Wajib Dicoba! Restoran dan Katering dengan Menu Plant-Based, Tetap Lezat dan Sehat

makanan restoran dan katering plant based

Ada berbagai jenis makanan yang dinilai sebagai makanan sehat. Salah satunya adalah makanan berbasis nabati atau plant-based. Penjualnya memang tak sebanyak makanan biasa, tapi beberapa katering dan restoran dengan konsep menu seperti ini cukup banyak tersedia. Pilihan jenis kateringnya pun beragam.

Makanan plant-based sebetulnya memang tak sepenuhnya bergantung dari nabati dan masih memasukkan bahan hewani, namun beberapa restoran dan penyedia katering sehat ada juga yang benar-benar menggunakan bahan dari tanaman dan tidak memasukkan unsur hewani, baik berupa daging hingga susu atau keju. Jadi, aman untuk dikonsumsi kamu yang vegan atau vegetarian.

Penasaran? Beberapa rumah makan dan katering berikut bisa kamu coba:

iVegan Pizza

Buat kamu yang sedang menghindari makan daging atau bahan makanan hewani, iVegan Pizza bisa jadi pilihan kamu untuk bersantap sehat dengan rasa yang tetap enak. Didirikan pada Maret 2016 oleh Yogen Marshel Wijaya and Diana Marcillia, iVegan Pizza menyajikan menu pizza dengan bahan-bahan nabati. Tertarik mencicipi menunya? Coba saja beberapa andalannya, seperti smoked pizza (saus tomat, keju kedelai, mayonnaise vegan, dan potongan nanas), mushroom ham pizza (saus tomat, keju kedelai, jamur dan ham vegan), dan fettuccine cream soy cheese (fetucini dengan saus keju kedelai, dan smoked gluten).

  • Instagram: @iveganpizza
  • Website: iVegan Pizza 
  • Lokasi: Jl. Asem II No.27 (Cipete) dan Ruko Dot Com Blue B/17 (Gading Serpong)
Pizza juga bisa dinikmati oleh vegan di iVegan Pizza (Foto: IG @iveganpizza)

HerBox

HerBox adalah layanan katering dengan menu vegan. Buat kamu yang masih ragu untuk beralih ke makanan vegan, sebaiknya cek dulu Instagram dari HerBox. Sebelum menikmati sajian makanan vegan, kamu bisa pelajari dulu manfaat dari makanan vegan buat kesehatan. Nah, selain itu kamu juga lihat menu-menu apa saja yang disajikan oleh Her Box. 

HerBox juga menyediakan konsultasi kesehatan dengan nutrisionisnya buat kamu yang berlangganan katering selama 1 bulan. Untuk pilihan kateringnya juga beragam, seperti paket untuk isoman, ibu menyusui, pasien hipertensi dan diabetes, weight loss serta muscle builder. Her Box juga menjamin bahwa semua menu yang disajikan aman untuk vegetarian maupun vegan, yang artinya hanya menggunakan bahan berbasis nabati dan tidak ada bahan hewani serta produk turunannya.

Penasaran? Kamu juga bisa memesan menu-menunya secara online melalui GoFood atau GrabFood, seperti vegan ricebox teriyaki, vegan ricebox kung pao, atau vegan salted (no) egg yang semuanya berbahan plant-based.

  • Instagram: @herbox.jkt
  • Lokasi: Annex Building, Ariobimo Sentral, Jl. H. R. Rasuna Said No.5
Mengandalkan bahan nabati, menu-menu HerBox tetap nikmat. (Foto: IG @herbox.jkt)

Kinkitsuya

Penggemar makanan Jepang? Nah, sekarang kamu juga bisa menikmati makanan Jepang yang vegan. Artinya, semua menu yang disajikan adalah berbahan dasar nabati dan sama sekali tidak melibatkan unsur hewani dan produk turunannya. Kamu bisa mencoba beberapa menunya seperti agedashi tofu (tahu lembut yang digoreng garing dan disajikan dengan saus shoyu), daigaku imo (ubi goreng yang disajikan dengan saus khusus racikan Kinkitsuya) dan tempura don (nasi putih yang disajikan dengan tempura sayuran).

  • Instagram: @kinkitsuya
  • Lokasi: Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Cipete
Makanan Jepang yang diolah khusus untuk vegan dengan rasa yang tetap lezat. (Foto: IG @kinkitsuya)

Leafwell Catering

Ada berbagai pilihan menu di katering makanan sehat ini. Misalnya, buat kamu yang ingin mengurangi berat badan, bisa memilih paket “5 days healthy catering: weight loss & maintain program,” atau buat kamu yang mau jaga stamina karena baru sembuh dari Covid-19 bisa coba paket “5 days covid fighter package” yang berkolaborasi dengan Suwe Ora Jamu untuk tambahan minuman jamu. Jadi, paket yang disediakan di sini memang disesuaikan dengan kebutuhan konsumsi kamu.

Ada berbagai pilihan paket katering, salah satunya adalah paket khusus melawan Covid-19. (Foto: IG @leafwellcatering)

Enatura

Selain kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, ada baiknya kamu juga konsumsi makanan yang bahan-bahanya ditanam secara organik tanpa menggunakan bahan kimia. Ini bisa kamu dapatkan pada menu-menu yang ditawarkan oleh Enatura. Sayuran dan nasi yang digunakan didapat langsung dari perkebunan dan sawah yang dikelola sendiri di Desa Ciburuy, Bogor. Kamu bisa memesan katering makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan kamu atau kamu bisa datang langsung ke gerai Enatura untuk membeli bahan-bahan makanan sehat, seperti beras organik, madu hutan, mi sayur, salad dan lain-lain.

Enatura menggunakan bahan dari perkebunan yang dikelola sendiri secara organik. (Foto: IG @enaturai.d)

Klean Bowl

Buat kamu yang ingin memulai pola makan sehat tapi belum siap menjadi vegetarian atau vegan, kamu bisa memulainya dengan mencoba menu dari Klean Bowl. Menu-menunya tidak sepenuhnya vegetarian atau vegan, namun Klean Bowl menawarkan menu dengan gizi seimbang, seperti nasi limau yan sudah termasuk 1 potong ayam, sayuran, telur dan sambal matah sebagai penyedap rasa. Setidaknya, menu-menu Klean Bowl hanya menyediakan daging dengan porsi yang terbatas dan lebih menekankan pada bahan nabati. Buat kamu yang mau santap makanan sehat secara rutin, bisa coba paket katering 5 days package.

  • Instagram: @kleanbowl.id 
  • Lokasi: 
    • Jl.Pluit Karang Manis blok V 7 U no. 35
    • Neo Soho Mall
    • Mall of Indonesia
Belum siap untuk jadi vegan? Coba menu-menu Klean Bowl yang disajikan dengan komposisi gizi seimbang. (Foto: IG @kleanbowl.id)

Membiasakan diri untuk menyantap makanan sehat memang tidak mudah. Namun kamu bisa memulainya dari beberapa katering dan restoran yang menyajikan menu-menu sehat tersebut. Melalui proses dan racikan yang terjaga, menu-menu berbasis nabati dan bergizi seimbang ternyata tak kalah lezat lho!

Visited 34 times, 1 visit(s) today