Makan Fast Food Takut Gak Sehat? Cobain Healthy Fast Food dari Klean Bowl, Sehat dan Tetap Lezat

klean bowl healthy fast food

Memang terdengar kontradiksi ketika menyandingkan “healthy food” dan “fast food”. Namun itulah yang terjadi di Klean Bowl yang hadir sebagai restoran healthy fast food dengan makanan Indonesia sebagai menu andalannya. Selain memastikan makanannya tetap lezat dan terjaga nutrisinya, Klean Bowl juga mengajak pelanggannya untuk hidup sehat dengan olahraga. Seperti apa konsepnya?

Dirintis oleh pasangan suami istri Kevin Novianus dan Josephine Halim, Klean Bowl berawal dari ide menjual makanan sehat secara online pada November 2018. “Waktu itu makanan sehat umumnya dalam bentuk katering, restoran hanya sedikit dan itu pun biasanya menu salad,” ujar Josephine saat berbagi kisahnya pada Goodlife.

Klean Bowl, menurut Josephine kemudian sengaja dirancang sebagai restoran healthy fast food, dimana tidak membutuhkan ruang yang besar dan makanannya disiapkan sebagai makanan untuk dibawa pergi. “Jadi ini produknya to-go, artinya orang beli bisa langsung dibawa pergi,” jelas Josephine.

Kevin dan Josephine punya mimpi besar untuk memperkenalkan makanan Indonesia ke luar negeri sebagai healthy fast food. Itu sebabnya mereka merancang Klean Bowl juga sebagai restoran yang praktis. ”Seperti di Subway dimana kita bisa memilih bahan untuk sandwich, di Klean Bowl pelanggan juga bisa memilih untuk makanan Indonesia, seperti nasi,” terang Josephine.   

Outlet Klean Bowl di Mall of Indonesia (Foto: Dok. Klean Bowl)
Sponsored Links

Sehat dan Tetap Lezat

Menu-menu dengan nutrisi yang terjaga ini juga tak sekadar sehat, tapi juga terjaga kelezatannya. Lalu, apa rahasia Klean Bowl untuk menjaga kelezatan menu-menunya meskipun dikategorikan sebagai makanan sehat?

Menurut Josephine, Klean Bowl tetap menjaga rasa lezat menu-menunya yang 80% diantaranya adalah menu-menu khas Indonesia dengan beberapa teknik pengolahan. “Kami juga ada menu Padang Fit dan Geprek Fit tapi diolah dengan teknik berbeda dari biasanya,” terang Josephine. “Makanan Padang, contohnya, kami tidak menggunakan santan, dan semua makanan yang butuh minyak goreng kami gunakan minyak kelapa atau minyak kanola,” tambahnya.

Josephine juga memastikan tidak ada satupun makanan di Klean Bowl yang dimasak dengan cara deep fried (digoreng dengan minyak panas dalam jumlah banyak). “Kami gunakan cara grill atau tumis, tidak ada yang di-deep fried,” terangnya.

Salah satu menu yang menjadi signature menurut Josephine adalah menu ayam mereka yang diakui oleh pelanggan kelezatannya berkat dagingnya yang empuk. “Itu resep kami dimana ayam dimasak dengan cara grill tapi sebelumnya dimarinasi sampai benar-benar empuk,” terang Josephine.

Klean Bowl juga memiliki menu nasi goreng, namun nasi goreng di sini terdapat 2 pilihan, yaitu terbuat dari shirataki dan brown rice yang lebih sehat. “Kalau nasi goreng brown rice biasanya dipilih pelanggan pria dan mereka yang tidak terlalu peduli dengan loss weight namun tetap konsumsi makanan sehat. Sedangkan nasi goreng shirataki biasanya dipilih pelanggan wanita karena shirataki bagus untuk loss weight,” terang Josephine.

