Suka Ngemil tapi Lagi Diet? Ini Camilan Sehat yang Aman Buat Diet Kamu

vegan

Sedang diet untuk menurunkan berat badan? Bukan berarti kamu tidak bisa ngemil. Dengan memilih makanan yang tepat dan cara mengolahnya yang benar, beberapa camilan juga bisa terasa lezat sekaligus memberi dampak baik untuk kesehatan dan tidak merusak diet.

Hobi ngemil seperti memang tidak bisa dipisahkan dari sebagian banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Dilansir dari CNN Indonesia pada 2020 ditemukan bahwa masyarakat Indonesia umumnya makin gemar ngemil selama pandemi. Selain itu ngemil juga dianggap sebagai salah satu aktivitas yang sangat penting.

Dari laporan tersebut juga diketahui alasan sebagian besar masyarakat suka ngemil lebih kepada alasan emosional dibanding alasan fungsional, seperti untuk menambah energi.

Berikut ini alasan orang suka ngemil:

Stress

Ngemil menjadi salah satu cara orang untuk melarikan diri dari stress. Saat makan camilan, orang cenderung akan merasa lebih baik perasaannya dan bisa melupakan sejenak permasalahan.

Sayangnya, jika ngemil lantaran stress, biasanya pilihan menu camilan akan jatuh pada makanan manis dan mengandung karbohidrat sederhana seperti cokelat, minuman manis, roti atau kue manis.

Di dalam tubuh, karbohidrat sederhana yang dipecah menjadi gula akan memicu pelepasan serotonin, hormon yang memberikan rasa bahagia. Menyenangkan, namun gula yang berlebihan tidak baik untuk tubuh

kurangi ngemil
Stress juga bisa memicu orang untuk ngemil lebih banyak (Foto: Xframe)

Bosan

Saat bosan, orang cenderung akan iseng mencari aktivitas untuk dilakukan. Dan oleh karena camilan biasanya mudah didapat dan paling gampang dilakukan, maka banyak yang makan camilan untuk mengatasi rasa bosan atau sekadar iseng.

Hormon

Dibanding laki-laki, kaum perempuan memang cenderung lebih suka dan sering ngemil. Hal ini tak lepas dari perubahan hormon menjelang siklus menstruasinya. Perubahan hormon ini yang akan memicu psikis perempuan untuk sensitif perasaannya dan juga mendorong keinginan untuk lebih banyak makan dari biasanya.

Hadiah untuk diri sendiri

Beberapa orang merasa makan camilan sebagai bentuk hadiah untuk diri sendiri, misalnya setelah menyelesaikan pekerjaan yang berat, setelah menjalani sesi rapat yang sulit, atau mendapat gaji.

Sponsored Links

Ngemil, Apa Bahayanya?

Ngemil yang berlebihan bisa mendatangkan bahaya untuk kesehatan. Berikut bahayanya::

1.        Kenaikan berat badan

Kebiasaan ngemil yang terlalu berlebihan akan membuat asupan kalori harian kamu tanpa terasa melebihi daripada yang seharusnya. Hal itu akan mengakibatkan kelebihan berat badan, apalagi jika camilan yang kamu pilih mengandung kalori tinggi atau dalam porsi besar.

2.       Kehilangan nutrisi penting

Porsi ngemil yang terlalu besar akan mengurangi rasa lapar saat waktunya makan besar atau bahkan bisa menyebabkan seseorang melewatkan makan besar sama sekali karena sudah kenyang ngemil. Hal ini meningkatkan risiko kehilangan nutrisi penting yang bisa didapat dari makanan utama.

3.       Risiko penyakit jantung

Jenis cemilan yang paling banyak dikonsumsi adalah yang mengandung karbohidrat olahan, tinggi gula, dan rendah nilai gizi seperti permen, kue kering, keripik akan menyebabkan kenaikan kadar kolesterol. Kondisi tersebut akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Ngemil makanan mengandung kalori tinggi berpotensi risiko serangan jantung (Foto: Xframe)

4.       Kerusakan gigi

Ketika gigi sering bersentuhan dengan makanan, terutama makanan manis, bakteri dalam rongga mulut akan lebih tinggi memproduksi asam yang dapat merusak lapisan luar gigi.

Lagi Diet? Coba Camilan ini

Lalu, bagaimana dengan yang sedang menjalankan diet atau menurunkan berat badan? Bolehkah melakukan ngemil? Tentu saja boleh, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan.  Asal kamu mengetahui jenis makanan yang baik sebagai camilan, hobi ngemil bisa membantu mempertahankan berat badan dan membantu diet yang sehat.

Berikut ini camilan sehat yang bagus untuk diet.

1.       Kacang-kacangan

Bagi sebagian orang, kacang-kacangan dianggap makanan yang berkalori tinggi jadi banyak yang menghindari makanan ini. Padahal kacang-kacangan jenisnya cukup banyak dan untuk ngemil kacang, kamu tidak harus memasaknya dengan menggoreng. Kacang tanah rebus, misalnya, bisa jadi camilan yang lezat sekaligus sehat.

