh lebih sehat.

Dengan memanfaatkan cangkang kulit telur untuk berkebun, Kamu dapat membantu mengurangi limbah organik yang dihasilkan dan juga menghemat biaya pembelian pupuk dan pestisida.

Visited 4 times, 1 visit(s) today