Klean Fried Rice dengan shirataki sebagai pengganti nasi. (Foto: Dok. Klean Bowl)

Minyak yang digunakan pun dengan jumlah yang lebih sedikit dibanding restoran lain. Untuk seporsi nasi goreng, di Klean Bowl hanya menggunakan 1 sendok makan minyak atau sekitar 120 kalori saja. “Di tempat lain biasanya bisa sampai 5 sendok makan minyaknya. Itu belum nanti kalori dari makanan yang lain. Jadi untuk 1 porsi saja bisa mencapai sekitar 800 kalori,” jelas Josephine.

Selain itu Josephine juga menerangkan bahwa bumbu yang digunakan semua berasal dari bahan alami dan dibuat dari tahap scratch atau dari tahap awal dimana tidak melibatkan pengawet sama sekali.

Restoran dengan menu sehat biasanya didominasi oleh menu-menu berbasis nabati, seperti makanan vegetarian dan vegan. Namun di Klean Bowl, Kevin dan Josephine meracik menu-menu mereka dengan konsep balance food, dimana setiap porsinya dicukupi dengan komposisi nutrisi yang seimbang.

“Setiap porsinya kami ada sekitar 400 hingga 500 kalori, dan nutrisi juga lengkap seperti protein, serat dan lain-lain,” terang Josephine.

Klean Bowl sampai saat ini memang tidak memiliki nutrisionis khusus, namun dalam menyiapkan menu, dipantau sendiri oleh Josephine dan Kevin. “Saya dan Kevin memang dari dulu sudah menjalankan pola hidup sehat, seperti pola makan seimbang dan olahraga. Jadi kami juga mau membagikan gaya hidup kami pada orang lain,” terang Josephine.

Keinginan Josephine dan Kevin untuk mempopulerkan makanan Indonesia juga membuat menu-menu Klean Bowl didominasi makanan Indonesia, meskipun ada juga makanan luar negeri, seperti Klean Curry (kari Jepang), Klean Ramen, pasta dan mentai yang disajikan dengan pilihan salmon dan daging sapi.

Pasta Salmon, menu Western yang juga digemari di Klean Bowl selain menu Indonesia. (Foto: Dok. Klean Bowl)

Tak Cuma Makan Sehat

Klean Bowl saat ini juga menyediakan menu katering dengan pilihan mingguan dan bulanan buat yang ingin konsumsi pola makan sehat secara rutin tanpa perlu harus sering keluar rumah.

“Kami juga ingin sampaikan bahwa umumnya makanan sehat itu pasti bagus untuk imun. Dan peningkatan imun tidak bisa semata-mata hanya makanan sehat saja tapi juga dibarengi olahraga, dan tidur yang cukup,” terang Josephine.

Untuk itu, saat ini Josephine dan Kevin  juga mengundang para pelanggannya untuk bergabung dalam komunitas Klean Bowl yang rutin memberikan panduan olahraga bersama setiap hari Sabtu. “Sebelum membuka Klean Bowl, Kevin adalah certified trainer selama 10 tahun, jadi sampai sekarang dia juga memandu olahraga di komunitas kami melalui zoom secara gratis,” tambah Josephine.

menu sehat klean bowl
Josephine Halim (kiri) dan Kevin Novianus (kanan) pendiri dan pengelola Klean Bowl, juga mengajak pelanggannya untuk olahraga rutin bersama. (Foto: Dok. Klean Bowl)

Penasaran dengan menu sehat dari Klean Bowl? Kamu bisa kunjungi beberapa outlet, seperti di Pluit (Jl.Pluit Karang Manis blok V 7 U no. 35), Mall of Indonesia dan Neo Soho. Kamu juga bisa cek dulu Instagram @kleanbowl.id untuk melihat menu-menu yang disajikan atau bergabung dengan tantangan Wellness in the Box bersama Goodlife yang akan diadakan pada Sabtu, 11 September 2021. Cek Instagram @_goodlifeid_ untuk informasi dan link berikut untuk pendaftarannya.

Visited 36 times, 1 visit(s) today