Jangan Mi Instan Melulu! Ini Makanan Lezat dan Sehat yang Enak Buat Camping

camping

Lagi-lagi mi instan! Camping biasanya identik dengan bekal mi instan. Selain mudah untuk disiapkan, mi instan juga punya rasa yang cukup lezat untuk disantap saat camping. Tapi sebetulnya ada banyak daftar makanan lain yang lebih lezat, bahkan lebih sehat dan simple dalam penyajiannya selain mi instan.

Ketika camping, kita akan memiliki alat terbatas untuk mempersiapkan makanan karena sedang berada di alam terbuka. Oleh karena itu, ketika memikirkan tentang makanan apa yang bisa dibawa atau dimasak di tempat camping, pikiran kita pasti langsung menuju ke mi instan.

Tapi masih ada juga makanan praktis lainnya yang lezat dan juga sehat untuk dipersiapkan ketika camping. Apa sajakah makanan tersebut?

Sup sayuran

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat sup ini adalah sayuran seperti brokoli, wortel, dan kol  yang segar dan kentang sebagai sumber karbohidratnya. Apabila kamu sedang camping di daerah pegunungan, sayur yang kamu bawa bisa lebih awet bila diletakkan di udara terbuka pegunungan yang dingin.

Selain itu, terdapat juga banyak bumbu sup yang sudah lengkap di pasaran sehingga kamu tidak perlu bingung untuk masalah bumbunya.

Sup sayuran adalah salah satu menu yang sederhana dan bergizi saat camping (Foto: Pexels)

Pecel

Menyiapkan pecel dapat terbilang sangat sederhana. Kamu hanya perlu merebus sayuran pecel seperti tauge, mentimun,kangkung, kol, kemangi, dan lain lain hingga layu. Untuk membuat bumbunya, saat ini sudah terdapat banyak bumbu pecel instan di pasar yang bisa kamu buat hanya dengan menambahkan air panas.

Bubur instan

Pada masa kini, sudah terdapat bubur instan yang bisa dibuat hanya dengan menambahkan air panas ke dalam serpihan bubur. Setelah jadi, kamu bisa menambahkan daging ayam suwir, telur, sosis, dan lain-lain sebagai topping buburnya.

Roti selai atau sandwich

Roti selai dapat menjadi makanan paling praktis yang bisa dibawa atau disiapkan ketika camping. Hanya bermodalkan selai saja, kamu sudah bisa menyantapnya.

Bila ingin rotimu menjadi lebih bergizi, kamu bisa membuat sandwich yang berisi telur, selada, potongan tomat, dan lain lain. Persiapan yang dibutuhkan juga tidak terlalu merepotkan.

Sate buah dan sayur

Seperti namanya, sate ini terdiri atas potongan buah-buahan dan sayuran yang diselang-seling yang lalu dibakar di atas bara api. Sayuran dan buah-buahan yang biasa dijadikan sate yaitu tomat, timun, nanas, bawang merah, dan terong. Selain buah-buahan dan sayuran, kamu juga bisa menyelipkan potongan daging di satenya.

Sereal

Sereal dapat menjadi makanan untuk sarapan yang persiapannya sangat mudah. Kamu hanya perlu menambahkan susu atau yoghurt dan sereal pun sudah siap disantap. Bila kamu memakan oat atau muesli, kamu juga bisa menambahkan potongan buah ke dalamnya supaya menjadi lebih lezat dan sehat.

Berbagai menu sederhana bisa dicuoba saat camping dan bukan cuma mi instan (Foto: Pexels)

Sosis

Bila mempersiapkan daging ayam ataupun sapi terasa lebih sulit, kamu dapat membawa sosis untuk mempermudah persiapan memasak. Kamu bisa merebus ataupun membakar sosis dan sosis akan siap disantap setelahnya. Pada masa kini, ada juga sosis yang langsung yang bisa langsung disantap tanpa harus memanaskannya terlebih dahulu.

Makanan kaleng

Kamu bisa menemukan berbagai jenis bahan makanan ataupun makanan siap santap yang dikemas dalam bentuk kalengan. Makanan kaleng biasanya tahan lama dan sudah siap santap, namun kamu bisa tetap memanaskannya lagi agar rasanya lebih lezat.

Makanan sudah masak

Sebelum pergi camping, kamu dapat memasak makanan terlebih dahulu dan menyimpannya untuk disantap ketika camping. Beberapa masakan yang cukup awet untuk dibawa camping adalah sambal teri kering, sambal kentang dan tempe kering, ayam goreng, dan rendang. Selain itu, masakan yang dimasak sendiri sudah jelas terjamin kesehatan dan kebersihannya.

Buah-buahan

Untuk menambah asupan nutrisi ketika camping, alangkah baiknya kalau kamu juga membawa buah-buahan. Selain bisa mengenyangkan, buah-buahan juga mengandung vitamin dan serat yang bisa menjaga kesehatanmu.

Itulah makanan yang bisa kamu bawa dan siapkan ketika camping. Jadi tak harus selalu mengandalkan mi instan terus-menerus.

Visited 13 times, 1 visit(s) today