Kunyit Hitam, Tanaman Langka yang Punya Segudang Manfaat Buat Kesehatan

kunyit makanan sehat

Kunyit identik dengan warnanya yang kuning. Padahal, ada juga kunyit yang berwarna hitam dan bahkan memiliki khasiat kesehatan yang tak kalah baiknya dengan kunyit kuning.

Meskipun tak sepopuler kunyit kuning, kunyit hitam nyatanya memiliki manfaat bagi kesehatan yang tak kalah dari kunyit kuning.

Kunyit kuning memang sangat populer di masyarakat Indonesia. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit kuning juga kerap dijadikan bahan obat-obatan tradisional.

Sementara itu, kunyit hitam termasuk tanaman yang sangat langka. Kunyit hitam merupakan salah satu kelompok tanaman Zingiberaceae yang memiliki nama latin Curcuma caesia.

Sponsored Links

Kunyit Hitam vs Kunyit Kuning

Ditilik dari bentuknya, kunyit hitam sama seperti kunyit kuning biasa, namun jika dibelah rimpangnya berwarna gelap ungu kehitaman.

Baik kunyit kuning maupun kunyit hitam, keduanya merupakan tanaman rempah-rempah yang berasal dari daerah tropis, terutama Asia. Namun tanaman kunyit hitam lebih terkenal berasal dari India dan sudah sejak lama digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional.

Kunyit kuning lebih populer dibanding kunyit hitam (Foto: Pexels)

Selain warna, kunyit hitam dan kunyit kuning juga memiliki perbedaan dari segi aroma dan rasa.

Kunyit hitam memiliki aroma yang lebih menyengat dan rasa pahit yang mendominasi di lidah. Sementara kunyit kuning memiliki aroma yang tidak terlalu menyengat, sedikit rasa getir, pahit, dan rasa manis yang samar.

Namun begitu, keduanya sama-sama memiliki kandungan kurkumin yang tinggi sehingga mampu memberikan efek penyembuhan.

Kurkumin adalah senyawa golongan polifenol yang merupakan bahan aktif utama dalam kunyit. Senyawa ini memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang sangat kuat.

Sayangnya, tak seperti kunyit kuning, tanaman kunyit hitam termasuk langka di dunia dan bahkan di negara asalnya, India, tanaman rimpang kunyit hitam bahkan dinyatakan hampir punah.

Di Indonesia sendiri, belum banyak petani yang membudidayakan tanaman kunyit hitam. Salah satu faktornya, mungkin karena permintaan pasar tak setinggi kunyit kuning.

Kunyit hitam sudah ajrang ditemukan bahkan tanamannya diperkirakan hampir punah (Foto: Pexels0

Manfaat Kunyit Hitam

Selain kurkumin, kunyit hitam juga mengandung minyak atsiri, vitamin C, mineral, protein, dan rendah lemak serta karbohidrat.

Dengan kandungan tersebut, kunyit hitam memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

1.        Mengatasi penyakit paru-paru

Senyawa kurkumin pada kunyit hitam dapat memperbaiki sel-sel paru yang rusak dan membantu mengatasi penyakit paru-paru seperti asma, bronkitis, radang paru-paru, dan lain-lain.

2.       Meredakan kulit gatal dan ruam

Hal ini karena kandungan kunyit hitam bersifat antiinflamasi dan anti radang sehingga mampu meredakan gatal pada kulit, ruam, kadas, dan kudis.

Usapkan hand balm pada kulit tangan kamu
Kunyit hitam bisa bantu kesehatan kulit (Foto: Pexels)

3.       Membantu pengobatan kanker

Senyawa kurkumin mampu meningkatkan sistem imun tubuh yang sedang melawan sel kanker serta efek samping dari kemoterapi. Bahan aktif ini juga dapat membantu menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker lebih cepat.

4.       Mengatasi sakit maag

Mengonsumsi ekstrak kunyit hitam yang dilarutkan dengan air hangat dapat menekan asam lambung sehingga bisa mengatasi sakit maag dan nyeri perut.

5.       Meredakan migrain

Di negara asalnya, kunyit hitam digunakan secara turun-temurun untuk mengatasi sakit migren. Tumbuk rimpang kunyit hitam lalu tempelkan di dahi.

6.       Meredakan Nyeri

Kunyit hitam juga bersifat analgesik yang bermanfaat untuk meredakan nyeri, menurunkan demam, mengatasi infeksi dan peradangan.

7.       Meningkatkan stamina

Kandungan kunyit hitam yang bersifat antioksidan yang kuat juga mampu mencegah efek radikal bebas, berkontribusi meningkatkan sistem imun tubuh, dan meningkatkan stamina.

Meski begitu, konsumsi kunyit hitam sebaiknya tetap memperhatikan dosis yang tidak berlebihan. Para ahli menyarankan agar tidak mengonsumi kunyit hitam lebih dari 500 miligram setiap harinya.

Jika terlalu banyak mengonsumi kunyit hitam, beberapa efek samping yang mungkin muncul antara lain alergi, mual, dan gangguan kantung empedu.

Nah, meskipun kunyit hitam ini sulit ditemukan dan nyaris tidak terdeteksi para pecinta kuliner, ada baiknya kamu paham manfaatnya buat kesehatan. Dengan begitu, mungkin kamu tertarik untuk mencari kunyit hitam dan mencoba sendiri manfaatnya untuk kesehatan.

Visited 21 times, 1 visit(s) today