Dalam 100 gram kacang tanah rebus terkandung nutrisi:

  • 6 gram karbohidrat
  • 7 gram protein
  • 15 gram lemak baik
  • 4 gram serat

Jadi, tak ada salahnya untuk ngemil kacang tanah rebus, karena camilan ini kandungannya cukup sehat untuk tubuh.

Kacang-kacangan bisa jadi camilan sehat (Foto: Pixabay)

Begitu juga dengan edamame. Edamame rebus atau kukus akan menjadi camilan yang sehat, lezat dan juga mengenyangkan. Dalam takaran secangkir edamame menyediakan:

  • 18 gram protein
  • 13 gram karbohidrat
  • 8 gram sera. 

Bagus untuk kamu jadikan camilan sebagai pengganjal rasa lapar sekaligus menyehatkan.

2.       Greek yoghurt

Greek yoghurt mengandung protein yang tinggi. Ngemil greek yoghurt polos atau diberi topping buah-buahan akan menjadi camilan lezat dan padat nutrisi, plus rasa yang segar. Greek yoghurt juga dinilai lebih sehat dibanding yoghurt biasa karena proses pembuatannya yang harus disaring beberapa kali sehingga meninggalkan cairannya banyak terbuang dan menyisakan nutrisi penting, seperti protein yang tinggi.

3.       Popcorn

Dalam 1 ons popcorn yang sebenarnya adalah jagung, mengandung 4 gram serat, 28,4 gram protein, dan 110 kalori. Kandungan tersebut membuat popcorn camilan yang sehat dan mengenyangkan. Tapi kamu harus perhatikan bahwa popcorn yang kamu makan tidak ditambah dengan bahan lain, seperti garam, mentega cair atau pemanis seperti karamel.

Popcorn tanpa bahan tambahan juga tergolong camilan sehat (Foto: Pexels)

4.       Buah potong

Buah apapun sangat baik untuk dijadikan sebagai camilan. Siapkan buah potong seperti apel, pir, kiwi, melon, atau pisang dan jeruk di atas meja sehingga ketika dorongan untuk ngemil timbul, kamu bisa langsung mengambil camilan sehat itu.

Apel diketahui bisa mendukung kesehatan jantung, kiwi bagus untuk menjaga kesehatan kulit, sedangkan pir mengandung antioksidan untuk mencegah kanker. Melon bisa membantu pencernaan, pisang bisa mendukung kesehatan tulang, sementara jeruk adalah sumber vitamin C yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh.

5.       Oatmeal

Oatmeal adalah gandum utuh yang kaya akan serat dan kandungan protein yang tinggi. Siapkan satu porsi kecil oatmeal, kamu bisa nikmati panas atau dingin. Tambahkan susu putih plain untuk campuran dan tambahkan potongan buah, sayuran, bubuk kakao, atau telur rebus di atasnya.

6.       Smoothie sayuran

Smoothie sayuran sangat menyegarkan untuk dinikmati sebagai camilan sehat. Untuk membuat smoothie sayuran, kamu bisa mencampurkan berbagai sayuran seperti bayam, seledri, kale dengan buah-buahan seperti apel, pisang, atau stroberi sebagai pemanisnya.

Selain menyehatkan, smoothie sayuran juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membuang racun dalam tubuh, meningkatkan kesehatan saluran cerna dan mengurangi lemak dalam tubuh.

7.       Telur rebus

Telur rebus bisa menjadi salah satu alternatif pilihan camilan sehat untuk diet. Selain mengenyangkan, telur rebus juga kaya akan protein, vitamin K, dan B12. untuk memperkaya rasa, kamu bisa menambahkan sedikit garam dan merica untuk menyantapnya.

Konsumsi telur juga sangat bagus untuk mata
Telur rebus bisa jadi camilan sehat yang mengenyangkan (Foto: Pexels)

8.       Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate kaya akan antioksidan yang bisa menyehatkan jantung. Cobalah memakan beberapa potong cokelat hitam 1 atau 2 jam sebelum waktu makan untuk mencegah kamu kelaparan dan porsi makanan utama juga tetap terjaga.

9.   Roti gandum

Dalam 100 gram roti gandum terdapat:

  • 267 kilo kalori energi
  • 10.72 gram protein
  • 4 gram serat pangan

Kandungan serat dalam roti gandum bisa membantu pencernaan dan melancarkan gerakan usus. Sedangkan kandungan proteinnya yang cukup tinggi bisa membuat kamu terhindar dari kelaparan dan kalorinya cukup untuk menunjang aktivitas kamu sehari-hari. Namun, pastikan kamu memakannya dengan bahan tambahan yang tidak berlebihan, seperti selai buah-buahan atau selai cokelat untuk menghindari asupan gula sederhana. Kamu bisa menggunakan margarin dan ditaburi sedikit rumput laut kering sebagai penambah rasa.

Ngemil adalah hal yang banyak disukai orang. Dengan lebih bijak memilih camilan, kamu tetap bisa ngemil tanpa takut harus merusak diet dan jadi kelebihan berat badan.

Visited 5 times, 1 visit(s) today